Penerapan Human Centered Design dan Usability melalui User Experience Questionnaire pada Aplikasi Petani Aceh Smart

Penulis

  • Ridwan Ridwan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Bustami Bustami Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Maulidi Maulidi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20241127930

Kata Kunci:

user experience, user interface, Usability Quality

Abstrak

Sekitar 34% penduduk Aceh dari jumlah total angkatan kerja sebanyak 2.487.426 merupakan para pekerja pada sektor pertanian terutama pada sektor tanaman dan bahan makanan. Tahun 2022 produksi sayur-sayuran di Aceh sering mengalami fluktuasi yang mencapai 6,97%, kondisi ini berdampak besar pada tingkat inflasi dan membebani daya beli masyarakat. Perkembangan Teknologi Informasi berbasis aplikasi dapat menjadi satu solusi mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi Petani Aceh Smart (PAS) dirancang untuk membantu petani dalam mendapatkan data dan informasi dalam pengambilan keputusan tentang waktu tanam yang tepat dan jenis tanaman yang cocok berdasarkan prediksi cuaca dan harga lokal. Analisis user experience dan user interface (UI/UX) merupakan tahapan awal yang perlu didapatkan dari pengguna sebelum aplikasi dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method. Sampel penelitian sebanyak 30 orang yang terdiri dari 10 orang penyuluh, 5 orang pemerintahan dan 15 orang petani dari jumlah populasi masyarakat yang berprofesi petani dan pemerintah yang bekerja di dinas pangan Aceh. Metode Human Centered Design (HCD) digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna berdasarkan analisis UI/UX. Prototype yang telah dihasilkan kemudian dilakukan pengukuran tingkat usability menggunakan user experience questionnaire (UEQ). Hasil analisis didapatkan skala nilai attractiveness 1,88 (excellent), perspicuity 1.59 (above average), efficiency 1,85 (good), dependability 1,68 (good), stimulation 1,73 (excellent) dan novelty 1.58 (good). Hasil penelitian menunjukkan, kombinasi metode HCD dan UEQ menghasilkan protoype aplikasi PAS yang diterima sangat baik dan sangat sesuai dengan kebutuhan petani dalam mendapatkan data dan informasi untuk pengambilan keputusan tentang waktu tanam dan jenis tanaman sesuai prediksi cuaca dan harga lokal.

Abstract

Around 34% of Aceh's population of the total workforce of 2,487,426 are workers in the agricultural sector, especially in the crops and foodstuffs sector. In 2022, vegetable production in Aceh will often experience fluctuations reaching 6.97%, this condition has a major impact on the inflation rate and burdens people's purchasing. The development of application-based information technology can be a solution to overcome these problems. The Aceh Smart Farmer Application (PAS) is designed to help farmers obtain data and information in making decisions about the right planting time and suitable types of crops based on weather predictions and local prices. Analysis of user experience and user interface (UI/UX) is an initial stage that needs to be obtained from users before the application is developed. This research uses a mix method approach. The research sample was 30 people consisting of 10 extension workers, 5 government people and 15 farmers from the total population of people who work as farmers and the government who work in the Aceh food service. The Human Centered Design (HCD) method is used to meet user needs based on UI/UX analysis. The resulting prototype was then measured for the level of usability using a user experience questionnaire (UEQ). The results of the analysis showed that the value scale for attractiveness was 1.88 (excellent), perspicuity 1.59 (above average), efficiency 1.85 (good), dependability 1.68 (good), stimulation 1.73 (excellent) and novelty 1.58 (good). The research results show that the combination of the HCD and UEQ methods produces a PAS application prototype that is very well received and is very suitable for farmers' needs in obtaining data and information for making decisions about planting times and types of crops according to weather predictions and local prices.   

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ARIZKA, H., HASAN, I. dan ROSADA, I., 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fluktuasi Harga Cabai Rawit Di Pasar Barandasi, Kabupaten Maros. Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 1(2).

AZIS, M.A., AZ-ZAHRA, H.M. dan FANANI, L., 2019. Evaluasi dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(1), pp.529–537.

BUDIMAN, B., 2018. Perancangan Aplikasi Mobile Tempat Wisata (Studi Kasus: wilayah bandung). In Search, 17(01), pp.75–83.

