Implementasi Google Maps API Dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis Taman Kota dan Kampung Tematik Berbasis Android di Kota Semarang (Studi Kasus: Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota Semarang)

Penulis

  • Deto Adi Winoto Universitas Semarang
  • Febrian Wahyu Christanto Universitas Semarang

Kata Kunci:

Android, Sistem Informasi Geografis, Taman Kota, Kampung Tematik, Kota Semarang

Abstrak

Taman kota merupakan bentuk fasilitas sosial yang dikelola pemerintah kota dan kampung tematik merupakan program pemerintah kota Semarang yang memiliki tujuan mengatasi kemiskinan dan mendorong perekonomian lokal dengan menggali potensi ekonomi kemasyarakatan sebagai stimulus pembangunan wilayah. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai lokasi taman kota dan kampung tematik di kota Semarang yang sekarang ini memiliki potensi sebagai titik kunjungan baru. Untuk menjawab permasalahan tersebut Sistem Informasi Geografis berbasis Android dirasa perlu sebagai media informasi navigasi taman kota dan kampung tematik di kota Semarang. Dengan metode pengembangan sistem prototype yang dibangun menggunakan Android Studio diharapkan informasi taman kota dan kampung tematik sebagai titik kunjungan baru sarana rekreasi dan ruang publik terpadu ramah anak dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Diharapkan pula sistem informasi geografis taman kota dan kampung tematik berbasis android di kota Semarang yang setelah dilakukan pengujian beta mendapatkan hasil 85% pengguna terbantu dapat di terima pemerintah kota Semarang dalam program inovasi kota Semarang tahun 2018 di bidang digitalisasi pelayanan publik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

04-02-2020

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Implementasi Google Maps API Dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis Taman Kota dan Kampung Tematik Berbasis Android di Kota Semarang (Studi Kasus: Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota Semarang). (2020). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(1), 9-16. https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/1051