Aplikasi Pedagang Keliling Menggunakan Teknologi Geolocation dan Cloud Messaging

Penulis

  • Eko Budi Setiawan Universitas Komputer Indonesia, Bandung
  • Ginanjar Tubagus Gumilar Universitas Komputer Indonesia, Bandung
  • Angga Setiyadi Universitas Komputer Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.1138294

Abstrak

Teknologi dan internet telah mengubah cara berbisnis, mulai dari proses pencarian ide bisnis hingga cara bertransaksi. Pedagang keliling saat ini justru mengalami kesulitan mendapatkan pelanggan atau pembeli karena persaingan dengan penyedia jasa pemesanan makanan secara online. Pembeli juga terkadang kesulitan mencari pedagang keliling yang dikehendaki karena tidak mengetahui lokasi pedagang keliling yang menjual jajanan yang sesuai keinginannya. Penelitian ini betujuan untuk memudahkan interaksi antara pedagang keliling dan pembeli. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan software development life cycle. Penelitian ini menghasilkan aplikasi responsive mobile web yang dapat diakses dengan mudah menggunakan web browser dan internet di ponsel apapun tanpa adanya persyaratan teknologi minimum. Teknologi geolocation pada penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan Mapbox sehingga dapat diketahui lokasi realtime dari pedagang keliling serta lokasi pembeli. Fitur notifikasi menggunakan Firebase Cloud Messaging sehingga dapat memberikan informasi ketika jarak dari pedagang keliling berada tidak jauh dari lokasi pembeli. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa fitur prediksi cuaca ketika berjualan keliling mendapatkan hasil akurasi yang tinggi sebesar 90% serta 89,5% pengguna menyetujui bahwa penerapan hasil penelitian ini dapat mempermudah pertemuan antara pedagang keliling dengan pembeli sehingga meningkatkan transaksi penjualan.

 

Abstract

 

Technology and the internet have changed the way business is done, from the process of searching for business ideas to the way transactions are carried out. Traveling merchants are having difficulty attracting customers due to competition from online food ordering applications. Buyers also find it difficult to find traveling merchants, because they don't know the location of the traveling merchants who sell the snacks they want. This research aims to facilitate interaction between Traveling merchants and buyers in carrying out transactions. The method used is using an agile software development approach. This research produces a responsive web application that can be accessed easily using a web browser and the internet on any cellphone without any minimum technology requirements. The geolocation technology in this research is implemented using Mapbox so that the real-time location of the traveling merchants and the location of the buyer can be known. The notification feature uses Firebase Cloud Messaging so it can provide information when the traveling merchants is not far from the buyer's location. Based on the test results, it was found that the weather prediction feature when selling around got high accuracy results of 90% and 89.5% of users agreed that the application of the results of this research could facilitate meetings between traveling sellers and buyers thereby increasing sales transactions.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ALZOUBI, H.M., ALSHURIDEH, M.T., KURDI, B. AL, ALHYASAT, K.M.K. dan GHAZAL, T.M., 2022. The effect of e-payment and online shopping on sales growth: Evidence from banking industry. International Journal of Data and Network Science, 6(4), pp.1369–1380.

ATMOJO, S., 2018. Teori Permutasi Dan Penggunaan Api Mapbox Untuk Pencarian Rute Terpendek. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(2), pp.37–44.

HE, Y.T., ZHANG, Y.C., HUANG, W., WANG, R.N., HE, L.X., LI, B. dan ZHANG, Y.L., 2023. Impact of digital economic development and environmental pollution on residents’ health: an empirical analysis based on 279 prefecture-level cities in China. BMC Public Health, 23(1), pp.1–20.

KUSTANTO, A., 2020. Pertumbuhan Ekonomi Regional Di Indonesia: Peran Infrastruktur, Modal Manusia Dan Keterbukaan Perdagangan. Buletin Studi Ekonomi.

