Kerangka Kerja Analisis dan Pemodelan pada Proses Bisnis berdasarkan BPI dan BSC

Penulis

  • Yoppy Mirza Maulana Universitas Dinamika, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20241128325

Kata Kunci:

analisis proses bisnis, balanced scorecard, pemodelan proses bisnis, strategical

Abstrak

Proses bisnis yang baik dan benar adalah proses yang dapat meningkatkan kinerja dan mewujudkan tujuan organisasi, oleh sebab itu analisis dan pemodelan pada proses bisnis (APPB) sangat diperlukan. Analisis proses bisnis adalah proses menilai proses bisnis yang saat ini sedang berjalan. Sedangkan pemodelan proses bisnis digunakan untuk memvisualisasikan dan menganalisis apakah proses bisnis sudah sesuai atau tidak dengan tujuan organisasi. Oleh karena itu APPB merupakan hal penting dalam meningkatkan pemahaman dan komunikasi antar stakeholder terhadap proses bisnis organisasi sehingga tercapainya tujuan organisasi. Permasalahan proses bisnis meliputi ketidakefektifan (inefectivity), ketidakefisienan (inefficiency), tidak terkendali (uncontrolled), kegagalan yang tumpang tindih (overlaping), tidak terintegrasi (unintegrated), kegagalan strategi (Strategical failure). Berdasarkan tema permasalahan tersebut bahwa penelitian sebelumnya belum membahas terkait permasalahan strategical failure, padahal permasalahan tersebut sangat penting karena pada dasarnya pengelolaan proses bisnis untuk tercapainya tujuan organisasi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan membuat kerangka kerja (framework) APPB dalam tema strategical berdasarkan Business Process Improvement (BPI) dan Balanced scorecard (BSC). Penelitian ini menghasilkan framework yang terdiri dari tiga fase yaitu 1) Alignment; 2) Analysis; 3) Modeling. Adapun kontribusi dari penelitian ini adalah membuat framework dengan menambahkan tahapan keselarasan (alignment) untuk pendekatan BPI. Dengan adanya tahapan alignment pada BPI memberikan solusi untuk APPB agar selaras antara proses bisnis dan tujuan organisasi. Untuk mengimplementasikan framework ini diperlukan studi kasus yaitu pada bagian Administrasi Akademik (AAK) Universitas Dinamika. Berdasarkan hasil implementasi tersebut, bahwa framework ini dapat dijadikan pedoman dalam melakukan APPB bagi organisasi lainnya.

 

Abstract

A good business process is a process that can produce better performance and realize organizational goals, therefore analysis and modeling in business process (AMBP) is needed. Meanwhile, modeling are used to visualize and analyze whether business processes are on target or not in achieving organizational goals. Therefore, AMBP is important, because it can increase understanding and communication between stakeholders regarding the organization's business processes in achieving organizational goals. Business process problems include ineffectiveness, inefficiency, uncontrollability, overlapping failures, unintegrated, and strategic failures. Based on these business process problems, previous research has not discussed the problem of strategy failure, even though AMBP is important to realize organizational goals. Therefore, this research aims to create a framework for analyzing and modeling business processes in strategic themes based on Business Process Improvement and the Balanced Scorecard. This research produces a framework consisting of three phases, namely 1) Alignment; 2) Analysis; and 3) Modeling. The contribution of this research is to create a framework by adding alignment stages to the BPI approach. With the alignment stages at BPI, it provides a solution for APPB to align business processes with organizational goals. To implement this framework, a case study is needed, namely in the Academic Administration (AAK) section of Dinamika University. Based on the results of this implementation, this framework can be used as a guideline in carrying out APPB for other organizations.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AFIF, A. M. AND PRASETYO, A. H. 2021. ‘Standarisasi dan Perbaikan Proses Bisnis dengan Pendekatan Business Process Improvement Pada Viseworks Studio’, Journal of Emerging Business Management and Entrepreneurship Studies, 1(1), pp. 211–225.

ALFIANNUR AL, M. 2023. ‘Perancangan Model Proses Bisnis Dan Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pada Pt Promedika Mitra Utama Samarinda’, Jurnal Teknologi dan Manajemen, pp. 1–2.

