Model Konseptual bagi Pengembangan Knowledge Management di SMA Menggunakan Soft System Methodology
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201962932Kata Kunci:
Knowledge, Knowledge management, Soft System Methodology, CATWOEAbstrak
Terhambatnya transformasi knowledge antara pengajar dan siswa di SMAK 1 Penabur Jakarta ditemukanlah suatu kendala, yaitu perbedaan karakter antara yayasan, guru, dan siswa. Berdasarkan fakta diatas, SMAK 1 Penabur Jakarta memerlukan suatu Knowledge Management yang dapat membantu kinerja yang sedang berjalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Soft System Methodology. Terdapat langkah dalam Soft System Methodology yang dilakukan yaitu menggunakan analisis CATWOE terhadap holon yang ditemui di SMAK 1 Penabur Jakarta. Pemodelan yang dihasilkan berupa komponen yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu, manusia, proses, teknologi, dan content.
Abstract
The obstructed of knowledge transformation between the educator and student in SMAK 1 Penabur Jakarta was found the constraints, it is the differences character between foundation, teacher, and student. According to the fact above, SMAK 1 Penabur Jakarta needs a knowledge management in order to help the teaching and learning proses. This research is using the method. The method that is used is Soft System Methodology (SSM) approach. It has some steps in Soft System Methodology by using CATWOE analyzation to holon in SMAK 1 Penabur Jakarta. The model-produced is divided into 4 components, those are human, content, technology, and process.
Downloads
Referensi
BHUSRY, M. & RANJAN, J., 2011. Implementing Knowledge Managemant in Higher Educational Institutions in India: A Conceptual Framework. International Journal of Computer Applications, Volume 29 No. 1, pp. 34-46.
BOATENG, W., 2012. Evaluating the Efficacy of Focus Group Discussion (FGD) in Qualitative Social Research. International Journal of Business and Social Science, Volume 3 No. 7, pp. 54 - 57.
CARROLL, J. et al., 2004. University of Toronto Faculty of Information. [Online]
Available at: http://choo.ischool.utoronto.ca/FIS/ResPub/ETRD/KM4T.pdf
[Accessed 28 July 2018].
CHECKLAND, P. & POULTER, J., 2010. Soft Systems Methodology. Assocoation with Springer-Verlag London Limited, pp. 191-242.
DJAELANI, A. R., 2013. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, Volume XX No. 1, pp. 82-92.
FERDINANDUS, E., IMRON, A. & SUPRIYANTO, A., 2015. Model Knowledge Management Dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora, Volume 3 No. 2, pp. 106-115.
GUTERRES, A. N., SEDIYONO, E. & IRIANI, A., 2017. Knowledge Managemant (KM) Model of Scientific Work by the Faculty of Information and Communication Technology Case Study: East Timor Institute of Business (IOB). The International Journal of Science & Technology, 5(8), pp. 121-126.
HERLINDA, MUTIA, I. & ATIKAH, 2017. Perancangan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 Sekolah Menegah Atas Negeri di Jakarta Selatan. Seminar Nasional Teknoka Ke-2, Volume 2, pp. 1-7.
IRIANI, A. & MANONGGA, D., 2018. Using Soft System Methodology As An Approach To Evaluate Cheating In The National Examination. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Volume 96 No. 11, pp. 3344-3355.
REHMAN, S. U., AL-ALAWI, S. A. & CHAUDHRY, A. S., 2013. Validation of Knowledge Management Modules for Curriculum Design. Singapore Journal of Library & Information Management, Volume 42, pp. 22 - 45.
SGOUROU, E. et al., 2012. Using Soft Systems Methodology as A Systemic Approach to Safety Performance Evaluation. International Symposium on Safety Science and Technology, pp. 185 - 193.
SMAK 1 PENABUR JAKARTA, n.d. Badan Pendidikan Kristen Penabur Jakarta. [Online]
Available at: https://smak1.bpkpenaburjakarta.or.id
[Accessed 18 Januari 2014].
SRIKANTAIAH, K. & KOENIG, M. E. D., 2000. Knowledge Management for the Information Professional (Asis Monograph Series). New Jersey: Information Today.
WIDAYANTI, R., 2012. Universitas Esa Unggul. [Online]
Available at: http://www.esaunggul.ac.id/ article/penerapan-knowledgemanagement-dalam-organisasi-2
[Accessed 20 Oktober 2018].
YULIANTO, S., ROESDIYANTO & SUGIHARTO, 2017. Analisis Perubahan Kurikulum pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani OLahraga dan Kesehatan di Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, Volume 2 No. 1, pp. 130-140.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).