Aplikasi Resep Makanan Bergizi Membantu Pencegahan Stunting Menggunakan Metodologi Agile Framework Scrum
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.1148384Kata Kunci:
Agile, Mobile Application, Product Backlog, Resep Makanan, Scrum, StuntingAbstrak
Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa 1 dari 3 anak di Indonesia menderita stunting. Pola makan anak dapat menjadi salah satu faktor penyebab langsung yang bisa berdampak pada stunting. Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya pengetahuan ibu terhadap stunting dan gizi anak serta bagaimana memberikan makanan yang bergizi kepada anaknya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi resep makanan yang disertai informasi nilai gizi untuk balita. Penelitian ini menggunakan metodologi Agile dengan framework Scrum dengan penggunaan aplikasi Github Project sebagai alat pemantau aktivitas selama pelaksanaan proyek pembangunan aplikasi. Aplikasi dibangun dalam platform mobile menggunakan bahasa Dart dan framework Flutter. Temuan utama dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ibu mengenai stunting dan gizi anak yang sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI dan UNICEF serta memberikan kemudahan dalam penyesuaian perangkat lunak ketika terjadi perubahan kebutuhan selama pengembangan. Pengujian menunjukkan aplikasi berjalan dengan baik sesuai test case dan selesai tepat waktu dengan total 487 jam setara 61 hari kerja. Aplikasi ini menyajikan dan menyimpan resep makanan bergizi, menghitung status gizi balita, serta menyediakan informasi tentang isu stunting dan kalkulator stunting.
Abstract
The Indonesian Ministry of Health states that 1 in 3 children in Indonesia suffer from stunting. A child's diet can be one of the direct causative factors that impact stunting. The issue at hand is the lack of maternal knowledge regarding stunting and child nutrition, as well as how to provide nutritious food to their children. Based on this, the aim of this study is to develop a recipe application that includes nutritional information for toddlers. This research employs the Agile methodology with the Scrum framework, utilizing the GitHub Project application as a tool for monitoring activities during the application development project. The application was built on a mobile platform using the Dart language and the Flutter framework. The main finding of this study is an application that can enhance mothers' knowledge about stunting and child nutrition, in accordance with the recommendations of the Indonesian Ministry of Health and UNICEF, while also providing ease in software adjustment when changes in requirements occur during development. Testing showed that the application performed well according to test cases and was completed on time, with a total of 487 hours equivalent to 61 working days. The application presents and stores nutritious food recipes, calculates the nutritional status of toddlers, and provides information on stunting issues and a stunting calculator.
Downloads
Referensi
ALTALEB, A., ALTHERWI, M. dan GRAVELL, A., 2020. A pair estimation technique of effort estimation in mobile app development for agile process: case study. In: Proceedings of the 3rd International Conference on Information Science and Systems. pp.29–37.
ARCHDA, R. dan TUMANGGER, J., 2019. Hulu-Hilir Penanggulangan Stunting di Indonesia. Jurnal of Political Issues, 1(1), pp.1–9.
FEBRIYANTI, N.M.D., SUDANA, A.A.K.O. dan PIARSA, I.N., 2021. Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 2(3), pp.535–544.
HADI, S.P.I. dan RAHAYU, T.B., 2022. Pengembangan Aplikasi Sahabat Bunda| Cegah Stunting Berbasis Android Sebagai Upaya Pencegahan Dini Stunting. Embrio: Jurnal Kebidanan, 14(1), pp.84–96.
HADID, Q., APRILIA, F., DAMAYANTI, N. dan DARMAWAN, I., 2023. Penerapan Konsep Digitalisasi dalam Pencegahan Stunting melalui Aplikasi e-Health Simpati di Kabupaten Sumedang Tahun 2023. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11).
HADJI, S., TAUFIK, M. dan MULYONO, S., 2020. Implementasi Metode Scrum Pada Pengembangan Aplikasi Delivery Order Berbasis Website (Studi Kasus Pada Rumah Makan Lombok Idjo Semarang). Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Engineering.
