Pengembangan Popup Storybook berbasis Augmented Reality sebagai Media Alternatif Pembelajaran Bercerita
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.938179Kata Kunci:
Augmented Reality, ARBook, smartphone, ADDIEAbstrak
Pembelajaran bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran untuk pengembangan karakter anak. Pada TKIT Thoybah Batu, Media yang digunakan dalam pembelajaran bercerita pada TKIT Thoybah adalah media buku cerita yang berisikan gambar dan teks bacaan cerita. Namun, dari hasil wawancara kepada guru pengajar dan siswa menunjukkan bahwa media ajar buku sudah kurang diminati sehingga hasil evaluasi belajar siswa dinilai tidak maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah media ajar baru yang dapat membantu siswa meningkatkan minat belajar dengan menggabungkan buku cerita dan media smartphone berbasis Augmented Reality yang biasa disebut ARBook. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai metode pengembangan ARBook dikarenakan tahapan yang terstruktur dan felksibel dalam pengembangan media ajar. Media pembelajaran ARBook yang telah dibuat divalidasi kelayakan oleh beberapa para ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan rata-rata 94% dan ahli materi mendapatkan rata-rata 91,6% yang menunjukkan bahawa hasil validasi kelayakan oleh ahli mendapatkan katagori sangat layak. Setelah validasi kelayakan oleh para ahli, media ARBook di ujikan kepada guru selaku pengguna untuk memvalidasi kesesuaian media dengan kebutuhan pengguna dan mendapatkan rata-rata 95,89% dengan kategori sangat layak. Dari hasil uji kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru pengajar, media ARBook dinilai sudah memenuhi kebutuhan pengguna dan dinilai layak untuk bisa diimplementasikan pada siswa TK guna meningkatkan minat belajar siswa.
Abstract
Storytelling learning is one of the learning methods for children's character development. At TKIT Thoybah Batu, the media that used in learning storytelling was storybook that containing illustrated pictures and text. However, based on student and teacher interviews result show that storybook is less popular that the results of student learning evaluations are considered not optimal. This research was conducted to create a new teaching media that can help students increase their interest in learning by combining storybooks and Augmented Reality-based smartphone media commonly called ARBook. This research uses the ADDIE development model as a method of developing ARBook due to the structured and flexible stages in the development of teaching media. The ARBook learning media that has been made is validated for feasibility by several experts, namely media experts and material experts. The validation results by media experts got an average of 94% and material experts got an average of 91.6%, which shows that the results of the feasibility validation by experts got a very feasible category. After validation of feasibility by experts, the ARBook media was tested on teachers as users to validate the suitability of the media to user needs and obtained an average of 95.89% in the very feasible category From the results of the feasibility test by media experts, material experts and teaching teachers, ARBook media was deemed to have met user needs and was considered suitable to be implemented with kindergarten students to increase students' interest in learning.
Downloads
Referensi
AINI, A. N., PRASETYOWATI, D., PRAYITNO, M., & Nugroho, A. A. 2021. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity (Beginner).
AINI, A. N., & PRASETYOWATI, D. 2021. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Unity (Intermediate).
BRANCH, ROBERT. 2010. Instructional design: The ADDIE approach. Springer.
IZZATY, S., TOLLE, H., RIZDANIA, & PERMANA, F. 2019. Augmented reality objects design in augmented story book mobile application for better engagement. International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE).
KAMIANA, AGUS & KESIMAN, MADE & PRADNYANA, GEDE ADITRA. 2019. PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VIRUS BERBASIS ANDROID. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI).
LUBIS, AZMIL & DASOPANG, MUHAMMAD. 2020. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.
SUDARMAYANA, I & KESIMAN, MADE & SUGIHARTINI, NYOMAN. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Book Simulasi Perkembangbiakan Hewan Pada Mata Pelajaran IPA Studi Kasus Kelas VI- SD Negeri 4 Suwug. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI).
SAPUTRA, HENDRA & SALIM, SALIM & IDHAYANI, NURUL & PRASETIYO, TRI. 2020. AUGMENTED REALITY-BASED LEARNING MEDIA DEVELOPMENT. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. 12.
ZAHRA, SOPA & HANDAYANI, SRI & HANDAYANI, MUSTIKA. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Hasil Perkebunan DI SMK PPN Lembang.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).