Analisis Sentimen Pada Sosial Media Twitter Terhadap Kualitas Jaringan Internet Telkomsel Menggunakan Ensemble K-Nearest Neighbour -Support Vector Machine

Penulis

  • Muchammad Farchan Fachrudin Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan
  • Cucun Very Angkoso Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan
  • Doni Abdul Fatah Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.1168713

Kata Kunci:

K-Nearest Neighbour, Support Vector Machine, Analisis Sentimen, Ensemble Learning, Jaringan Internet, Telkomsel

Abstrak

Di Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler, yang mengoperasikan layanan jaringan internet seluler melalui Telkomsel, merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan internet. Opini pengguna Telkomsel mengenai kualitas layanan jaringan internet sering dijadikan representasi kepuasan pengguna, yang menjadi indikator penilaian dan evaluasi bagi perusahaan. Analisis sentimen, dengan melakukan klasifikasi opini pengguna ke dalam kelas positif, negatif, atau netral, dapat digunakan sebagai metode untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap layanan tersebut. Dalam penelitian analisis sentimen ini menggunakan model algoritma machine learning yaitu K-Nearest Neighbour, Support Vector Machine, dan Ensemble KNN-SVM yang berbasis majority vote dan berbasis average. Dalam penelitian ini data yang diambil berasal dari Twitter dengan rentang waktu 7 Juli 2020 hingga 31 Desember 2022 dengan total jumlah data sebesar 30004 data dan diambil sampel yang diberi label sebesar 3900 data. Dari penggunaan data sampel tersebut, nilai akurasi pada model KNN pada K=15 memberikan hasil akurasi sebesar 83.21%, model SVM pada C=100 memberikan hasil akurasi sebesar 84.33%, model Ensemble KNN-SVM Majority Vote atau Hard Vote memberikan hasil akurasi sebesar 83.26%, dan model Ensemble KNN-SVM Average atau Soft Vote memberikan hasil akurasi sebesar 84.79%. Selain itu keempat model tersebut melakukan prediksi sentimen terhadap data yang belum dilabel dan keempat model tersebut memprediksi mayoritas sentimennya yaitu negatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa opini masyarakat terhadap kualitas layanan jaringan internet telkomsel adalah negatif. Secara keseluruhan, penggunaan model klasifikasi KNN, SVM, dan Ensemble KNN-SVM dalam melakukan analisis sentimen dapat dikatakan baik dan mampu untuk memprediksi sentimen pada sebuah data yang belum berlabel dan yang berlabel.

 

Abstract

In Indonesia, PT Telekomunikasi Cellular, which operates cellular internet network services through Telkomsel, is one of the internet service provider companies. Telkomsel users' opinions regarding the quality of internet network services are often used as a representation of user satisfaction, which is an indicator of assessment and evaluation for the company. Sentiment analysis, by classifying user opinions into positive, negative, or neutral classes, can be used as a method to measure user satisfaction with the service. This sentiment analysis research uses machine learning algorithm models, namely K-Nearest Neighbor, Support Vector Machine, and KNN-SVM Ensemble which are majority vote-based and average-based. In this study, the data taken came from Twitter with a period of July 7, 2020, to December 31, 2022, with a total amount of data of 30004 data and a labeled sample of 3900 data was taken. From the use of the sample data, the accuracy value of the KNN model at K = 15 gave an accuracy result of 83.21%, the SVM model at C = 100 gave an accuracy result of 84.33%, the KNN-SVM Majority Vote or Hard Vote Ensemble model gave an accuracy result of 83.26%, and the KNN-SVM Average or Soft Vote Ensemble model gave an accuracy result of 84.79%. In addition, the four models predict sentiment against unlabeled data and all four models predict the majority of sentiment is negative. So it can be concluded that public opinion on the quality of Telkomsel's internet network services is negative. Overall, the use of KNN, SVM, and Ensemble KNN-SVM classification models in conducting sentiment analysis can be said to be good and able to predict sentiment on unlabeled and labeled data.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ANANDA, F. D., & PRISTYANTO, Y. 2021. Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Layanan Internet Provider Menggunakan Algoritma Support Vector Machine. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 407–416. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1130

ARFAT, M. F., STYAWATI, NURKHOLIS, A., & KURNIAWAN, I. 2022. Analisis Sentimen Masyarakat Indonesia Terkait Vaksin Covid-19 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 7(2), 96–103.

ATMAJA, R. M. R. W. P. K., & YUSTANTI, W. 2021. Analisis Sentimen Customer Review Aplikasi Ruang Guru Dengan Metode BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(3), 55–62.

BAITA, A., PRISTYANTO, Y., & CAHYONO, N. 2021. Analisis Sentimen Mengenai Vaksin Sinovac Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (KNN). Information System Journal (INFOS), Vol.4(No. 2), 42–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v5i2.386

DIHNI, V. A. 2022, June 13. 5 Operator Seluler Favorit Masyarakat Indonesia Versi APJII. Kata Data Media Network (Databooks). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/13/5-operator-seluler-favorit-masyarakat-indonesia-versi-apjii

DOGAN, A., & BIRANT, D. 2019. A Weighted Majority Voting Ensemble Approach for Classification. 2019 4th International Conference on Computer Science and Engineering (UBMK), 1–6. https://doi.org/10.1109/UBMK.2019.8907028

HUANG, Y. 2023. Improved SVM-Based Soil-Moisture-Content Prediction Model for Tea Plantation. Plants, 12(12), 2309 https://doi.org/https://doi.org/10.3390/plants12122309

INDRIATI, & KUSYANTI, A. 2019. Metode Ensemble Classifier untuk Mendeteksi Jenis Attention Deficit Hyperactivity Disorder (SDHD) pada Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(3), 301–307. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019631313

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN BAHASA, & KEMENDIKBUDRISTEK. (n.d.). Apa itu teknologi? Retrieved 21 August 2023, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/teknologi

KHADIJAH, & KUSUMANINGRUM, R. 2019. Ensemble Classifier untuk Klasifikasi Kanker Payudara. IT Journal Research and Development (ITJRD), 4(1), 61–71. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3540

LESTARI, D. A., & MAHDIANA, D. 2021. Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor pada Twitter untuk Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Larangan Mudik 2021. Informatik: Jurnal Ilmu Komputer, 17(2), 123–131. https://doi.org/10.52958/iftk.v17i2.3629

MANCONI, A., ARMANO, G., GNOCCHI, M., & MILANESI, L. 2022. A Soft-Voting Ensemble Classifier for Detecting Patients Affected by COVID-19. Applied Sciences, 12(15), 7554. https://doi.org/10.3390/app12157554

RIZATY, M. A. 2023, February 3. Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023

SALSABILA, A., SIHOMBING, J. J., & SITORUS, R. I. 2022. Implementasi Algoritma Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Aplikasi OLX di Playstore. Journal of Informatics and Data Science, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.24114/j-ids.v1i2.42597

UMAIDAH, Y., & PURWANTORO. 2019. Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) dengan Pencarian Optimal untuk Prediksi Prestasi Siswa. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 3(2), 1–8. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/132

Diterbitkan

10-12-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis Sentimen Pada Sosial Media Twitter Terhadap Kualitas Jaringan Internet Telkomsel Menggunakan Ensemble K-Nearest Neighbour -Support Vector Machine. (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(6), 1253-1264. https://doi.org/10.25126/jtiik.1168713