MATSUURA, K., 2020. Security Evaluation Methods in Trust Infrastructure Based on Engineering and Economics. Impact, 2019(10), pp.24–26.

OLSON, E.M., OLSON, K.M., CZAPLEWSKI, A.J. dan KEY, T.M., 2021. Business strategy and the management of digital marketing. Business Horizons, 64(2), pp.285–293.

PRABOWO, G.T. and NUGROHO, A., 2019. Factors that Influence the Attitude and Behavioral Intention of Indonesian Users toward Online Food Delivery Service by the Go-Food Application. pp.204–210.

PRASETYO, D.B., MIFTAH, R.I. dan PERWIRA, R.I., 2019. Implementasi network notification system Dengan Menggunakan Teknologi Firebase Cloud Messaging (FCM) berbasis android. Telematika, 16(2), p.62.

PUTRA RAHMAT, M.A., NOFIYATI, N. dan PERMADI, I., 2023. Progressive Web App-Base Online Repair Shop Application Using Mapbox and Geolocation API. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(4), pp.883–892.

PUTRI, T.N., RIFNALDI dan SURMAYANTI, 2019. Penggunaan Bahasa Pemrograman PHP Dan MySQL Sebagai Penunjang Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Secara Online. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), pp.64–73.

QI, Z., TIJUN, F., TIJUN, F. dan YANG, S., 2023. Impact of traceability technology investment on supply chains for fresh product under pre-position warehouse mode. Journal of Industrial Engineering and Engineering Management, 37(4), pp.165–178.

RAWAT, K. dan KUMAR, S., 2022. A Meta-Analysis on the Determinants of Online Product Reviews with Moderating Effect of Product Type. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 11(6), pp.313–

RIZKI, M., 2022. Sistem Informasi Kebencanaan Daerah Kabupaten Bintan Berbasis Web dan MapBox API. Snistek, 4(10), pp.364–369.

SAARIKKO, T., WESTERGREN, U.H. dan BLOMQUIST, T., 2020. Digital transformation: Five recommendations for the digitally conscious firm. Business Horizons, 63(6), pp.825–839.

SAHRIAL, R., FAUZI, D.F. dan SUSILAWATI, E., 2022. Pemanfaatan Json Untuk Menampilkan Data Realtime Covid-19 Dengan Model View Presenter. Jurnal Teknoinfo, 16(1), p.144.

SANJAY, D. dan CHAUDHRY, K., 2022. Impact of business intelligence-enabled processes on banks’ performance in India. International Journal of Business Excellence, 27(3), pp.307–331.

SAPUTRA, K., FURQAN, M., ABIDIN, T.F. dan YUNADI, D.H., 2019. Google maps and Mapbox API Performance Analysis on Android-based lecture attendance application. Jurnal Natural, 19(3),

SAPUTRA, W., SETIAWAN, E.B. dan SETIYADI, A., 2019. Implementasi Push Notification dan Location Based Service Pada Aplikasi Smart Rekomendasi Wirausaha Untuk Pedagang Makanan Keliling. Ultimatics : Jurnal Teknik Informatika, 11(1),

SETIAWAN, E.B. and SETIYADI, A., 2021. Mapping application for Greater Bandung Area using Web Technology. Journal of Engineering Research (Kuwait), 9, pp.1–15.

SITI, H., 2020. Analisis Persaingan Usaha Pedagang Musiman di Ngebel Ponorogo ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 3(2), pp.37–44.

TRIPATHI, M.A., TRIPATHI, R., SHARMA, N., SINGHAL, S., JINDAL, M. dan AARIF, M., 2022. brief study on entrepreneurship and its classification. International journal of health sciences, pp.7685–7695.

Diterbitkan

31-07-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Aplikasi Pedagang Keliling Menggunakan Teknologi Geolocation dan Cloud Messaging. (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(3), 675-684. https://doi.org/10.25126/jtiik.1138294