Implementasi Markerless Location-Based Untuk Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.20251219193Kata Kunci:
Augmented Reality, AR Application, AR Core, Construction, GPS, Markerless Location-based, visualisasi, Model 3DAbstrak
Teknologi Augmented Reality (AR) semakin berkembang dan banyak diterapkan di berbagai bidang, termasuk industri konstruksi yang menghadapi tantangan dalam mempresentasikan dan memvisualisasikan struktur bangunan kepada klien dan pekerja di lapangan. Metode visualisasi tradisional dengan model 3D statis masih memiliki keterbatasan dalam hal interaktivitas, kejelasan, diskusi teknis, serta promosi hasil bangunan. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah penggunaan AR berbasis markerless location-based untuk visualisasi model 3D bangunan secara real-time di lokasi proyek tanpa memerlukan marker fisik. Penelitian ini menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahap: konsep untuk menentukan tujuan dan kebutuhan aplikasi, perancangan arsitektur aplikasi dan antarmuka pengguna, pengumpulan data lokasi dan model 3D, pembuatan aplikasi dengan Unity dan fitur location-based AR, pengujian aplikasi untuk memastikan fungsionalitas, dan distribusi aplikasi. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi AR berbasis Android yang mampu memvisualisasikan model 3D bangunan di lokasi fisik menggunakan data GPS, sehingga memfasilitasi promosi dan visualisasi proyek secara interaktif. Pengujian aplikasi mencakup uji fungsionalitas, kinerja, kompatibilitas, user experience, validitas, dan reliabilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman klien dan pekerja terhadap desain bangunan serta membantu pengambilan keputusan selama proses konstruksi. Aplikasi ini menawarkan solusi inovatif dalam visualisasi, promosi, dan kolaborasi di industri konstruksi.
Abstract
Augmented Reality (AR) technology is increasingly developing and widely applied in various fields, including the construction industry which faces challenges in presenting and visualizing building structures to clients and workers in the field. Traditional visualization methods with static 3D models still have limitations in terms of interactivity, clarity, technical discussion, and promotion of building results. The solution offered in this study is the use of markerless location-based AR for real-time visualization of 3D building models at project sites without the need for physical markers. This study uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) methodology which includes six stages: (1) concept to determine application goals and needs, (2) design of application architecture and user interface, (3) collection of location data and 3D models, (4) application creation with Unity and location-based AR* features, (5) application testing to ensure functionality, and (6) application distribution. The results of this study are Android-based AR applications that are able to visualize 3D building models at physical locations using GPS data, thus facilitating interactive project promotion and visualization. Application testing includes functionality, performance, compatibility, user experience, validity, and reliability tests. The test results show that this application is effective in improving clients' and workers' understanding of building design and assisting decision-making during the construction process. This application offers innovative solutions in visualization, promotion, and collaboration in the construction industry.
Downloads
Referensi
AGUS KURNIASARI, A., TRISMAYANTI DWI PUSPITASARI, & ARGISTA DWI SEPTYA MUTIARA. 2023. Penerapan Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc) Pada a Magical Augmented Reality Book Berbasis Android. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 17(1), 19–32. https://doi.org/10.35457/antivirus.v17i1.2801
ATMANTO, E. A., PUDJOATMODJO, B., & SULARASA, A. 2021. Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Mutiara Furniture Berbasis Android Menggunakan Metode MDLC. E-Proceeding of Applied Science, 7(6), 3412–3419.
BIAN, M. J., GAO, H. H., GAO, J., & XU, J. P. 2015. Research and Application of Web3D Exhibition Based on WebGL and Html5. Proceedings of the 2015 International Conference on Electrical, Automation and Mechanical Engineering, 13(Eame), 824–826. https://doi.org/10.2991/eame-15.2015.220
ERWINSAH, R., ARIA, M., & YUSUP, Y. 2019. Application of augmented reality technology in biological learning. Journal of Physics: Conference Series, 1402(6), 732–745.
https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/6/066090
FIRDANU, R., ACHMADI, S., & ADI WIBOWO, S. 2020. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282. https://doi.org/10.36040/jati.v4i2.2657
LÔBO, J. E. A., CORREIA, W. F. M., TEIXEIRA, J. M., SIQUEIRA, J. E. DE M., & ROBERTO, R. A. 2023. WebAR as a Mediation Tool Focused on Reading and Understanding of Technical Drawings Regarding Tailor-Made Projects for the Scenographic Industry. Applied Sciences, 13(22), 12295. https://doi.org/10.3390/app132212295
RISWANDHA, M. N., & ROZI, M. F. 2022. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Produk Berbasis Android Studi Kasus Cv. Jingga Cipta Persada Group. Spirit, 14(1), 1–5. https://doi.org/10.53567/spirit.v14i1.233
ROHMAN, A., RINALDI, A., & HIDAYAT, F. 2022. Pembuatan Augmented Reality berbasis Titik untuk Mendukung Building Information Modelling (BIM). Jurnal Inovasi Konstruksi, April, 19–24. https://doi.org/10.56911/jik.v1i1.13
SETYAWATI, R. A., WATHONI, M., ADRIANSYAH, A. F., & RAMADI, R. 2023. Implementasi Augmented Reality Sebagai Global Positioning System untuk Pengenalan Kampus A Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indo Green Journal, 1(4), 177–182. https://doi.org/10.31004/green.v1i4.35
TRI AYUNESTINA, N., PURWANTORO, S., & FITRISIA, Y. 2020. Implementasi Augmented Reality dalam bentuk Location Based Service (LBS) pada hotel di Kota Pekanbaru berbasis Android. Jurnal Komputer Terapan, 6(2), 119–128. https://doi.org/10.35143/jkt.v6i2.3585
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).