HAQQIZAR, N., WIDYANINGSIH, T.W. dan DEWI, M.A., 2023. Agile Scrum Model for Development of e-Customer Relationship Management to Support Warehouse Rental Services. Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan), 6(2), pp.118–124.
HATIM, S.M. dan AFFANDEE, M.H.N., 2022. Food Recipe Mobile Application for The Senstives Using Application Programming Interface (API). Mathematical Sciences and Informatics Journal, 3(2), pp.47–54.
JARZĘBOWICZ, A. dan WEICHBROTH, P., 2021. A qualitative study on non-functional requirements in agile software development. IEEE Access, 9, pp.40458–40475.
KEMENTERIAN KESEHATAN RI, 2022. Status Gizi SSGI 2022.
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI, 2017. Survey Penggunaan TIK 2017.
KURNIASTUTI, I. dan KAMIL, A.S., 2019. Rancang Bangun Aplikasi Status Gizi Bayi Berbasis Android. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 4(1), pp.24–29.
MUNTHE, R.D., BRATA, K.C. dan FANANI, L., 2018. Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 2(7), pp.2679–2688. Available at: <https://jptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/view/1672>.
NEGORO, W.A., AMALIA, F. dan SANTOSO, E., 2019. Pengembangan Aplikasi Resep Masakan dengan Rekomendasi berdasarkan Bahan-Bahan Makanan Berbasis Web. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, p.964X.
PERMANA, A.A., PERDANA, A.T., HANDAYANI, N. dan DESTRIANA, R., 2021. A Stunting Prevention Application “Nutrimo”(Nutrition Monitoring). In: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing. p.12023.
PRASETYO, H., RADITA, N. dan TIRTANA, A., 2022. Aplikasi Manajemen Pendakian Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum. Teknika, 11(3), pp.180–189.
PRZYBYŁEK, A., ALBECKA, M., SPRINGER, O. dan KOWALSKI, W., 2022. Game-based Sprint retrospectives: multiple action research. Empirical Software Engineering, 27(1), p.1.
RAHMAN, S., MOLLAH, S.A., ANIRBAN, S., RAHMAN, M.H., RAHMAN, M., HASSAN, M.M. dan SHARIF, M.H., 2018. OSCRUM: A modified scrum for open source software development. International Journal of Simulation: Systems, Science and Technology, 19(3), pp.20–21.
ROJI, F.F., SETIAWAN, R., GUSDIANA, R., CAHYADIPUTRA, M.R. dan HAMDI, W.H., 2023. Implementasi Tanda Tangan Digital pada Pembuatan Surat Keterangan dengan Metodologi Scrum.Jurnal Algoritma, 20(1), pp.199–210.
RUBIN, K.S., 2013. Essential Scrum: A Practical Guide to The Most Popular Agile Process. Pearson Education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05155-0_4.
SETIAWAN, R., SUPRIATNA, A.D., HUDAWIGUNA, S. dan ROJI, F.F., 2021. Electronic culinary reservations based on Android with the Scrum methodology and Firebase database. In: IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. IOP Publishing. p.52091.
SIAGIAN, A.O., ANGGRAINI, N., BUDIHARJO, R. dan NURAINI, R., 2021. Agile Manajemen. Insan Cendekia Mandiri.
SUHARTINI, D. dan RAHMA, Y., 2023. Pemanfaatan Aplikasi Panduan Gizi Makanan Sebagai Media Pengontrol Gizi Balita untuk Pencegahan Stunting di Usia Dini pada Kelurahan Tegallega. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), pp.54–59.
UNICEF, WHO dan BANK, W., 2021. Levels and trends in child malnutrition UNICEF / WHO / World Bank Group Joint Child Malnutrition Estimates Key findings of the 2021 edition. [online] World Health Organization. Available at:<https://www.who.int/publications/i/item/9789240025257>.
WIŃSKA, E. dan DĄBROWSKI, W., 2020. Software development artifacts in large agile organizations: a comparison of scaling agile methods. Data-Centric Business and Applications: Towards Software Development (Volume 4), pp.101–116.
YORDANOVA, S. dan TOSHKOV, K., 2019. An Agile methodology for managing business processes in an IT company. Business Management, 3, pp.27–90.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).