Penerapan Library AR.js pada Aplikasi e-Label Batik untuk Mendukung Kejelasan dan Kecepatan Tampilnya Informasi Keaslian Batik
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201963985Kata Kunci:
Ar, js, batik, e-label batik, keaslian, pendeteksi, tekstilAbstrak
Industri batik printing memproduksi tekstil bermotif batik dengan cara menduplikasinya melalui mesin-mesin printing, sehingga proses pengerjaannya bisa lebih cepat serta harga jual yang lebih murah dan ini memberikan ancaman bagi perkembangan batik asli. Ditambah lagi ketidaktahuan masyarakat dalam membedakan antara batik asli dan produk tekstil bermotif batik, telah menyebabkan masyarakat rentan dengan upaya penipuan oknum penjual batik dan memunculkan kecenderungan membeli produk tekstil bermotif batik yang harganya lebih murah. Untuk itu, diperlukan suatu alat bantu berupa aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengenali keaslian batik, sekaligus sebagai media belajar tentang berbagai hal terkait batik asli. Dari hasil diskusi dengan para penjual batik, diharapkan aplikasi tersebut mampu menampilkan informasi keaslian batik yang mudah dibaca serta memiliki kecepatan tampil yang stabil, walau diambil dari jarak pindai yang berbeda serta sudut kemiringan yang berbeda, sehingga dalam penelitian ini, diputuskan untuk menggunakan library AR.js dalam aplikasi e-label batik.
Abstract
The batik printing industry produces batik-patterned textiles by duplicating them through printing machines, thus the process may be faster and the selling price is cheaper, and this poses a threat to the development of original batik. The ignorance of the community in distinguishing between original batik and textile products with batik motifs, has caused the community to be vulnerable to fraudulent attempts from the sellers of batik and led to the tendency to buy batik-patterned textile products at a lower price. Hence, needed a tool in the form of applications that can be used by the public to recognize the authenticity of batik, as well as a medium of learning about various things related to original batik. The discussions with batik sellers resulted that the application is expected to be able to display the authenticity information on batik that is easy to read and has a stable speed in displaying messages, even though taken from different scan distances and different slope angles, thus in this study, it was decided to use the library. AR.js in the e-label batik application.
Downloads
Referensi
CHRISTIANTO, P. A., SUSANTO, E. B., & KURNIAWAN, I. 2017. Model Perlindungan Konsumen Batik dan Penjaga Keberlangsungan Batik Asli Kota Pekalongan Melalui Aplikasi E-Label Batik Yang Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality Berbasis Cloud Computing. Prosiding SNATIF Ke -4 Tahun 2017.
CHRISTIANTO, P. A., SUSANTO, E. B., & KURNIAWAN, I. 2017. Penerapan aplikasi e-label batik sebagai upaya mendukung penerapan peraturan daerah Kota Pekalongan nomor 6 tahun 2014. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 12.
CHRISTIANTO, P. A., SUSANTO, E. B., & KURNIAWAN, I. 2017. Protecting Batik Customers and the Existence of Pekalongan Original Batik by Augmented Reality Technology Based on Cloud Computingin Batik Label. International Journal Of Islamic Business And Economics, 1 No. 1.
ETIENNE, J. Efficient Augmented Reality for the Web. available at https://github.com/jeromeetienne/AR.js.
KUSUMAWARDANI, R., RISQI, F., & SUDIARSO, A. 2018. Penentuan Parameter Suhu dan Feed Rate Pada Mesin CNC Batik Tulis. Seminar Nasional IENACO - 2018.
MARTIN, J., & BOHUSLAVA, J. 2018. Augmented Reality as an Instrument for Teaching Industrial Automation. Proceedings of the 29th International Conference 2018 Cybernetics & Informatics (K&I) Jan. 31 - Feb. 3, 2018, Lazy pod Makytou, Slovakia.
MELLADO, J. js-aruco JavaScript library for Augmented Reality applications. available at https://github.com/jcmellado/js-aruco.
MENDIGOCHEA, P. 2017. WebAR : Creating Augmented Reality Experiences on Smart Glasses and Mobile Device Browsers. Proceedings of SIGGRAPH ’17 Studio, Los Angeles, CA, USA, July 30 - August 03, 2.
PEMERINTAH KOTA PEKALONGAN. 2014. Perda Nomor 6 Tahun 2014 Kota Pekalongan Tentang Penggunaan Label Batik Pekalongan. Pekalongan: Pemerintah Kota Pekalongan.
SPEICHER, M., HALL, B. D., YU, A., ZHANG, B., ZHANG, H., NEBELING, J., et al. 2018. XD-AR: Challenges and Opportunities in Cross-Device Augmented Reality Application Development. Proc. ACM Hum.-Comput. Interact. 2, EICS, Article 7 (June 2018), 24.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).