Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Program Keahlian DKV SMK Negeri 10 Malang

Penulis

  • Krisna Wahyu Saputra Universitas Brawijaya, Malang
  • Faizatul Amalia Universitas Brawijaya, Malang
  • Khalid Rahman Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.1078108

Kata Kunci:

media pembelajaran quizziz, hasil belajar, efektivitas, uji n-gain

Abstrak

Rendahnya hasil belajar yang didapatkan oleh siswa dikarenakan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif menjadi permasalahan bagi seorang guru di kelas. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas yang ditimbulkan dari adanya penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap suatu kelas penelitian yang dibandingkan dengan kelas penelitian yang lain. Penelitian ini lebih berfokus pada penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz menggunakan metode penelitian Quasy Experimental dengan jenis Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 10 DKV SMK Negeri 10 malang, dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 67 siswa yang terbagi pada kelas eksperimen dan kontrol. Pada proses pelaksanaannya ditemukan bahwa aspek kognitif hasil belajar yang didapatkan oleh siswa terdapat perbedaan yang ditunjukan dari hasil pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak jauh beda dengan rerata nilai untuk kelas kontrol sebesar 66,67 dan kelas eksperimen sebesar 62,67 dan untuk hasil posttest terdapat perbedaan yang signifikan di mana untuk rerata nilai posttest kelas kontrol sebesar 82,33 dan posttest kelas eksperimen sebesar 91,67. Kemudian dari hasil belajar tersebut terdapat pengaruh yang berdampak cukup efektif terhadap aspek kognitif dari hasil belajar yang didapatkan yang mana hal ini dapat diketahui dengan melakukan pengujian menggunakan Uji N-Gain sehingga dapat diketahui seberapa efektif penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz tersebut. Didapati hasil pengujian dari kelas eksperimen sebesar 79% dinyatakan efektif dan hasil pengujian dari kelas kontrol sebesar 36% dinyatakan tidak efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunanan media pembelajaran interaktif Quizizz dapat memberikan pengaruh dan hasil yang efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X DKV SMK Negeri 10 Malang.

 

Abstract

The low learning outcomes obtained by students due to the lack of use of interactive learning media is a problem for a teacher in the classroom. The implementation of this study aims to determine the influence and effectiveness arising from the use of Quizizz interactive learning media on a research class compared to other research classes. This research focuses more on the use of interactive learning media Quizizz using the Quasy Experimental research method with the type of Non-Equivalent Control Group Design. The population of this study was grade 10 students of DKV SMK Negeri 10 Malang, with the number of samples in this study as many as 67 students divided into experimental and control classes. In the implementation process, it was found that the cognitive aspects of learning outcomes obtained by students there were differences shown from the pretest results of the control class and experimental class were not much different from the average score for the control class of 66.67 and the experimental class of 62.67 and for the posttest results there was a significant difference where for the average posttest score of the control class was 82.33 and the experimental class posttest was 91.67. Then from the learning results there is an influence that has a fairly effective impact on the cognitive aspects of the learning outcomes obtained which can be known by testing using the N-Gain Test so that it can be known how effective the use of Quizizz interactive learning media is. It was found that the test results from the experimental class of 79% were declared effective and the test results of the control class of 36% were declared ineffective. So it can be concluded that the use of Quizizz interactive learning media can have an effective influence and results on the learning outcomes of grade X DKV students of SMK Negeri 10 Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

DARYANTO, 2011. Media Pembelajaran. BANDUNG: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

EKA RATNASARIANTI, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Bawakaraeng 2 kota Makassar. Skripsi, p.4.

HIDAYATI, I.D. AND ASLAM, A., 2021. Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038.

JOUBERT M DAME, JERRY WUISANG, R.M., 2022. Pengaruh Penggunaan Media Video dan Media Interaktif Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa MKN Negeri 2 Todano. Jurnal Pendidikan Ekonomi 3 (1), pp. 109-117, Universitas Negeri Manado, ISSN 2774-9185.

SAEFUDDIN, A. AND BERDIATI, I., 2014. Pembelajaran efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. BANDUNG: Remaja Rosdakarya.

SALAM, M.Y., MUDINILLLAH, A. AND AGUSTINA, A., 2022. Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), pp.2738–2746. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2467.

SOLIKAH, H., 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Bapala: Jurnal Mahasiswa UNESA, [online] 7(3), pp.1–8. Available at: <https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34508>.

SUPARDI, 2013. Sekolah efektif : konsep dasar dan praktiknya. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

TAFONAO, T., 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), p.103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

ZULKIFLI MATONDANG, ELY DJULIA, SRIADHI SRIADHI, J.S., 2019. Evaluasi hasil belajar. 1st ed. [online] Yayasan Kita Menulis, 2019. Available at: <https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=thDGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=apa+itu+hasil+belajar&ots=ZjVsjdgXTv&sig=CHFId3mqeUyGko54aFZlgXL6D0Y&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false>.

Diterbitkan

29-12-2023

Cara Mengutip

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Program Keahlian DKV SMK Negeri 10 Malang. (2023). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(7), 1651-1658. https://doi.org/10.25126/jtiik.1078108