Teknologi Realitas Virtual pada Perangkat Bergerak untuk Media Pengenalan Lingkungan Haji
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.938271Kata Kunci:
haji, realitas virtual, perangkat mobile, DSR, UATAbstrak
Kurangnya pengetahuan tata letak objek di lokasi haji seperti posisi tangga, pintu, dan lampu hijau sa’i serta pedoman haji mengharuskan calon jamaah haji untuk lebih giat dalam belajar dan berlatih manasik haji. Hal tersebut harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar sesuai ketentuan dan tidak menjadi haji yang sia-sia. Namun, untuk mempelajari dan berlatih praktik manasik haji langsung secara berulang-ulang tentunya memerlukan biaya dan tenaga lebih. Realitas virtual merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan virtual sehingga merasakan sensasi seperti di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pengenalan lingkungan haji dengan memanfaatkan teknologi realitas virtual. Penelitian ini menggunakan teknologi realitas virtual pada perangkat mobile untuk memudahkan calon jamaah haji mengeksplorasi lingkungan haji dimana saja jika dibandingkan dengan media cetak atau video. Diharapkan dengan media yang dikembangkan di penelitian ini dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan calon jamaah haji mengenai lokasi dan informasi yang ada pada setiap lokasi pelaksanaan jamaah haji. Penelitian ini menggunakan metode Design Science Research (DSR) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk dan mengevaluasi apakah produk sudah sesuai dengan tujuannya. Hasil evaluasi User Acceptance Test (UAT) menunjukkan bahwa pengujian fungsionalitas aplikasi menunjukkan 100% valid dan rata-rata pengujian non-fungsionalitas mencapai nilai 80,17% dengan kategori ”Sangat baik”.
Abstract
The lack of knowledge of the layout of objects in the location of the Hajj such as the position of stairs, doors, and sa'i green lights and Hajj guidelines requires prospective pilgrims to be more active in learning and practicing Hajj rituals. This must be prepared seriously so that the implementation of the Hajj pilgrimage can run smoothly according to the rules and not become a wasted Hajj. However, to learn and practice Hajj rituals directly on a regular basis certainly requires extra money and energy. Virtual reality is a technology that allows users to interact with virtual environments so that they feel sensations like in the real world. This research aims to develop a media recognition to the Hajj environment by utilizing virtual reality technology. This research uses virtual reality technology on mobile devices to make it easier for prospective pilgrims to explore the Hajj environment anywhere when compared to book or video media. It is expected that the media developed in this study can improve the experience and knowledge of prospective pilgrims regarding the location and information available at each location of the Hajj. This research uses the Design Science Research (DSR) method which aims to develop a product and evaluate whether the product is in accordance with its purpose. The results of the User Acceptance Test (UAT) show that the application functionality test is 100% valid and the average non-functionality test reaches a value of 80.17% in the category "Very good".
Downloads
Referensi
ALI, S.A.B., 2019. Ontology-Based Conceptual Model for Quality Assurance in Higher Education. Universiti Teknologi Malaysia.
ALSUBHY, A.M., ABI SEN, A.A., ALAHMADI, B.A., BAHBOUH, N.M. & ABI SEN, H.A., 2020. A Model for Tracking People and Property in Crowds. In: 2020 7th International Conference on Computing for Sustainable Global Development (INDIACom). [online] 2020 7th International Conference on Computing for Sustainable Global Development (INDIACom). New Delhi, India: IEEE. pp.244–248. https://doi.org/10.23919/INDIACom49435.2020.9083705.
ANSORI, M.S., KASANAH, S.U. & SIDIK, A.R., 2019. Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Ibadah Haji Bagi Peserta Didik, Guru, dan Wali Murid Melalui Pembelajaran Praktik Manasik Haji Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 1(1), pp.14–24. https://doi.org/10.28926/jppnu.v1i1.3.
BPKH, H., 2021. Penyebab Mengapa Banyak Jamaah Tersesat di Masjidil Haram - BPKH. Available at: <https://bpkh.go.id/penyebab-mengapa-banyak-jamaah-tersesat-di-masjidil-haram/> [Accessed 19 March 2024].
BPS, 2023. Badan Pusat Statistik. [online] Statistik Indonesia 2023. Available at: <https://www.bps.go.id/publication/2023/02/28/18018f9896f09f03580a614b/statistik-indonesia-2023.html> [Accessed 8 May 2023].
BRATA, K.C. & BRATA, A.H., 2018. Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Mendukung Pengenalan Koleksi Museum. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), pp.347–352. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853798.
BRUCK, L., HAYCOCK, B. & EMADI, A., 2021. A Review of Driving Simulation Technology and Applications. IEEE Open Journal of Vehicular Technology, 2, pp.1–16. https://doi.org/10.1109/OJVT.2020.3036582.
