Analisis Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Pengguna Layanan Paylater Dengan Pendekatan Regresi Linier
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.1148343Abstrak
Pelanggan suka membayar sekarang dengan uang tunai, kartu debit, dan perbankan online. Di sisi lain, mereka suka membayar nanti dengan pinjaman dan kartu kredit. Bayar nanti yang dikenal sekarang dengan nama paylater semakin populer, dan banyak orang lebih suka menggunakannya daripada cara pembayaran lainnya. Namun, paylater telah memiliki cukup banyak pelanggan untuk studi yang dapat melihat kepuasan pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mencari tahu faktor apa saja yang membuat pelanggan puas dengan layanan paylater. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan cara survei terhadap 280 mahasiswa dengan rata-rata kelompok usia 15-20 tahun, adapun faktor-faktor yang diteliti setelah dilakukan studi literatur untuk mencari kekuatan hubungan antara lima variabel independen : program studi, jenis kelamin, pendapatan bulanan, pengeluaran bulanan, dan kesadaran terhadap paylater terhadap variabel dependen, yaitu kepuasan konsumen terhadap layanan paylater, dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasilnya hanya dua variabel yang berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan yaitu program studi yang diasumsikan sebagai program studi teknik dan non teknik dan kesadaran terhadap paylater. Kami menyimpulkan bahwa jika ada latar belakang program studi teknik dan non teknik, dengan kesadaran terhdap paylater artinya pengtahuan dari paylater baik dari sisi keuntungan dan segala resikonya meningkat maka kepuasan pelanggan akan tercapai. Temuan penelitian ini menambah apa yang telah diketahui dengan menghubungkan kepuasan pengguna paylater dengan ide-ide yang telah diteliti di lingkungan teknologi lainnya.
Abstract
Customers like to pay now with cash, debit cards, and online banking. On the other hand, they like to pay later with loans and credit cards. Pay later known now as paylater is growing in popularity, and many people prefer to use it over other means of payment. However, paylater has had enough customers for a study that can look at user satisfaction. Therefore, this study tries to find out what factors make customers satisfied with the paylater service. The research method used is qualitative by means of a survey of 280 students with an average age group of 15-20 years, while the factors studied after conducting a literature study to find the strength of the relationship between the five independent variables: study program, gender, monthly income, monthly expenses, and awareness of paylater to the dependent variable, namely customer satisfaction with paylater services, were analysed using multiple linear regression. The results show that only two variables have a positive effect on customer satisfaction: study programme, which is assumed to be engineering and non-engineering study programme, and paylater awareness. We conclude that if there is an engineering and non-engineering study programme background, with an awareness of paylater meaning that the knowledge of paylater both in terms of benefits and risks increases, customer satisfaction will be achieved. The findings of this study add to what is already known by linking paylater user satisfaction to ideas that have been researched in other technology environments.
Downloads
Referensi
AGRAWAL, A., & GENTRY, J. W. 2020. Why do many consumers prefer to pay now when they could pay later? Journal of Consumer Affairs, 54(2), 607–627. https://doi.org/10.1111/joca.12292
AISAH, S. 2022. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian pada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater [repository.unisma.ac.id]. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4351
ALWI, S. (t.t.). An Empirical Study on the Customers’ Satisfaction on Fintech Mobile Payment Services in Malaysia. International Journal of Advanced Science and Technology, 28.
ARJUNWADKAR, P. Y. 2018. FinTech: The Technology Driving Disruption in the Financial Services Industry (1 ed.). Auerbach Publications. https://doi.org/10.1201/9781351036504
ARTINA, N. 2021. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan E-Money Di Kota Palembang. 11(1).
AWDES, O., & SURYA, F. 2022. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Penggunaan Fitur PayLater pada Aplikasi Shopee (SPayLater) Dengan Model UTAUT2. Accounting Information System, Taxes …, Query date: 2023-07-21 14:35:16. https://akuntansi.pnp.ac.id/aista/index.php/aista/article/view/13
BASDEKIS, C., CHRISTOPOULOS, A., KATSAMPOXAKIS, I., & VLACHOU, A. 2022. FinTech’s rapid growth and its effect on the banking sector. Journal of Banking and Financial Technology, 6(2), 159–176. https://doi.org/10.1007/s42786-022-00045-w
BENYTA PUTRI BAHADIANI & JUNITA RUTH ROSELYNE HUTAGALUNG. 2022. FENOMENA TINGGINYA KONSUMSI KELAS MENENGAH PADA SISTEM PINJAMAN ONLINE BERKEDOK HUTANG DAHULU BAYAR BELAKANGAN. Saskara : Indonesian Journal of Society Studies, 2(2), 46–60. https://doi.org/10.21009/Saskara.022.04
BERE, A. B. M., ANDRIANA, M., KAMILA, M. R., BUDIONO, S., & NOERLINA, N. 2022. Analisa Faktor dan Perkembangan Tren Fintech di Indonesia. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS), 4(3), 145–156. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v4i3.8584
DEUFEL, P., KEMPER, J., & BRETTEL, M. 2019. Pay now or pay later: A cross-cultural perspective on online payments. Journal of Electronic Commerce Research, 20(3), 141–154. Scopus.