AZHARI, K. H. et al. 2021. ‘Analisis Dan Rancangan Manajemen Proses Bisnis Untuk Layanan Pelanggan Di Pt. PGAS Telekomunikasi Nusantara’, Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(1), pp. 48–68.

BAKHRUN, A. and HUTAHAEAN, J. 2021. ‘Proses Bisnis Layanan Medical Checkup (MCU) Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN)’, Jurnal Kesehatan Vokasional, 6(2), pp. 117–129.

DEWI, N. W. E. R. et al. 2023. ‘Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan Metode Business Process Improvement (BPI) pada Universitas X’, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 10(2), pp. 411–420.

HENDE, R. Y. L., SETIAWAN, N. Y. and MURSITYO, Y. T. 2018. ‘Perancangan Perbaikan Bisnis Proses Menggunakan Metode Business Process Improvement Pada Layanan Penerbitan Majalah (Studi Pada PT. East Java Liberty Coy)’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(3), pp. 1328–1336.

MARIK, N. A. N. and PRIHARSARI, D. 2023. ‘Pemodelan dan Evaluasi Proses Bisnis menggunakan Business Process Improvement ( BPI ) ( Studi Kasus : Bagian Humas Universitas Mataram )’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(2), pp. 827–835.

MAULANA, Y. M. et al. 2021a. ‘Framework of Strategic Alignment through Enterprise Architecture for Organization Performance’, in Proceedings - 2021 International Conference on Software Engineering and Computer Systems and 4th International Conference on Computational Science and Information Management, ICSECS-ICOCSIM 2021, pp. 512–517.

MAULANA, Y. M. et al. 2021b. ‘Framework of Strategic Alignment through Enterprise Architecture for Organization Performance’, Proceedings - 2021 International Conference on Software Engineering and Computer Systems and 4th International Conference on Computational Science and Information Management, ICSECS-ICOCSIM 2021, pp. 512–517.

MAULANA, Y. M. 2023a. ‘Model Perencanaan Proses Bisnis Berdasarkan Business Process Management Pada Universitas Dinamika’, Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), pp. 73–85.

MAULANA, Y. M. 2023b. ‘Tinjauan Naratif : Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis sebagai Perbaikan Proses Bisnis pada Organisasi’, Jurnal Teknologi dan Informasi, 13, pp. 1–16.

MAULANA, Y. M., AZMI, Z. R. M. and ARSHAH, R. A. 2023. ‘Modeling of Strategic Alignment to Modify TOGAF Architecture Development Method Based on Business Strategy Model’, International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 13(1), pp. 180–185.

PRAMUDITA, R. AND SAFITRI, N. 2019. ‘Metode Business Process Improvement Pada Perencanaan Kelas Cisco Academy STMIK Bina Insani’, Informatics for Educators and Professional, 3(2), pp. 185–194.

SETIYANI, L. AND RACHMAWATI, R. 2021. ‘Pemodelan Business Process Improvement Aplikasi Antrian Pengambilan Stnk (Studi Kasus : Kantor Kejaksaan Karawang)’, JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 11(2), pp. 1-7.

SUNOTO, A. 2020. ‘Evaluasi Proses Bisnis Akademik STIKOM Dinamika Bangsa Melalui Pendekatan Business Process Improvement’, Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 14(2), pp. 94–110.

SUTANDI, S. 2020. ‘Perbaikan Proses Bisnis Logistik Sampah di Kota Cirebon Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI)’, Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), pp. 64–73.

T. P. TSIRI, I. A. DANIYAN, K. M. 2022. ‘Development of a Business Process Modelling Framework for Continuous Improvements in Organisations’, IEEE Xplore.

YUNITA, Y., ADITYA, P. and EKAPUTRA, A. H. 2021. ‘Penerapan Teknik Esia untuk Perbaikan Proses Bisnis pada Sistem Keuangan PDAM Kota Samarinda’, Just TI (Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi), 13(2), pp. 51–60.

Unduhan

Diterbitkan

25-04-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Kerangka Kerja Analisis dan Pemodelan pada Proses Bisnis berdasarkan BPI dan BSC. (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(2), 349-356. https://doi.org/10.25126/jtiik.20241128325