DITJEN PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH, 2020. Tuntunan Manasik Haji dan Umrah. [online] Jakarta: Kementerian Agama. Available at: <http://haji.kemenag.go.id>.
GREGÓRIO, J., REIS, L., PEYROTEO, M., MAIA, M., MIRA DA SILVA, M. & LAPÃO, L.V., 2021. The role of Design Science Research Methodology in developing pharmacy eHealth services. Research in Social and Administrative Pharmacy, 17(12), pp.2089–2096. https://doi.org/10.1016/j.sapharm.2021.05.016.
HAKIM, N., WAHYUDI, D., KHAIRUNNISA, A. & JAYANTI, S.H., 2021. Pemberian Pemahaman Kepada Masyarakat Tentang Pelaksanaan Haji dan Umrah di Masa Pandemi Covid-19. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), p.167. https://doi.org/10.32332/d.v3i2.3082.
HARYANTI, T., RAKHMAWATI, N.A., SUBRIADI, A.P. & TJAHYANTO, A., 2022. The Design Science Research Methodology (DSRM) for Self-Assessing Digital Transformation Maturity Index in Indonesia. In: 2022 IEEE 7th International Conference on Information Technology and Digital Applications (ICITDA). [online] 2022 IEEE 7th International Conference on Information Technology and Digital Applications (ICITDA). Yogyakarta, Indonesia: IEEE. pp.1–7. https://doi.org/10.1109/ICITDA55840.2022.9971171.
KABIR, A.M., NISA, S.T. & KHAN, M.M., 2021. A Virtual Reality (VR) Based Interactive and Educative Experience of Hajj and Umrah for the People of Bangladesh. In: 2021 IEEE 11th Annual Computing and Communication Workshop and Conference (CCWC). [online] 2021 IEEE 11th Annual Computing and Communication Workshop and Conference (CCWC). NV, USA: IEEE. pp.0170–0173. https://doi.org/10.1109/CCWC51732.2021.9375915.
KURNIAWAN, Y.I. & KUSUMA, A.F.S., 2021. Aplikasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Salat bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(1), p.7. https://doi.org/10.25126/jtiik.0812182.
MATSUN, M., RAMADHANI, D. & LESTARI, I., 2018. Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(1), p.99. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i1.23703.
NOOR, T.H., ATLAM, E.-S., MALKI, Z.S., ALZIGHAIBI, A.R., HASHIM, H. & EL-AGAMY, R., 2020. Android/iPhone Mobile Application for Quick Response Pilgrims Campaign Locator. Journal of Computer and Communications, 8(5), pp.1–13. https://doi.org/10.4236/jcc.2020.85001.
OTHMAN, M.K., NOGOIBAEVA, A., LEONG, L.S. & Barawi, M.H., 2022. Usability evaluation of a virtual reality smartphone app for a living museum. Universal Access in the Information Society, 21(4), pp.995–1012. https://doi.org/10.1007/s10209-021-00820-4.
PEFFERS, K., TUUNANEN, T., ROTHENBERGER, M.A. & Chatterjee, S., 2007. A Design Science Research Methodology for Information Systems Research. Journal of Management Information Systems, 24(3), pp.45–77. https://doi.org/10.2753/MIS0742-1222240302.
PRIYATNA, B., HANANTO, A.L. & NOVA, M., 2020. Application of UAT (User Acceptance Test) Evaluation Model in Minggon E-Meeting Software Development. SYSTEMATICS, 2(3), pp.110–117.
RIDWAN, 2022. Strategi Bimbingan Manasik Haji dalam Meningkatkan Keterampilan Jamaah Haji pada Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 4(2), pp.172–181. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v4i2.377.
ROSSA, H., HUDALLAH, N., SUNARKO, B. & MULWINDA, A., 2022. Virtual Reality-Based Hajj Manasik Practice Digitization System with 360 Degree Video. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), pp.4956–4970. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4199.
SUSANTO, T.D., 2020. Metode PENELITIAN SAINS-DESAIN (Design-Science Research). Notes Tony Dwi Susanto. Available at: <https://notes.its.ac.id/tonydwisusanto/2020/09/12/metode-penelitian-sains-desain-design-science-research/> [Accessed 9 April 2023].
SYARIF, E.E., MAN, N.N. & SIHOMBING, A.M., 2021. Problematika Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu kota Padang. AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 12(1), pp.43–53.
TAN, Y., NIU, C. & ZHANG, J., 2020. Head-Mounted, Display-Based Immersive Virtual Reality Marine-Engine Training System: A Fully Immersive and Interactive Virtual Reality Environment. IEEE Systems, Man, and Cybernetics Magazine, 6(1), pp.46–51. https://doi.org/10.1109/MSMC.2019.2948654.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).