DEVIA SS, V., & PUTRI, Y. K. W. 2022. Purchase Decision: Do the Paylater Ease and Consumer Satisfaction Affect It? (Case Study on Shopee Paylater and Gojek Paylater). SRIWIJAYA INTERNATIONAL JOURNAL OF DYNAMIC ECONOMICS AND BUSINESS, 6(2), 147. https://doi.org/10.29259/sijdeb.v6i2.147-164
DEWI, S., & TARIGAN, A. 2022. Pengaruh Religiusitas, Risiko, Penanganan Keluhan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah …, Query date: 2023-07-21 14:35:16. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jmbi/article/view/44486
EVIANA, V., & SAPUTRA, A. J. 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. 6.
FADHILA, F., & MARPAUNG, M. 2020. PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN PRODUK DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN SHOPEEPAYLATER.
HADAD, M. D. 2017. Financial technology (fintech) di Indonesia. Dalam Kuliah Umum tentang Fintech, Indonesia …. esy.iai-agussalimmetro.ac.id. http://esy.iai-agussalimmetro.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Fintec.pdf
Information System Department, School of Information Systems, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480, Setiawan, A. A., SILAEN, Y. E., ANDREAS, T., & OKTAVIA, T. 2022. Analysis of Intention to Use on Pay Later Payment System During COVID-19 Pandemic. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 12(3), 119–129. https://doi.org/10.46338/ijetae0322_14
IRADIANTY, A., & ADITYA, B. R. 2020. Indonesian Student Perception in Digital Payment. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(4), 518–530. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i4.2713
LAUDON, K. C., & LAUDON, J. 2014. Sistem Informasi Manajemen:Mengelola Perusahaan Digital (Edisi 13). Salemba Empat.
LIN, S.-J., & LIU, D.-C. 2009. An incentive-based electronic payment scheme for digital content transactions over the Internet. Journal of Network and Computer Applications, 32(3), 589–598. https://doi.org/10.1016/j.jnca.2008.08.003
LUBIS, N. R., RAHMA, T. I. F., & INAYAH, N. 2022. Pengaruh Pekerjaan, Pendidikan dan Pendapatan terhadap keputusan Masyarakat dalam Menggunakan Layanan Fintech Berbasis Online (Studi Kasus Masyarakat Kota Medan). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), Vol. 2 No. 2, 3438–3445.
MAINARDES, E. W., COSTA, P. M. F., & NOSSA, S. N. 2023. Customers’ satisfaction with fintech services: Evidence from Brazil. Journal of Financial Services Marketing, 28(2), 378–395. https://doi.org/10.1057/s41264-022-00156-x
MUTIA ANNUR, C. 2023, Juli 31. Survei Kredivo-KIC: Laki-laki Lebih Sering Transaksi di E-commerce Ketimbang Perempuan. Survei Kredivo-KIC: Laki-laki Lebih Sering Transaksi di E-commerce Ketimbang Perempuan.
NASUTION, N., & MUNIR, M. 2023. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Paylater dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Al-Buhuts, Query date: 2023-07-21 14:35:16. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ab/article/view/3493
PANJALU, D. A., & MIRATI, E. 2022. Analisis Pengaruh Minat Pengguna Fitur PayLater pada Aplikasi Shopee.
PRATIKA, Y., SALAHUDIN, S., RIYANTO, D. W. U., & AMBARWATI, T. 2021. Analysis of Pay Later Payment System on Online Shopping in Indonesia. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(3). https://doi.org/10.14414/jebav.v23i3.2343
PUTRA, H. R., & -, S. 2020. Analysis of Customer Satisfaction Factors on e-Commerce Payment System Methods in Indonesia. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(4). https://doi.org/10.14569/IJACSA.2020.0110463
RAHARDJO, B., IKHWAN, K., & SIHARIS, A. K. 2019. Pengaruh financial technology (fintech) terhadap perkembangan UMKM di Kota Magelang. Dalam Prosiding Seminar Nasional Fakultas …. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/275904019.pdf
SAPUTRA, V. R. J., & SUDARWANTO, T. 2023. Pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater Masyarakat Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2).
SARI, R. 2021. Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
SCOPUS. t.t. Research Pay-later or financial technology. Diambil 29 Agustus 2023, dari https://www.scopus.com/term/analyzer.uri?sort=r-f&src=s&sid=0e774fdcbbf7b01cba258cf82368d828&sot=a&sdt=a&cluster=scosubtype%2c%22ar%22%2ct%2c%22re%22%2ct%2bscopubstage%2c%22final%22%2ct%2bscosrctype%2c%22j%22%2ct%2bscolang%2c%22English%22%2ct&sl=107&s=TITLE-ABS-KEY%28pay+AND+later+OR+pay-later+OR+financial+AND+technology%29+AND+PUBYEAR+%3e+2012+AND+PUBYEAR+%3c+2024&origin=resultslist&count=200&analyzeResults=Analyze+results
SHI, Q., & SUN, X. 2020. A Scientometric Review of Digital Currency and Electronic Payment Research: A Network Perspective. Complexity, 2020, 1–17. https://doi.org/10.1155/2020/8876017
SUN, X. 2023. The Influence of Digital Currency Popularization and Application in Electronic Payment Based on Data Mining Technology: International Journal of Information Technologies and Systems Approach, 16(2), 1–12. https://doi.org/10.4018/IJITSA.323193
TANG, Y. M., CHAU, K. Y., HONG, L., IP, Y. K., & YAN, W. 2021. Financial Innovation in Digital Payment with WeChat towards Electronic Business Success. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(5), 1844–1861. https://doi.org/10.3390/jtaer16050103
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).