Implementasi Metode Personal Extreme Programming (Pxp) Pada Pengembangan Aplikasi Buku Tamu(Studi Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lombok Tengah)
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2025125Kata Kunci:
Aplikasi buku tamu, QR code, Personal Extreme Programming (PXP),, Black Box Testing, Pengujian KuantitatifAbstrak
Aplikasi Buku Tamu Digital yang dikembangkan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Tengah bertujuan untuk mempermudah proses pendaftaran tamu dan pengelolaan data kunjungan. Proses pengembangan dilakukan dengan pendekatan Personal Extreme Programming (PXP) yang meliputi tahapan Requirement, Planning, Iteration Initialization, Design, Implementation, System Testing, dan Retrospective. Hasil pengembangan aplikasi ini menunjukkan bahwa aplikasi memiliki fitur unggulan seperti manajemen data pegawai, kegiatan dinas, serta dashboard statistik kunjungan yang dapat disesuaikan. Pengujian sistem menggunakan metode Black Box Testing menunjukkan bahwa seluruh fitur berfungsi dengan baik dengan tingkat keberhasilan mencapai 100%. Analisis komparatif dengan aplikasi Guest Management System (GMS) komersial, seperti Envoy dan SwipedOn, menunjukkan bahwa meskipun aplikasi GMS komersial lebih unggul dalam hal skalabilitas berbasis cloud, keamanan data yang lebih tinggi, dan dukungan teknis profesional, aplikasi Buku Tamu Digital menawarkan keunggulan dalam hal kustomisasi sesuai kebutuhan lokal, seperti dukungan bahasa daerah (misalnya Bahasa Sasak), integrasi dengan sistem administrasi pemerintahan, dan model distribusi yang lebih efisien biaya. Hasil pengujian kuantitatif menunjukkan performa yang responsif, dengan waktu respons pemindaian QR mencapai 312 ms dan tingkat akurasi verifikasi identitas tamu sebesar 98.7%. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dan efisien untuk pengelolaan kunjungan di instansi pemerintah.
Abstract
The Digital Guest Book application developed at the Central Lombok Regency Communication and Informatics Office aims to simplify the guest registration process and management of visit data. The development process was carried out using the Personal Extreme Programming (PXP) approach which includes the stages of Requirement, Planning, Iteration Initialization, Design, Implementation, System Testing, and Retrospective. The results of the development of this application show that the application has superior features such as employee data management, service activities, and a customizable visit statistics dashboard. System testing using the Black Box Testing method shows that all features function well with a success rate of 100%. Comparative analysis with commercial Guest Management System (GMS) applications, such as Envoy and SwipedOn, shows that although commercial GMS applications are superior in terms of cloud-based scalability, higher data security, and professional technical support, the Digital Guest Book application offers advantages in terms of customization according to local needs, such as support for regional languages (eg Sasak), integration with government administration systems, and a more cost-efficient distribution model. Quantitative testing results show responsive performance, with a QR scan response time of 312 ms and a guest identity verification accuracy rate of 98.7%. This application is expected to provide an effective and efficient solution for managing visits in government agencies.
Downloads
Referensi
AKBAR, M.S., N.I., & C.D.R., 2024. Implementasi Metode Personal Extreme Programming Dalam Peracangan Aplikasi Pemesanan Ruang Rapat Berbasis Android Diskominfo Jawa Timur. Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, dan Aplikasinya (JTIKA), [online] 6(1), pp.308–315. Available at: <http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/>.
ALI, I.H., K.S., E.M., B.A., N.S.K., O.N., . . . & R.J.H., 2024. Metodologi penelitian. Metodologi penelitian. Media Pustaka Indo.
AVIYAH, S.V., & N.E., 2024. Perancangan Aplikasi Buku Tamu Menggunakan Qr Code Pada Kantor Kecamatan Ciwandan Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Solihin. Technoscience, 8(1).(1), pp.1–19.
BUYUNG, A., S.S., & S.A., 2024. Perancangan sistem informasi buku tamu pada Diskominfo Serdang Bedagai berbasis web. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 6(3)(3), pp.469–478.
CHOTIJAH, U., 2021. Sistem Informasi Buku Tamu Menggunakan Qr code Berbasis Web Pada PT Petrokimia Gresik. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Ilmu Komputer & Informatika, 4(1), pp.2621–4970.
COHN, M., 2022. User stories applied: For agile software development. Addison-Wesley Professional. Addison-Wesley Professional.
DHARWIYANTI, S., & W.R.S., 2023. Pengantar unified modeling language (uml). IlmuKomputer. com.
DZALPARO, A., P.Y., & Y.Y., 2024. Pengembangan Aplikasi Buku Tamu Berbasis Web di BPTIK DIKBUD Jawa Tengah. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 20(2), pp.1014–1023.
ERFAN, M., K.T.Y., A.M.H., V.Y.M., O.R., W.D., & T.K.L., 2023. Penerapan Extreme Programming Pada Pembuatan Aplikasi Buku Tamu Adaptif Di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Palangka Raya. Jurnal Simasi : Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, [online] 3(2)(2), pp.249–256. https://doi.org/10.46306/sm.v3i2.
FADHALLAH, R.A., 2021. Wawancara. UNJ Press.
FIKRI, A.M., & P.I.P.D.A.S., 2021. Rancang Bangun Sistem Informasi Buku Tamu Pada Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Kota Balikpapan Dengan Metode Personal Extreme Programming. Multitek Indonesia: Jurnal Ilmiah, [online] 14(2)(2), pp.1907–6223. Available at: <http://journal.umpo.ac.id/index.php/multitek>.
