Analisis Penerimaan Hulu Talent Yayasan Hasnur Centre menggunakan TAM
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.20241128097Kata Kunci:
analisis penerimaan, TAM, PLS-SEMAbstrak
Sistem penilaian kinerja karyawan di Yayasan Hasnur Centre masih menggunakan Google Form sederhana sehingga menimbulkan kendala dalam pengambilan keputusan Direktur Eksekutif terkait kinerja karyawan. Hal tersebut ditindaklanjuti Direktur Eksekutif dengan membuat Hulu Talent yang merupakan HR Platform berbasis Performance Management System. Disebabkan Hulu Talent baru diimplementasikan, dilakukan penelitian untuk mengukur tingkat penerimaan karyawan sebagai pengguna. TAM digunakan sebagai metode pengujian setiap faktor yang memberikan pengaruh penerimaan Hulu Talent dengan 4 variabel utama, yaitu PU, PE, BI, dan AU kemudian menambahkan variabel SC (Perceived Security) sebagai kebaruan untuk keamanan privasi dalam menjaga kepercayaan karyawan menggunakan sistem. Pengujian menggunakan metode survey kuesioner kuantitatif menggunakan teknik Simple Random Sampling berisi statement tertutup yang disediakan peneliti. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan pengguna Hulu Talent sebanyak 400 karyawan dengan sampel yang mengisi kuesioner sebanyak 328 responden. Data responden dianalisis menggunakan PLS-SEM untuk diolah menggunakan tools SmartPLS versi 4. Penelitian menghasilkan analisis hipotesis setiap faktor yang memberikan pengaruh terhadap penerimaan Hulu Talent Yayasan Hasnur Centre adalah variabel PE, PU, BI, dan AU, sedangkan variabel SC (Perceived Security) tidak dapat diterima.
Abstract
The employee performance assessment at Yayasan Hasnur Centre still utilizes a simple Google Form, causing challenges in the decision-making process for the Executive Director regarding employee performance. In response, the corporate has initiated the creation of Hulu Talent, an HR Platform based on the Performance Management System. Due the recent implementation of Hulu Talent, a study was conducted to measure the level of employee acceptance as users. The TAM was employed as the testing method for each factor influencing the acceptance of Hulu Talent, with four main variables: PU, PE, BI, and AU. Additionally, a SC (Perceived Security) variable was added as novelty to address privacy concerns and maintain employee trust in the system. The testing utilized a quantitative questionnaire survey method employing Simple Random Sampling with closed statements provided by the researcher. The research population comprised all 400 employees with 328 respondents completing the questionnaire. The respondent data was analyzed using PLS-SEM and processed using SmartPLS version 4. The results yielded hypothesis analysis indicating that each factor influencing the acceptance of Hulu Talent at Yayasan Hasnur Centre includes the variables PE, PU, BI, and AU, while the variable SC (Perceived Security) is not acceptable.
Downloads
Referensi
AL HASRI, M. V. & SUDARMILAH, E., 2021. istem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(2), pp. 249-260.
BUDIYANTO, C. K., 2022. Tranformasi Digital sebagai Bagian dari Strategi Pemasaran di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya Tahun 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(2), pp. 66-73.
CAROLL, A. B., 2021. Corporate Social Responsibility: Perspectives on the CSR Construct's Development and Future. Sage Journals, 60(6), pp. 1-21.
ELLISON, L. J., STEELMAN, L. A., YOUNG, S. F. & RIORDAN, B. G., 2022. Is 360 Degree Feedback Appraisal an Effective Way of Performance Evaluation?. Setting the stage: Feedback environment improves outcomes for a 360-degree-feedback leader-development program, 74(4), pp. 363-382.
ESABELLA, S., HAQ, M. & JULKARNAIN, M., 2022. The Administrative Governance of PKK Villages with Development of a Web-Based Information System. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika, dan Rekayasa Komputer, 21(3), pp. 513-524.
FAHMI, Z. & EVANITA, S., 2019. Pengaruh Iklan dan Perceived Security terhadap Minat Transaksi Pembayaran Berbasis e-Payment dengan Sikap sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(2), pp. 83-96.
GUPTA, S., ABBAS, A. F. & SRIVASTAVA, R., 2022. Technology Acceptance Model (TAM): A Bibliometric Analysis from Inception. Journal of Tellecommunications and the Digital Economy, 10(3), pp. 77-106.
