Efisiensi Penggunaan Qris Dengan Merchant Presented Mode Dalam Transaksi Pembayaran Non-Tunai

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.1148570

Kata Kunci:

Efisiensi, Proses Bisnis, Merchant Presented Mode (MPM), Quick Response Code, QRIS

Abstrak

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan salah satu metode pembayaran non-tunai di Indo-nesia yang memanfaatkan standar kode Quick Response (QR) dengan lebih dari 29,4 juta merchant terdaftar. Seba-nyak 99% merchant yang berada di dalam daftar pengguna QRIS termasuk ke dalam usaha mikro, kecil, dan mene-ngah. Metode pembayaran QRIS tersusun atas 2 jenis kategori, yakni QRIS statis dan QRIS dinamis. Salah satu tujuan pemanfaatan QRIS adalah untuk meningkatkan efisiensi waktu yang digunakan untuk bertransaksi. Peman-faatan jenis QRIS yang tidak tepat dapat berakibat pada meningkatnya jumlah antrian dan membuat pengalaman berbelanja menjadi tidak memuaskan. Penelitian ini menginvestigasi efektivitas dan tingkat efisiensi penggunaan QRIS statis dan dinamis yang menggunakan Merchant Presented Mode (MPM) dalam transaksi belanja atau pem-bayaran transaksi non-tunai pada suatu merchant. Parameter efisiensi yang diukur dalam penelitian ini meliputi waktu yang digunakan dan jumlah langkah yang dibutuhkan oleh pengguna, yaitu pembeli dan penjual, untuk me-nyelesaikan transaksi menggunakan kedua jenis QRIS yang diteliti. Penggunaan sumber daya sistem dalam tran-saksi diabaikan sehingga menjadi batasan penelitian ini. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa pemanfaat-an QRIS dinamis yang dihasilkan melalui MPM dinilai mampu mempercepat proses transaksi tunggal di mana no-minal dana yang ditransaksikan berbeda-beda. Selain itu, dalam situasi di mana nominal dana yang ditransaksikan sama dan berulang, pemanfaatan QRIS dinamis juga dinilai mampu meningkatkan efisiensi koreografi proses bis-nis. Sehingga, penggunaan QRIS dinamis direkomendasikan untuk orkestrasi proses bisnis tunggal yang bervariasi serta dalam koreografi proses bisnis transaksi yang berulang.

 

Abstract

 

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) is a cashless payment method in Indonesia that utilizes the Quick Response (QR) code standard with more than 29.4 million registered merchants. More than 99% of QRIS merchants of micro, small, and medium businesses. The QRIS payment method is composed of two types of catego-ries, i.e., static QRIS and dynamic QRIS. One purpose of using QRIS in a shopping transaction is to improve and streamline the time used to complete the transaction. Improper use of QRIS in the transaction process could yield in increasing queues; thus, yielding unsatisfactory customer's shopping experience. This study investigates the effectiveness and efficiency of using cashless static and dynamic QRIS that uses Merchant Presented Mode (MPM) in the transaction process. The investigated parameters include the time required to complete the transactions and the number of steps required by users, i.e., buyer and seller, to complete the transactions using the two types of QRIS investigated. System resources usage is disregarded from the investigation; hence, the limitation of this study. The findings of this study suggested that the use of dynamic QRIS produced through MPM can shorten the local transaction process where the sum between transactions were different. Additionally, in a situation of repeating transaction, the use of dynamic QRIS is suggested to improve the efficiency of business process choreography. Thus, dynamic QRIS is recommended in varying single transactions and in a repeating transaction of business process choreography.

Downloads

Download data is not yet available.

Biografi Penulis

  • Aryo Pinandito, Universitas Brawijaya, Malang

    Google Scholar:

    https://scholar.google.co.id/citations?user=v9a4dvcAAAAJ&hl=en

     

    ID SCOPUS  :  56595142200

     

    ID SINTA  :  5993073

Referensi

ABDULLAH, K. et. al. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

AHAMED, M.D.S, dan MUSTAFA, H.A. 2019. Secure QR Code System for Sharing Perso-nal Confidential Information. 2019 Interna-tional Conference on Computer, Communi-cation, Chemical, Materials and Electronic Engineering (IC4ME2).

doi: 10.1109/IC4ME247184.2019.9036521

ARIFIYANTO, Z. 2014. Penggunaan media stop watch untuk meningkatkan hasil belajar ma-tematika pada siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Da-sar, 2(3).

Bank Indonesia. 2023. BI terus edukasi masyarakat dan pedagang/merchant agar terhindar dari upaya penyalahgunaan QRIS.

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_259323.aspx [Diakses 4 September 2023].

Bank Indonesia. 2020. QR code indonesian standard (QRIS). Tersedia melalu: Situs resmi Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/QR-Code-Indonesian-Standard.aspx

[Diakses 15 September 2023].

CHEN, R., YU, Y., XU, X., WANG, L., ZHAO, H., TAN, H.Z. 2019. Adaptive Binarization of QR Code Images for Fast Automatic Sorting in Warehouse Systems. Sensors. 19 (24): 5466. doi: 10.3390/s19245466.

COHEN, L., MANION, L., dan MORRISON, K. 2007. Research methods in education. Rout-ledge.

GALL, M. D., BORG, W. R., dan GALL, J. P. 1996. Educational research: An introduction. Longman Publishing.

GOMATHY, C.K., 2022. Design and Implementa-tion of a Secure QR Payment System. Inter-national Journal of Scientific Research in Engineering and Management (IJSREM), Vol. 06(12).