FIQAR, T.P., A.N.F., & A.F., 2023. Implementasi Metode Personal Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Hak Paten pada Sentra HKI ITK. SPECTA Journal of Technology, 6(3)(3), pp.329–341. https://doi.org/10.35718/specta.v6i3.799.
HASAN, H.I., M.G.I., & N.I., 2021. Implementasi Metode Personal Extreme Programming Dalam Pengembangan Sistem Administrasi Pelayanan Desa (Studi Kasus: Desa Bulangan Barat Kec. Pegantenan Kab. Pamekasan). Jurnal Repositor, 3(1)(1), pp.43–50.
KALSUM, U., H.R., A.Z., P.L., A.S.P., & P.U.M., 2024. Aplikasi Buku Tamu Menggunakan Qr Code Berbasis Web Pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JISTI), [online] 7(2)(2), pp.206–217. https://doi.org/10.57093/jisti.v7i2.206.
MAHARANI, A.S., N.N.R., & P.A., 2023. Sistem Informasi Buku Tamu Berbasis Web Menggunakan PHP Framework Laravel dan MySQL Di Kecamatan Jatisrono Wonogiri. Indonesian Journal of Information Technology and Computing, [online] 3(1), pp.2798–9216. Available at: <https://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging>
MARLIANA, I., 2023. Sistem Informasi Menggunakan Qr Code Berbasis Web Service Pendataan Buku Tamu Instansi Pemerintahan. Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Iin Marliana, 8(1)(1), pp.18–25.
MELATI, F.A., P.R.W., & A.N.N., 2023. Pengembangan Buku Tamu Digital Pada PT XYZ Menggunakan Metode Personal Extreme Programming. Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, 54), pp.73–81. https://doi.org/10.60083/jsisfotek.v5i4.323.
MELINDA, V.,& Z.A., 2023. Perancangan Sistem Informasi Tour Dan Travel Berbasis Web Menggunakan Metode Personal Extreme Programming (Pxp) Pada Today Trip. Jurnal Ilmu Komputer JIK, 6(1)(01).
NUGRAHA, A.R., S.D.F., E.L.K., & K.K., 2020. Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2)(2), pp.221–239.
NURUDIN, A., & D.M.L., 2023. Rancang Bangun Buku Tamu Berbasis Web Pada Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains, 1(1), pp.145–158.
PRASETYO, Y.Y., & A.H., 2020. Panduan Mudah Belajar Framework Laravel. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
PRAYOGA, T.A., & H.E., 2024. Inovasi Aplikasi Buku Tamu Digital Di Dinas Komunikasi Informatika Statistik Dan Persandian Kota Pekanbaru. Journal of Public Administration Review, [online] 1(1)(1), pp.773–789. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/jpar>.
Prtama, E.P., 2023. PERANCANGAN APLIKASI ARSIP BUKU PERPUSTAKAAN SMKN 1 TANGERANG SELATAN DENGAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING (PXP). Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, [online] 1(3)(3), pp.82–87. Available at: <https://mypublikasi.com/index.php/JUPIK/82>.
PUTRA, M.G.L., & F.M.I., 2022. Pengembangan aplikasi android untuk monitoring akademik mahasiswa di institut teknologi kalimantan dengan metode personal extreme programing. Technologia, 13(2)(2), pp.167–174.
RAMDHAN, M., 2021. Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
SALEHA, W.I., & E.E.S., 2022. Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Sekolah Sepak Bola Dengan Metode Personal Extreme Programming Berbasis Web. Multimedia dan Sistem Informasi (REKLAMASI), [online] 1(1)(1), pp.7–11. Available at: <https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/reklamasi>.
SETIAWAN, B.A., M.G.I., & A.C.S.K., 2024. Sistem Informasi Pengiriman Barang Pada PT Citra Abadi Cargo Menggunakan Metode Personal Extreme Programming (PXP). Jurnal Repositor, 2(3)(4), pp.369–380.
SHAFARDAN, W.A., U.M.C.C., & N.B., 2023. Implementasi Kerangka Kerja Personal Extreme Programming pada Pengembangan Aplikasi Pelayanan Administrasi Masyarakat Kantor Desa Girimukti Berbasis Web. Equiva Journal, 1(2).
SUKRIANTO, D., O.D., & M.H., 2024. Implementasi QR Code Berbasis Web Pada Sistem Informasi Buku Tamu dan Pemesanan Undangan di Zehan Invitation. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), [online] 5(3)(3), pp.643–652. https://doi.org/10.37859/coscitech.v5i3.8079.
SUPRAPTO, F.R., M.G.I., & N.I., 2020. Sistem Informasi Penjualan dan Pelelangan Berbasis Web pada Ricardo Corner MLG Menggunakan Metode Personal eXtreme Programming (PXP). Jurnal Repositor, 6(2)(11), pp.1535–1542.
TRIANDINI, E., & S.I.G., 2021. Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Penerbit Andi.
ULFI, M., M.G.I., & N.I., 2020. Implementasi Metode Personal Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Manajemen Transaksi Perusahaan (Studi Kasus: CV. Todjoe Sinar Group). Jurnal Repositor, 2(3)(3), pp.261–268.
USMAN, A.A.H., F.M., M.A., & H.M., 2022. Pembuatan Aplikasi Buku Tamu Berbasis Website di Kelurahan Afa-Afa. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4)(4), pp.62–69.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).