HASSAN, M. A., SHUKUR, Z., HASAN, M. K. & AL-KHALEEFA, A. S., 2020. A Review on Electronic Payments Security. Symmetry, 12(8), pp. 1-24.
MAPPIGAU, E., 2023. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Mamuju. Growth: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 2(1), pp. 56-68.
MULYANI, A., KURNIADI, D. & PUTRI, M. H., 2023. Analisis Penerimaan Learning Management System Institut Teknologi Garut Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 10(4), pp. 843-850.
NASERI, R. N. N., AZIS, S. N. & ABAS, N., 2023. A Review of Technology Acceptance and Adoption Models in Consumer Study. FIRM Journal of Management Studies, 8(2), pp. 188-199.
NURFAIZAL, Y. & WAHYUDI, R., 2022. Analisis Penerimaan Sistem Informasi Manajemen BPJS Kesehatan Layanan Primary Care di UPTD Puskesmas Kabupaten Banyumas. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(5), pp. 977-984.
PRATAMA, A., WULANDARI, S. Z. & INDYASTUTI, D. L., 2022. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penggunaan Aplikasi PLN Daily (Studi Empiris Pada Pegawai PLN UP3 Tegal). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(3), pp. 355-368.
PURNOMO, M., MAULINA, E., WICAKSONO, A. R. & RIZAL, M., 2022. Technology Acceptance Model Pada UKM: Studi Pemetaan Sistematik. AdBispreneur Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), pp. 77-83.
PUTRI, I. G. A. M. A. D. & BADERA, I. D. N., 2022. Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi, 32(12), pp. 3692-3703.
ROBIE, C., MEADE, A. W., RISAVY, S. D. & RASHEED, S., 2022. Effects of Response Option Order on Likert-Type Psychometric Properties and Reactions. Educational and Psychological Measurement, 82(6), pp. 1107-1129.
SARI, N. N., 2022. The Use of Technology Acceptance Model to Explain Brand Attitude and Loyalty Intention in E-Commerce: The Gamification Use. ASEAN Marketing Journal, 14(1), pp. 72-96.
SUBOWO, M. H., 2020. Pengaruh Prinsip Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Aplikasi Ojek Online XYZ. Walisongo Journal of Information Technology, 2(2), pp. 79-92.
SUDARYONO, N. G. P., Fadhiil, M., Syarifah & Simanjuntak, E. R., 2023. Application of Technology Acceptance Model (TAM) In Telemedicine Application During COVID-19 Pandemic. Journal of World Science, 2(7), pp. 909-921.
SUDONO, F. S., ADIWIJAYA, M. & SIAGIAN, H., 2020. The Influence of Perceived Security and Perceived Enjoyment on Intention to Use with Attitude Towards Use as Intervening Variable on Mobile Payment Customer in Surabaya. Petra International Journal of Business Studies, 3(1), pp. 37-46.
SUKMA, D., HARDIANTO, R. & FILTRI, H., 2021. Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi COVID-19. ZONAsi Jurnal Sistem Informasi, 3(2), pp. 130-142.
SURYO, A. & UNTORO, W., 2023. Consumer Perceived Ease of Use and Consumer Perceived Usefulness in Using the Shopee Application in Surakarta with Discount as a Moderation Variable. European Journal of Business and Management Research, 8(4), pp. 13-19.
TANUJAYA, B., PRAHMANA, R. C. I. & MUMU, J., 2022. Likert Scale in Social Sciences Research: Problems and Difficulties. FWU Journal of Social Sciences, 16(4), pp. 89-101.
WINAYA, A. N. W., SETEMEN, K. & KESIMAN, M. W. A., 2022. Analisis Keberterimaan Pengguna Taring Dukcapil Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM), Delone & McLean dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(5), pp. 1091-1100.
WINGDES, I., KOSASI, S. & YULIANI, I. D. A. E., 2021. Perbandingan Metode Pengujian Teori TAM Pada Penerimaan Teknologi E-Money di Pontianak. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 1(1), pp. 26-33.
YAYASAN HASNUR CENTRE, 2023. Booklet HR Generalist. 1st penyunt. Banjarmasin: Yayasan Hasnur Centre.
YAYASAN HASNUR CENTRE, 2023. Yayasan Hasnur Centre. 1st penyunt. Banjarmasin: Yayasan Hasnur Centre.
ZEFRIYENNI, SEFRIANI, R. & SEPRIANA, R., 2022. Technology Acceptance Model: the Use of E-Study Aplications in E-Learning. Journal of Education Technology, 6(4), pp. 704-710.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).