Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2025125

Kata Kunci:

Pengembangan Media, Augmented Reality, Tata Surya

Abstrak

Penggunaan media augmented reality sangat cocok digunakan pada Pembelajaran IPA materi Sistem Tata Surya dan memberikan potensi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep tata surya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media berbasis augmented reality guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MSI 08 Medono Pekalongan. Penelitian ini menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan (R&D) ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Pada kategori layak, hasil uji ahli media menunjukkan skor sebesar 75% dan 78%. Kategori sangat praktis pada angket mempunyai skor 88%. Dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,56 pada kelompok sedang, hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan yang cukup besar. Hasil ini menunjukkan pentingnya meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dan mengajarkan Ilmu Tata Surya dengan media berbasis AR. Temuan ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran augmented reality terkait tata surya layak digunakan di kelas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MSI 08 Medono Pekalongan.

 

Abctract

The use of augmented reality media is very suitable for use in science learning on Solar System material and provides the potential to increase students' understanding of the concept of the solar system. The aim of this research is to develop augmented reality-based media to improve the learning outcomes of class VI students at MSI 08 Medono Pekalongan. This research uses the ADDIE research and development (R&D) stages (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research subjects were 34 students. In the feasible category, the media expert test results showed scores of 75% and 78%.  The very practical category on the questionnaire had an 88% score.  With an average N-Gain score of 0.56 in the medium group, the pretest and posttest results demonstrated a considerable gain.  These results demonstrate the importance of effectively enhancing student learning outcomes and teaching Solar System Science with AR-based media.  These findings suggest that solar system-related augmented reality learning materials are appropriate for use in the classroom and can enhance the learning outcomes of MSI 08 Medono Pekalongan class VI pupils.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ADITYA, F., FADHILA, A., SETYAWAN, F., & KURNIAWAN, A. T. 2023. Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Matematika dan Dampaknya : Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 1018–1024.

AHMAD, Z., AHMAD, H., & RAHMAN, Z. A. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 8(23), 514–521. https://doi.org/10.5281/zenodo.7421774

APRILIANI, P. I. 2022. Implementasi penggunaan media pembelajaran augmented reality dalam tema 9 menjelajahi ruang angkasa di SD negeri 3 Jambu. 08.

ARDIANTO, D., FADHLULLAH, P., PANGGAYUH, V., INFORMASI, P. T., & INFORMASI, P. T. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( AR ) pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII. Jurnal Teknologi Informasi Dan Rekayasa Komputer, 5(2), 129–138.

FAYRUS, & SLAMET, A. 2022. Model Penelitian Pengembangan (R n D).

BaSRAN, P. S., HO SYNN, S., MARZANO, G. A., MAENG, H., & LOTFI-JAM, F. (2024). Open LEARN: Open access linear accelerator education and augmented reality Navigator. Physica Medica, 126(August), 104515. https://doi.org/10.1016/j.ejmp.2024.104515

GRIFFITH, T. L., & ALPERT, D. 2022. Creating Concrete Visions with Augmented Reality: Digital Transformation for Participative InnovationCompanies can leverage augmented reality in their innovation practice to “See in 3D—Think in 5T,” and align their talent, technology, and technique to the. Research Technology Management, 65(5), 34–43.

https://doi.org/10.1080/08956308.2022.2093081

MAULANA, I. 2019. Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2399

MEILINDAWATI, R., ZAINURI, Z., & HIDAYAH, I. 2023. Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941

MUZKIYAH, A., & NUGROHO, D. A. 2024. Enhancing Learning Engagement in Madrasah Ibtidaiyah Students Through AR-Based Monopoly Media in History Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2350–2365. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4972

RIPANSYAH, I., ASTUTI, I. F., & WIDAGDO, P. P. 2021. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Tata Surya Untuk Siswa SD Dengan Metode Marker Based Tracking. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(2), 88. https://doi.org/10.30872/jim.v16i2.4174

SARASWATI, E., & NOVALLYAN, D. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), 72. https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.37

SARI, F. A. 2024. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 414–421.

SATRIANAWATI. 2018. Media dan Sumber Belajar. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=23NRDwAAQBAJ

SiREGAR AISYAH, N., HARAHAP ROYANI, N., & HARAHAP SARI, H. 2023. Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3.

SUGIYONO, D. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (19th ed.). Alfabeta, cv.

SUHATI, T., HENDRAWAN, B., & PERMANA, R. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran SOLCAR Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 108–115. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1248

WULANDARI, A. P., SALSABILA, A. A., CAHYANI, K., NURAZIZAH, T. S., & ULFIAH, Z. 2023. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

YAUMI, M. 2021. Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=g0VIEAAAQBAJ

ZAHWA, F. A., & SYAFI’I, I. 2022. Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Diterbitkan

17-12-2025

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (2025). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 12(6), 1405-1414. https://doi.org/10.25126/jtiik.2025125