Pengukuran Performa Algoritma Culling untuk Optimasi Grafis pada Game Tiga Dimensi
Abstrak
Saat ini, teknologi game berkembang pesat. Terdapat banyak pengembang game yang mengembangkan game menggunakan grafis 3D. Meskipun teknologi GPU berkembang dengan pesat, optimasi tetap dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi visualisasi. Penelitian ini mengulas performa algoritma Occlusion Culling berbasis GPU serta algoritma Occlusion Culling klasik dalam melakukan rendering pada game tiga dimensi. Berdasarkan penelitian ini, kami ingin mengetahui apakah Occlusion Culling berbasis GPU relevan untuk digunakan pada proses rendering game tiga dimensi.
Abstract
Game technology is getting bigger. There are many games developed using 3D graphics. Although GPU technology is growing rapidly, we still need optimization technique because the complexity of visualization always increases day by day. In this paper, we want to investigate the performance of GPU driven occlusion culling algorithm and classic occlusion culling in 3D Game Rendering. According to this research, we want to find whether GPU driven occlusion culling relevant for 3D Game or not.
Downloads
Referensi
BARRÉ-BRISEBOIS, C. 2017. A Certain Slant of Light: Past, Present and Future Challenges of Global Illumination in Games. Lecturer on SIGGRAPH 2017. Los Angeles, USA: SIGGRAPH.
BORESKOV, A., & SHIKIN, E. 2014. Computer Graphics from Pixel to Programmable Graphic Hardware. Florida: CRC Press.
HAAR, U., & AALTONEN, S. 2015. GPU-Driven Rendering Pipeline. Lecturer on SIGGRAPH 2015. Los Angeles, USA: SIGGRAPH.
LAURITZEN, A. 2017. Future Direction For Compute For Graphic. Lecturer on Siggraph 2017. Los Angeles, United States of America: SIGGRAPH.
PANTAZOPOULOS, I., & TZAFESTAS, S. 2002. Occlusion Culling Algorithms: A Comprehensive Survey. Journal of Intelligent and Robotic Systems vol 35, 123-156.
SALVI, M. 2017. Deep Learning: The Future of Realtime Rendering. Lecturer on SIGGRAPH 2017. Los Angeles, USA: SIGGRAPH.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).