Analisis Sentimen Pasien terhadap Layanan Antarmedika Dentalcare Menggunakan Metode XGBoost
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2025126Kata Kunci:
Analisis Sentimen, XGBoost, TF-IDF, Kepuasan Pasien, Klasifikasi SentimenAbstrak
Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi faktor utama dalam kepuasan pasien, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM). Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, Praktek Mandiri Bersama Antarmedika Dentalcare menerapkan analisis sentimen berbasis data terhadap ulasan pasien yang diperoleh dari Google Maps, media sosial, dan Survei Kepuasan Pasien (SKP). Penelitian ini menggunakan algoritma Extreme Gradient Boosting (XGBoost) dengan pendekatan pembobotan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) untuk mengklasifikasikan 500 ulasan pasien ke dalam dua kategori sentimen, yaitu positif dan negatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model mencapai akurasi sebesar 96%, presisi 96%, dan recall 98%. Dibandingkan dengan studi terdahulu, kontribusi utama dari penelitian ini terletak pada pengembangan sistem klasifikasi otomatis berbasis web yang dapat diintegrasikan langsung ke dalam proses evaluasi layanan. Sistem ini memungkinkan manajemen klinik untuk melakukan analisis sentimen dalam mengambil keputusan berbasis data dalam rangka meningkatkan kepuasan serta kualitas layanan kesehatan gigi secara berkelanjutan.
Abstract
Quality healthcare services are a key factor in ensuring patient satisfaction, as stipulated in the Indonesian Ministry of Health Regulation No. 4 of 2019 concerning Minimum Service Standards (SPM). In an effort to improve service quality, Praktek Mandiri Bersama Antarmedika Dentalcare applies data-driven sentiment analysis to patient reviews obtained from Google Maps, social media, and Patient Satisfaction Surveys (SKP). This study employs the Extreme Gradient Boosting (XGBoost) algorithm with Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) word weighting to classify 500 patient reviews into positive and negative sentiment categories. The model achieved an accuracy of 96%, with a precision of 0.96 and a recall of 0.98. Compared to previous studies, the main contribution of this research lies in the development of an automated web-based sentiment classification system that can be directly integrated into the clinic’s service evaluation processes. This system enables the clinic management to perform real-time sentiment analysis and make data-driven decisions aimed at continuously improving customer satisfaction and the quality of dental healthcare services.
Downloads
Referensi
HABIBI, H. A. N. S., NUGROHO, A., & FIRLIANA, R. 2023. Perbandingan Algoritma Naïve Bayes Classifier Dan K-Nearest Neighbors Untuk Analisis Sentimen Covid-19 Di Twitter. Jurnal Ilmiah Informatika, 11(01), 54–62. https://doi.org/10.33884/jif.v11i01.7069
HENDRAWAN, I. R. 2022. Perbandingan Algoritma Naïve Bayes, Svm Dan Xgboost Dalam Klasifikasi Teks Sentimen Masyarakat Terhadap Produk Lokal Di Indonesia. Transformasi, 18(1), 1–8. https://doi.org/10.56357/jt.v18i1.295
IMADUDDIN, H., A’LA, F. Y., & NUGROHO, Y. S. 2023. Sentiment Analysis in Indonesian Healthcare Applications using IndoBERT Approach. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 14(8), 113–117. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2023.0140813
IRYANA, T. M., INDRIATI, I., & ADIKARA, P. P. 2021. Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Mass Rapid Transit Jakarta Menggunakan Metode Naïve Bayes Dengan Normalisasi Kata. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(6), 2753–2760. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9421
ISKANDAR, J., MAWARDI, V. C., & HENDRYLI, J. 2022. Analisis Media Sosial Penyedia Layanan Internet Menggunakan Algoritma XGBOOST. Seminar Nasional Corisindo, 78–83.
KURNIAWANDA, M. R., & TOBING, F. A. T. 2022. Analysis Sentiment Cyberbullying In Instagram Comments with XGBoost Method. IJNMT (International Journal of New Media Technology), 9(1), 28–34. https://doi.org/10.31937/ijnmt.v9i1.2670
MAULANA, R., VOUTAMA, A., & RIDWAN, T. 2023. Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi MyPertamina pada Google Play Store menggunakan Algoritma NBC. Jurnal Teknologi Terpadu, 9(1), 42–48. https://doi.org/10.54914/jtt.v9i1.609
PRAYITNO, E., SUPRAWOTO, T. 2021. Optimasi Hasil Pencarian Pada Web Scrapping Menggunakan Pembobotan Kata Tf-Idf. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(7), 241–246. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/822
PUTRI, A. 2024. Pentingnya Data Cleaning Sebelum Visualisasi: Teknik Dan Tips. Teknologipintar.Org, 4(5), 2024–2025.
SAFITRI, D., SUSANTI, RAHMADDENI, & FITRI, T. A. 2024. Perbandingan Algoritma XGBoost dan SVM Dalam Analisis Opini Publik Pemilihan Presiden 2024. Indonesian Journal of Computer Science, 13(3), 4763–4775. https://doi.org/10.33022/ijcs.v13i3.4041
SARI PRABANDARI, & SUHARDIANTO. 2024. Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Mendukung Pembelajaran Vokasi. ENCRYPTION: Journal of Information And Technology, 2(2), 62–68. https://doi.org/10.58738/encryption.v2i2.489
SYAHRIL DWI PRASETYO, SHOFA SHOFIAH HILABI, & FITRI NURAPRIANI. 2023. Analisis Sentimen Relokasi Ibukota Nusantara Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan KNN. Jurnal KomtekInfo, 10, 1–7. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v10i1.330
TAMPANGUMA, I. K., KALANGI, J. A. F., & WALANGITAN, O. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivivty, 3(1), 7–12.
ULGASESA, R., NEGARA, A. B. P., & TURSINA, T. 2022. Pengaruh Stemming Terhadap Performa Klasifikasi Sentimen Masyarakat Tentang Kebijakan New Normal. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(3), 286. https://doi.org/10.26418/justin.v10i3.53880
WIDIARTA, I. P. A. P., DWIYANSAPUTRA, R., & ARANTA, A. 2023. Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Kebijakan Penerapan Ppkm Di Media Sosial Twitter Dengan Menggunakan Metode Xgboost. Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, Dan Aplikasinya (JTIKA ), 5(2), 154–163. https://doi.org/10.29303/jtika.v5i2.342
ZHAFIRA, D. F., RAHAYUDI, B., & INDRIATI, I. 2021. Analisis Sentimen Kebijakan Kampus Merdeka Menggunakan Naive Bayes dan Pembobotan TF-IDF Berdasarkan Komentar pada Youtube. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 2(1), 55–63. https://doi.org/10.25126/justsi.v2i1.24
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).












