Pengembangan Konten Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Tematik pada Siswa ABK Tunagrahita Di SMKN 2 Malang
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2025125Kata Kunci:
ABK tunagrahita, matematika, konten pembelajaran, pemahaman belajar, minat belajar, ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran matematika dengan pendekatan tematik khusus untuk siswa ABK tunagrahita di SMKN 2 Malang. Menindaklanjuti permasalahan pada hasil evaluasi penelitian sebelumnya yang telah dilakukanakni pengujian media pembelajaran matematika bernama SoulMath pada siswa ABK tunagrahita bahwa konten pembelajaran masih belum sepenuhnya sesuai dengan karakteristik dan tujuan pembelajaran siswa ABK tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE untuk perancangan dan evaluasi. Evaluasi fokus pada tingkat pemahaman dan minat belajar siswa. Penelitian dilakukan pada kelas X dan XI program keahlian perhotelan dengan partisipasi 13 siswa. Desain eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest, dengan analisis data meliputi analisis deskriptif dan uji paired sample t-test. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test memiliki distribusi normal, sehingga hipotesis H1 diterima, menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematika pada siswa ABK tunagrahita dengan penggunaan konten media pembelajaran. Selain itu, tingkat minat belajar siswa dinilai tinggi dengan nilai rata-rata 4,2 pada skala Likert, menunjukkan tingkat ketertarikan yang tinggi dalam pembelajaran. Keberhasilan media juga tercermin dari peningkatan rata-rata nilai pre-test sebesar 53,11 menjadi 83,88 pada post-test, dengan nilai signifikansi 0,000 yang menujukkan peningkatan signifikan. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya menarik minat belajar siswa, tetapi juga efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika.
Abstract
This study aims to develop mathematics learning materials with a special thematic approach for students with disabilities with disabilities at SMKN 2 Malang. Following up on the problems in the evaluation results of previous research that I have done, namely testing mathematics learning media called SoulMath on students with disabilities, that the learning content is still not fully in accordance with the characteristics and learning objectives of students with disabilities. The research method used is Research & Development (R&D), using the ADDIE model for design and evaluation. The evaluation focused on students' level of understanding and interest in learning. The research was conducted in classes X and XI of the hospitality skills program with the participation of 13 students. The experimental design used was One Group Pretest-Postest, with data analysis including descriptive analysis and paired sample t-test. The results of the normality test showed that the pre-test and post-test data had a normal distribution, so the H1 hypothesis was accepted, showing an increase in the understanding of mathematical concepts in students with disabilities with the use of learning media content. In addition, students’ learning interest was rated high, with an average score of 4,2 on the Likert scale, indicating a strong level of engagement in the learning process. The effectiveness of the media is also reflected in the increase of the average pre-test score from 53,11 to 83,88 in the post-test, with a significance value of 0.000, indicating a statistically significant improvement. These findings demonstrate that the developed learning media is not only engaging for students but also effective in enhancing their understanding of mathematical concepts.
Downloads
Referensi
AMANULLAH, A.S.R., 2022. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme. Jurnal Almurtaja: Jurnal PendidikanIslamAnak Usia Dini, 1(1), pp.1–14.
AULIA, R.P., PRIHATIN, J. and SISWATI, B.H., 2023. Hubungan antara Minat Belajar dengan Keberhasilan Belajar Siswa dengan Penerapan Buku Ajar Elektronik Sistem Ekskresi Berbasis Brain-Based Learning (BBL) Dilengkapi Video dan Diagram Roundhouse. Jurnal Pendidikan Biologi, [online] 10(1), pp.11–17. Available at: <https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL>
BASTIAN, A. and RESWITA, 2022. Model dan Pendekatan Pembelajaran. 1st ed. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
DEWI, P.A.C. and FREDLINA, K.Q., 2022. Pelatihan Digitalisasi Konten Pembelajaran Berbentuk Video di Masa Pandemi Bagi Guru di SMAN 1 Petang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), pp.4232–4235. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.931.
HANDAYANI, R., RARASAFITRI, T., RAHMAYANI, R., FADILLAH, J. and LUBIS, R.H.W., 2024. Strategi Pembelajaran dan Pendekatan Matematika. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), pp.179–185. https://doi.org/10.57251/tem.v3i2.1616.
IDEK, S., FONG, L.L., SIDHU, G.K. and HOON, T.S., 2014. The Use of Consciousness-raising Tasks in Promoting the Correct Use of the Verb “Be” among Students in Vocational Colleges. Theory And Practice In Language Studies, 4(9), pp.1792–1803.
IKHSANI, S.R., TANGAWUNISMA, A., SHOLEHA, A., DIVANKA, P. and SETIABUDI, D.I., 2023. Karakteristik Pembelajaran Tematik Yang Ideal Pada Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(1), pp.290–295.
IZZATURAHMA, E., MAHADEWI, L.P.P. and SIMAMORA, A.H., 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), p.216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.
KRISPHIANTI, Y.D., SETYAPUTRI, N.Y. and GUMILANG, G.S., 2021. Ground, Understand, Revise, Use (Guru) Untuk Percaya Diri Remaja SMK Bisa. 1st ed. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
NAINGGOLAN, Y.A., AFRIANTO, D., FACHROWI, W.M.A. and SAPUTRA, R., 2021. Efektivitas Metode Konten Pembelajaran Terhadap Mahasiswa. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional , 2(1), pp.85–98.
RAMDANI, N.G., FAUZIYYAH, N., FUADAH, R., RUDIYONO, S., SEPTIYANINGRUM, Y.A., SALAMATUSSA’ADAH, N. and HAYANI, A., 2023. Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), pp.20–31. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).2031.
SARAGIH, E.D., 2020. Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), pp.208–2018. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.343.
SETIANI, N., ROZA, Y. and MAIMUNAH, M., 2022. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), pp.2286–2297.
SIREGAR, M.D., PUTRAYAA, I.B. and SUDIANA, I.N., 2022. Pendekatan Pendekatan Tematik Dan Pendekatan Terpadu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasa. JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 8(2), pp.358–371. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.6999.
SUPANJI, T.H., 2023. Pemerintah Penuhi Hak Penyandang Disabilitas di Indonesia. [online] Kemenko PMK . Available at: <https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-penuhi-hak-penyandang-disabilitas-di-indonesia> [Accessed 15 April 2025].
TAMRIN, I., 2022. Optimalisasi Metode Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita. Ensiklopedia of Journal, 4(3), pp.260–265.
TANJUNG, R., SUPRIANI, Y., ARIFUDIN, O. and ULFAH, U., 2022. Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), pp.339–348. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.419.
TISZA, G. AND MARKOPOULOS, P., 2023. FunQ: Measuring the fun experience of a learning activity with adolescents. Current Psychology, 42(3), pp.1936–1956. https://doi.org/10.1007/s12144-021-01484-2.
UNTON, A.R., RIZAL, SUSANTO, A. and DINDA, W., 2023. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation(GI). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), pp.2932–2941.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).