HUNG, S.H., YAO, C.Y., FANG, Y.J., TAN, P., LEE, R., SHEFFER, A., dan CHU, H.K. 2020. Micrography QR Codes. IEEE Tran-sactions on Visualization and Computer Graphics. 26 (9): pp. 2834–2847.

doi: 10.1109/TVCG.2019.2896895.

INSANI, E. 2013. Analisis pengaruh kenyamanan terhadap minat beli secara online pada pe-mesanan tiket kereta api melalui website res-mi PT KAI. Jurnal Sains Pemasaran Indone-sia, 12(3):241–260.

JOY, M.R., BAIRAVEL, S., dan DHANALAKSH-MI, R. 2021. Implementing QR Code–Based Contact Tracing Framework, 2021 Interna-tional Conference on System, Computation, Automation and Networking (ICSCAN), Puducherry, India, pp. 1-6,

doi:10.1109/ICSCAN53069.2021.9526486.

KUNCARA, T., PUTRA, A.S., AISYAH, N., dan VALENTINO, V.H., 2021, Effectiveness of the E-Ticket System Using QR Codes for Smart Transportation Systems. International Journal of Science, Technology & Manage-ment, 2(3), 900-907.

https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i3.236

LISTIAWATI, R., VIDYASARI, R., dan NOVITA-SARI, 2022. QRIS Efficiency in Improving Digital Payment Transaction Services for Culinary Micro-Small and Medium Enter-prises in Depok City. Operations Research: International Conference Series. Vol 3(2)

doi: 10.47194/orics.v3i2.133

MUCHTAR, E.H., TRIANTO, B., MAULANA, I., ALIM, M.N., MARASABESSY, R.H., HI-DAYAT, W., JUNAEDI, E., dan MASRI-ZAL. 2024. Quick response code Indonesia standard (QRIS) E-payment adoption: cus-tomers perspective. Cogent Business & Ma-nagement, 11(1).

doi: 10.1080/23311975.2024.2316044

MUNIARTY, P., DWIRIANSYAH, M.S., WULAN-DARI, W., RIMAWAN, M., dan OVRIYA-DIN, O. 2023. Efektivitas Penggunaan QRIS Sebagai Alat Transaksi Digital Di Kota Bima. Owner: Riset Dan Jurnal Akun-tansi, 7(3), pp. 2731-2739.

doi:10.33395/owner.v7i3.1766

NADA, D.Q., SURYANINGSUM, S., dan NEGA-RA, H.K.S. 2021. Digitalization of the Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Payment System for MSME Deve-lopment. Vol 4, No 3.

doi: 10.32535/jicp.v4i3.1358

PRATIWI, P.A., MATA, R., ANWAR, P.A., 2022. Study on the Effectiveness of Bank Indone-sia’s QRIS Payment System Policy Office of East Nusa Tenggara Province in Supporting MSME Economic Growth. Proceedings of the International Conference on Applied Science and Technology on Social Science 2022 (iCAST-SS 2022). doi: 10.2991/978-2-494069-83-1_64

PUSPITASARI, A.A. dan SALEHUDIN, I., 2022. Quick Response Indonesian Standard (QRIS): Does Government Support Contri-bute to Cashless Payment System Long-term Adoption? (March 20, 2022). Journal of Marketing Innovation (JMI) 2022, 1(2), 27-41. doi: 10.35313/jmi.v2i1.29

SALIM, A. dan NOFIANSYAH, D. 2023. Effi-ciency of the Use of QRIS on Increasing Sales at Le Garden Palembang Indah Mall. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 11(1), 54-62. doi: 10.46899/jeps.v11i1.415

SENDJAJA, T., RACHBINI, D. J., ASTINI, R., dan ASIH, D. 2023. The Effectiveness of QRIS Transaction Implementation During the COVID-19 Pandemic. International Journal of Science and Society, 5(5), 871-878. doi: 10.54783/ijsoc.v5i5.952

SETIAWAN, I. W. A. dan MAHYUNI, L. P. 2020. Qris di mata umkm: Eksplorasi persepsi dan intensi umkm menggunakan qris. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10:921. doi: 10.24843/eeb.2020.v09.i10.p01

SHARMA, S. dan SEJWAR, V, 2016, Implementa-tion of QR Code Based Secure System for Information Sharing Using Matlab, 2016 8th International Conference on Computational Intelligence and Communication Networks (CICN), pp. 294-297,

doi: 10.1109/CICN.2016.64.

SOENDJOTO, M. A. dkk. 2021. Buku Ajar Metode Ilmiah. CV. Banyubening Cipta Sejahtera, 1st edition.

World Bank Group, 2021, Focus Notes: The Use of Quick Response Codes in Payments. Part of the World Bank Fast Payments Toolkit

Youtap. 2023. 3 jenis QRIS, solusi pembayaran usa-ha.

https://www.youtap.id/blog/3-jenis-qris-solusi-pembayaran-usaha.

YUDISTIRA, H.R. dan LINA. 2022. Human Activity Recognition dari Rekaman Video Pengawas dengan Metode YOLO. Jurnal Ilmu Kompu-ter dan Sistem Informasi. Vol. 10(1). doi: 10.24912/jiksi.v10i1.1782

Diterbitkan

26-08-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Efisiensi Penggunaan Qris Dengan Merchant Presented Mode Dalam Transaksi Pembayaran Non-Tunai. (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(4), 805-816. https://doi.org/10.25126/jtiik.1148570