Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sidawai Menggunakan End User Computing Statisfaction (EUCS) Dan Importance Performance Analysis (IPA)

Penulis

  • Kiki Haerani STMIK Lombok
  • Khairul Imtihan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok, Lombk Tengah https://orcid.org/0000-0001-9379-0782
  • Wafiah Murniati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok, Lombk Tengah

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.1148906

Abstrak

Aplikasi Sistem Pendataan Data Pegawai (SIDAWAI) merupakan sebuah aplikasi yang di dirancang sebagai solusi data kepegawaian seperti biodata pegawai, riwayat mutasi jabatan, riwayat kepangkatan, riwayat cuti dan lain sebagainya. Proses penyimpanan, pemusatan data dan pelaporan data kepegawaian yang dapat memudahkan dalam meningkatkan administrasi kepegawaian pada Kabupaten Lombok Tengah sejak tahun 2018. Kualitas informasi pada suatu sistem dapat memberikan pengaruh besar terhadap tingkat kepuasan pengguna, serta tujuan dari penggunaan sistem dapat tercapai ketika sistem digunakan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan tingkat kesenjangan antara harapan dan kinerja aplikasi. Dalam membuat instrument kuesioner tingkat kepuasan pengguna mengunakan model End-User Computing Statisfanction (EUCS). EUCS menggunakan 5 indikator penliaian, diantaranya Content, Format, Accurancy, Ease of use dan Timelines. Untuk mengukur ke akuratan instrument kusioner dilakukan uji validitas dan reabilitas dengan melibatkan para pakar yang memahami terkait dengan Aplikasi SIDAWAI. Untuk mengetahui jarak kesenjangan antara harapan dan kinerja, serta mengukur kepuasan pengguna pada Aplikasi SIDAWAI dengan metode IPA (Importance Performance Analysis) berdasarkan hasil dari pengolahan data kuesioner dari model End-User Computing Statisfanction (EUCS). Dari hasil perhitungan kepuasan pengguna mendapatkan hasil 82,66% yang berarti sangat memuskan. Kemudian tingkat kesenjangan antara harapan dan kinerja pada Aplikasi SIDAWAI mendapatkan nilai rata-rata sebesar -0,17 dimana harapan lebih besar dari pada kinerja. Berdasarkan diagram kartesius instrumen perlu dipertahankan kualitasnya yaitu C1, C3, A3, E1, E2, E3, E4, dan T1, dan instrumen yang sangat memerlukan perbaikan yaitu F2 san U2.

 

Abstract

 

The Employee Data Collection System Application (SIDAWAI) is an application designed as a staffing data solution such as employee biodata, position mutation history, rank history, leave history and so on. The process of storing, centralizing data and reporting personnel data which can facilitate the improvement of personnel administration in Central Lombok Regency since 2018. The quality of information on a system can have a big influence on the level of user satisfaction, and the objectives of using the system can be achieved when the system is used. Research was conducted to determine the level of user satisfaction and the level of gap between expectations and application performance. In making a questionnaire instrument the level of user satisfaction uses the End-User Computing Statisfanction (EUCS) model. EUCS uses 5 assessment indicators, including Content, Format, Accurancy, Ease of use and Timelines. To measure the accuracy of the questionnaire instrument, validity and reliability tests were carried out by involving experts who understand related to the SIDAWAI Application. To determine the gap between expectations and performance, and measure user satisfaction with the SIDAWAI Application using the IPA (Importance Performance Analysis) method based on the results of processing questionnaire data from the End-User Computing Statisfanction (EUCS) model. From the results of the calculation of user satisfaction, the results obtained are 82.66% which means very satisfied. Then the level of the gap between expectations and performance on the SIDAWAI Application gets an average value of -0.17 where expectations are greater than performance. Based on the Cartesian diagram, the instruments need to maintain their quality, namely C1, C3, A3, E1, E2, E3, E4, and T1, and the instruments that really need improvement are F2 san U2.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ARDILA, K. et al. 2022 ‘Analysis of User Satisfaction Level Of E-Pkh Application Using End User Computing Satisfaction ( EUCS ) Method’, pp. 1–8.

ARISOEMARYO, B.S. et al. 2022 ‘Analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi JMO dimana dalam penelitian ini penulis menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS)’, Jurnal Responsif, 4(1), pp. 110–117. Available at: https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti/article/view/724.

ASTUTIK, I.N., AMROZI, Y. AND AMIN, F.M. 2021 ‘Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Di Uin Sunan Ampel Surabaya Menggunakan End User Computing Satisfaction’, 2(11).

AYU RINJANI, A.D. AND PREHANTO, D.R. 2021 ‘Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode Eucs Dan Ipa’, Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(2), P. 123. Available At: Https://Doi.Org/10.35889/Jutisi.V10i2.655.

HAMZAH, M.L., HULTARI, L.A. AND PURWATI, A.A. 2022 ‘Analysis Of E-Library Based On Level Of User Satisfaction Using Eucs And Ipa Methods’, 4(1), Pp. 599–610.

HANIFAH, M.R. et al. 2022 ‘Analisis Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Kualitas Website E-Health Surabaya (Studi Kasus : E-Health Surabaya)’, Jurnal Information System & Artificial Intelligence, 2(2), Pp. 83–89.

HASANAH, A.U., WASPODO, B. AND RAHAJENG, E. 2023 ‘Analysis Of Mypertamina Application User Satisfaction Using End User Computing Satisfaction Method’, 4(1), Pp. 13–34.

Kurniasih, I. Et Al. 2021 ‘Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode Eucs’, 8(1).