DAMAYANTI, C., TRIAYUDI, A. dan SHOLIHATI, I.D., 2022. Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(1), pp.551–559.

GHRASTA, R.M., 2022. Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Ayo Beraksi Menggunakan Metode Human Centered Design.

GUSTI, S.R., n.d. Kontribusi Petani Milenial dalam Perkembangan Teknologi Pertanian.

HENIM, S.R. dan SARI, R.P., 2020. User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(1), p.471553.

HIDAYATI, N., ANWAR, S. dan RAHMAH, R., 2022. Peramalan Harga Cabai Merah Sebagai Upaya Menjaga Stabilitas Inflasi Kota Banda Aceh. AGRIEKONOMIKA, 11(1), pp.31–42.

HINDERKS, A., SCHREPP, M., MAYO, F.J.D., ESCALONA, M.J. dan THOMASCHEWSKI, J., 2019. Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire. Computer Standards & Interfaces, 65, pp.38–44.

HUMANIKA, M.A. and MAHARDHIKA, G.P., 2021. Perancangan Tampilan Antarmuka Website Trisno Motor Menggunakan Pendekatan HCD (Human-Centered Design). AUTOMATA, 2(2).

IDRIS, M.A., MAHARDHIKA, G.P. dan SURANTO, B., 2021. Perancangan UI/UX Aplikasi Perangkat Bergerak Ivent Menggunakan Pendekatan HCD (Human Centered Design). Automata, 2(1).

KARNAWAN, G., 2021. Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic. Jurnal Teknoinfo, 15(1), pp.61–66.

KIRBY, L., TOLLE, H. dan BRATA, A.H., 2019. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Social Crowdsourcing Bencana Alam menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), pp.4702–4709.

LAILY, A.N., ROKHMAWATI, R.I. dan HERLAMBANG, A.D., 2018. Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)(Studi Kasus: Djarum Beasiswa Plus). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), pp.3153–3161.

NINGSIH, M. dan MUZAKIR, A., 2021. Mengevaluasi User Interface Untuk Meningkatakan User Experience (Ux) Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus). In: Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS). pp.365–374.

PUTRA, R.R., PUTRA, E. dan HANDAYANI, S., n.d. User Interface Design for Citizen Data Grouping Information System Using Human Centered Design Method. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 20(2), pp.523–532.

PUTRO, S., KUSRINI, K. dan KURNIAWAN, M.P., 2020. Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul. Creative Information Technology Journal, 6(1), pp.27–37.

RAHMAYANI, M.T.I., FIRDAUS, R. dan TEKWANA, P., 2023a. Implementation of human centered design (HCD) Models in designing web-based information systems. Jurnal Mantik, 6(4), pp.3818–3826.

RAHMAYANI, M.T.I., FIRDAUS, R. dan TEKWANA, P., 2023b. Implementation of human centered design (HCD) Models in designing web-based information systems. Jurnal Mantik, 6(4), pp.3818–3826.

RAIHANI, R., ELFIDA, D. dan MAHNUN, N., n.d. “yang disukai itu adalah kondisi keragaman”: Studi Mixed-Method tentang Respons Siswa terhadap Keragaman di Kota Batam. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 4(2), pp.86–103.

ULWAN, A., 2021. Perancangan User Interface Aplikasi Absensi Berbasi Android Menggunakan Metode Human Centered Design Pada PT. Ofeq Inovasi. In: Prosiding Seminar Nasional. pp.208–214.

VERON, J.S., PRIMASARI, C.H., WIBISONO, Y.P., SIDHI, T.A.P. dan SETYOHADI, D.B., 2023. Analisis User Experience (UX) Aplikasi Virtual Reality Gamelan Bonang Barung Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1), pp.130–141.

WEDAYANTI, N.L.P.A., WIRDIANI, N.K.A. and PURNAWAN, I.K.A., 2019. Evaluasi Aspek usability pada aplikasi Simalu menggunakan metode usability testing. J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), 7(2), p.113.

Unduhan

Diterbitkan

25-04-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Penerapan Human Centered Design dan Usability melalui User Experience Questionnaire pada Aplikasi Petani Aceh Smart. (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(2), 297-306. https://doi.org/10.25126/jtiik.20241127930