Perancangan Aplikasi Berbasis Website Untuk Edukasi Dan Pengelolaan Pertanian Biofarmaka Menggunakan Metode Fast (Framework For The Application System Thinking)
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2025129440Kata Kunci:
chess engine, chess moves prediction, long short term memory (LSTM), universal chess interface (UCI)Abstrak
Permasalahan dalam sektor pertanian biofarmaka di Indonesia saat ini mencakup beberapa aspek penting yang menghambat perkembangan dan produktivitasnya. Salah satu masalah utama adalah kurangnya infrastruktur dan akses terhadap teknologi pertanian modern. Banyak petani masih menggunakan metode tradisional karena keterbatasan teknologi. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkanlah FocketFarm, sebuah platform edukasi berbasis web untuk pertanian greenhouse. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam pertanian greenhouse kepada pengguna. Pengguna FocketFarm dapat memperoleh informasi tentang teknik bertani, perawatan tanaman, pengelolaan sumber daya, dan praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan. Untuk mengembangkan website FocketFarm, yaitu dengan menggunakan metode Framework for the Application of System Thinking (FAST) tujuan nya adalah untuk menyusun desain sistem secara lebih efisien dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Webste FocketFarm dapat memperoleh informasi tentang teknik bertani di dalam greenhouse, perawatan tanaman, pengelolaan sumber daya, dan praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, FocketFarm memungkinkan akses yang intuitif bagi pengguna dari latar belakang yang beragam. Dengan demikian, FocketFarm berfungsi sebagai alat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pertanian greenhouse melalui platform web yang mudah diakses.
Abstract
The current problems in Indonesia's biopharmaceutical agriculture sector include several important aspects that hinder its development and productivity. One of the main problems is the lack of infrastructure and access to modern agricultural technology. Many farmers still use traditional methods due to technological limitations. To address this, FocketFarm, a web-based educational platform for greenhouse farming, was developed. The goal is to provide users with knowledge and practical skills in greenhouse farming. FocketFarm users can obtain information on farming techniques, plant care, resource management, and sustainable farming practices. To develop the FocketFarm website, using the Framework for the Application of System Thinking (FAST) method, the aim is to develop a system design more efficiently and in accordance with the objectives set.The FocketFarm website can obtain information about greenhouse farming techniques, plant care, resource management, and sustainable agricultural practices. With an easy-to-use interface, FocketFarm allows intuitive access for users from diverse backgrounds. As such, FocketFarm serves as an effective tool in enhancing understanding and skills in greenhouse farming through an easily accessible web platform.
Downloads
Referensi
ALDO, D., RAHMAN HABIBIE, D., Teknologi Telkom Purwokerto, I., Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer GICI, B., Jl Panjaitan No, B. DI, Kidul, P., Purwokerto Sel, K., Banyumas, K. and Tengah, J., 2021. Metode FAST Untuk Pembangunan Sistem Inventory. 6(2).
BASTARI, M.A., DARMANSAH, D. dan RAKHMADANI, D.P., 2022. Sistem Informasi Jasa Cuci Interior Rumah dan Mobil Menggunakan Metode User Acceptance Test. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), p.305. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3926.
DR. TONO, S.P.M.S., DIAN WURI ANDAYANI, S.T.M.P., LINTANG DEWI MAHESWARI, S.P. AND NABILA AYU ULFA, S.P., 2021. Indeks Ketahanan Pangan 2021. Badan Ketahanan Pangan.
IRAWAN, D., 2023. PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMK NEGERI 5 BANDARLAMPUNG BERBASIS WEB. 3.
JOHN FRIADI, DODI P. YANI, MUHAMMAD ZAID AND ALEXSANDRI SIKUMBANG, 2023. Perancangan Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien Rawat Jalan pada Puskesmas (Designing the Unified Modeling Language Modeling System for Online Queuing Outpatient Visits at the Health Center).
KHAIRUNISA ARGAPUTRI, M., FADLILAH, N.R., SETYOWATI, H. AND YAQIN, M.A., 2023. Analisis Model PIECES dalam Perancangan Sistem Informasi Meeting Proyek Menggunakan Metode FAST. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics E, 5(1), pp.59–70. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v5i1.418.
NOVI, T.B., SUPIANTO, A.A. dan FANANI, L., 2021. Perancangan User Experience Aplikasi Edukasi Pertanian menggunakan Human-Centered Design. [online] Available at: <http://j-ptiik.ub.ac.id>.
OKTIVA ANGGRAINI, 2020. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama.
PRAMITA WIDYASSARI, A., GAJENDRA, I., FEBRIANTO, E., Sekolah, A., Teknologi, T., Cepu, R. and Korespondensi, P., 2023. Sistem Informasi Cuci Mobil Berbasis Web dengan Metode SDLC.
PRIANDIKA, A.T. dan RISWANDA, D., 2023. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang Berbasis Online Menggunakan Pendekatan Extreme Programming. Jurnal Ilmiah Computer Science, 1(2), pp.69–76. https://doi.org/10.58602/jics.v1i2.8.
PULUNGAN, S.M., FEBRIANTI, R., LESTARI, T., GURNING, N. dan FITRIANA, N., 2023. Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database. [online] 01(2), pp.143–147. https://doi.org/10.47233/jemb.v2i1.533.
RIFDA, 2020. ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA APLIKASI MENGGUNAKAN USER PERSONADAN USER JOURNEY. Information System Journal, 3, pp.7–7.
SILITONGA, P.D.P., EL, D. dan PURBA, R., 2021. IMPLEMENTASI SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA RANCANG BANGUN SISTEM PENDAFTARAN PASIEN BERBASIS WEB. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 5(2).
SRI WAHYUNI dan AZIZ ABDUL IKHSAN, 2022. Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Petshop Berbasis Web Dengan Metode Framework for the Application System Thinking (FAST) INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. [online] Available at: <https://e-journal.unper.ac.id/index.php/informatics>.
SULISTIYAWATI, I., ANGGRAENI, G. dan SETYANINGTYAS, T., 2023. Membangun Desa Sehat Mandiri dengan Pengembangan Produk Olahan Tanaman Biofarmaka menjadi Obat Herbal di Desa Sirkandi Banjarnegara. [online] Available at: <https://madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/558>.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).