LATTU, A., SIHABUDDIN AND JATMIKA, W. 2022 ‘A Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penggunaan E-Learning Dengan Metode Tam Dan Eucs’, Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (Jursistekni), 4(1), Pp. 39–50. Available At: Https://Doi.Org/10.52005/Jursistekni.V4i1.115

LUSIANA, U. et al. 2023 ‘Pendampingan Dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi “Sidawai” Bagi Karyawan Di Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Bagian Sekretariat’, 10, Pp. 678–689.

MARDIKANINGSIH, R. AND DARMAWAN, D. 2021 ‘Peranan Sistem Informasi Persediaan Terhadap Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kegunaan Yang Dirasakan, Dan Kepuasan Pengunjung Toko Buku’, Realible Accounting Journal, 1(1), Pp. 43–57. Available At: Https://Doi.Org/10.36352/Raj.V1i1.135.

MAULANA, N., GHAITZA, E. AND KUMALLAH, N. 2023 ‘Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Kai Access Dengan Pendekatan End-User Computing Satisfaction’, Jurnal Sains Dan Teknologi (Jsit), 3(2), Pp. 221–232.

NISPI, F., KURNIAWATI, A. AND WULANDARI, L. 2023 ‘Analysis Of User Satisfaction Level On Study Abroad Guidance Website Using Customer Satisfaction Index ( Csi ) And Importance Performance Analysis ( Ipa ) Methods’, International Research Journal Of Advanced Engineering And Science, 8(3), Pp. 1–7.

PUJANA, G., MADE ARDWI PRADNYANA, I. AND KETUT RESIKA ARTHA, I. 2023 ‘Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada’, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati), 12(1), Pp. 57–66. Available At: Http://Ditpsmp.Kemdikbud.Go.Id/Erapor/.

PURBOBINUKO KURNIA Z. AND WURIANING R. 2020 ‘Analisis Kepuasan Dengan Metode Csi Dan Ipa Terhadap Pelayanan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Di Rs. Dr Soetarto Yogyakarta’, Health Information Management Journal Issn, 8(2), Pp. 2655–9129.

PUSPITASARI, N., TAMPUBOLON, W. AND TARUK, M. 2021 ‘Analisis Metode Eucs Dan Hot-Fit Dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg)’, Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi, 4(1), Pp. 1–10.

PUTRA, L.M., ARMAN AND HILMI, K. 2021 ‘Analisis Kepuasan Terhadap Portal Mahasiswa Sistem Informasi Stmik Indonesia Padang Menggunakan Eucs’, Indonesian Journal On Computer And Information Technology, 6(2), Pp. 168–180. Available At: Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Ijcit%0aanalisis.

PUTRA, R.D. AND PREHANTO, D.R. 2021 ‘Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip . Id Menggunakan Metode Technology Acceptance Model ( Tam ) Dan End User Computing Satisfaction ( Eucs )’, Jeisbi(Journal Of Emerging Information Systems And Business Intelligence), 02(04), Pp. 19–26.

QHOLISA, S.N. AND NUDIN, S.R. 2023 ‘Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Jconnect Mobile Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Dan Importance Performance Analysis (Ipa)’, Journal Of Emerging Information Systems And Business Intelligence, 04(02), Pp. 77–87. Available At: Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jeisbi/Article/View/54974.

SAPUTRA, B. AND SAVITRI, DIAN 2020 ‘Penerapan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) Untuk Menganalisis Kinerja Suroboyo Bus Sebagai Moda Transportasi Umum Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna’, 8(3).

SARI, N., ERVIANINGSIH AND ZAHRAN, I. 2023 ‘Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Terhadapkepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rs “X” Kota Palopo’, Jurnal Surya Medika, 9(2), Pp. 220–224.

SARI, N.P., NASIR, M. AND ANDRYANI, R. 2019 ‘Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Paytren Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction’, Bina Darma Conference On Computer Science, Pp. 112–122. Available At: Http://Conference.Binadarma.Ac.Id/Index.Php/Bdccs/Article/View/73.

SUNARYA, R. AND GAOL, P.L. 2021 ‘Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Kepegawaian ( Sipeg ) Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Direktorat Jenderal Energi Baru , Risan Sunarya , Porman Lumban Gaol Biro Sumber Daya Manusia ( Biro Sdm ) Kementerian Energi Dan Sumber Daya’, Jurnal Sumber Daya Aparatur, 3(1), Pp. 29–56.

TRISNA et al. 2019 ‘Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swalayan Dengan Metode Importance Performance Analysis Dan Model Kano’, Industrial Engineering Journal, 8(1), Pp. 16–21. Available At: Https://Doi.Org/10.53912/Iejm.V8i1.376.

WISUDAWATI, N. et al. 2023 ‘Penggunaan Metode Importance-Performance Analysis ( Ipa ) Untuk Menganalisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan Kecamatan Lengkiti The Use Of Importance-Performance Analysis In Evaluating Public Satisfaction With Population A’, Integrasi, 8(1), Pp. 32–39.

YAZID, M.A., WIJOYO, S.H. AND ROKHMAWATI, R.I. 2019 ‘Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Eucs (End-User Computing Satisfaction) Dan Ipa (Importance Performance Analysis)’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(9), Pp. 8496–8505. Available At: Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id.

YUDISTIRA, A. AND NOVITA, D. 2022 ‘Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (Eucs)’, Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(2), Pp. 176–188. Available At: Https://Doi.Org/10.35957/Jtsi.V3i2.3059.

YUSUF, V.G. AND SUBHAN, A. 2019 ‘Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index’, Sintesa, Pp. 333–342.

Diterbitkan

26-08-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sidawai Menggunakan End User Computing Statisfaction (EUCS) Dan Importance Performance Analysis (IPA). (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(4), 845-854. https://doi.org/10.25126/jtiik.1148906