Schedule Cat Feeder Berbasis Internet of Things Menggunakan Wemos D1 Mini dan Telegram
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.20241117847Kata Kunci:
kucing, IoT, Wemos D1 Mini, telegramAbstrak
Kucing merupakan hewan yang umum dipelihara oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Merawat kucing secara umum tidaklah sulit, namun pemberian makan secara teratur terkadang menjadi kendala bagi pemilik. Hal ini seringkali terjadi dikarenakan oleh kesibukan seperti pekerjaan atau perjalanan, sehingga tidak memungkinkan pemilik untuk memberi makan pada kucingnya. Sebagai solusi, penulis merancang sebuah perangkat pemberi makan kucing otomatis dengan memanfaatkan IoT. Metode yang digunakan adalah prototyping dengan tahapan antara lain; analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, pembuatan prototype, pengujian dan evaluasi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi bagi pemilik kucing yang sibuk, sehingga mereka tidak perlu khawatir terhadap pemberian makan pada kucingnya. Pada prototype ini dilakukan pengujian yang meliputi; menghitung waktu tanggap notifikasi Telegram, pengukuran berat pakan yang dikeluarkan, serta mengukur kapasitas pakan yang tersisa di dalam container. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat berhasil memberikan pakan sesuai jadwal, dengan waktu pengiriman notifikasi rata-rata 12.05 detik setelah eksekusi pemberian pakan. Rata-rata berat pakan yang dikeluarkan adalah 51.5gram dengan akurasi berat mencapai 96.98%, sedangkan kapasitas pakan berkurang 5.75% setiap kali pemberian. Selain itu, bot Telegram juga responsif terhadap perintah pengguna.
Downloads
Referensi
ABRIANTO, H.H., SARI, K. and IRMAYANI, D., 2021. Sistem Monitoring Dan Pengendalian Data Suhu Ruang Navigasi Jarak Jauh Menggunakan WEMOS D1 Mini. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 4(1).
AZIZA, N.J., KARNITA, R. and JANUARSA, A., 2021. MEMAHAMI PERILAKU, GESTUR DAN BAHASA TUBUH KUCING DOMESTIK TERHADAP MANUSIA MELALUI RANCANGAN APLIKASI MOBILE. Bandung.
DARNITA, Y., DISCRISE, A. and TOYIB, R., 2021. Prototype Alat Pendeksi KebakaranMenggunakan Arduino. Jurnal Informatika Upgris, 7(1).
DHARMAWAN, H.A., 2017. MIKROKONTROLER Konsep Dasar dan Praktis. [online] Malang: Universitas Brawijaya Press. Available at: <https://books.google.co.id/books?id=GQJODwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false> [Accessed 7 June 2023].
IBADILLAH, A.F. and ALFITA, R., 2021. MIKROKONTROLER DAN APLIKASINYA. Malang: Media Nusa Creative.
KHOIROH, S.H., RIDWAN, M. and MAFTUKHAH, S., 2022. Penerapan Logika Fuzzy Pada Rancang Bangun Alat Pakan Kucing Otomatis dan Monitoring Sisa Pakan Dengan Aplikasi Blynk. Jurnal Teknik Informatika Unis, 10(2), pp.206–207.
PRESSMAN, R. S., 2010. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Andi. Yogyakarta
PUSPITORINI, I. and SINTAWATI, I.D., 2021. PENERAPAN DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PREDIKSI PRODUK JENIS MAKANAN KUCING YANG SESUAI KEBUTUHAN DENGAN ALGORITMA DECISION TREE (ID3). Jurnal AKRAB JUARA, 6(4), pp.21–26.
RADARBOGOR.ID, 2019. Jelang Lebaran, Hotel Hewan di Kota Bogor Laris Manis. [Online] Available at: https://www.radarbogor.id/2019/05/29/jelang-lebaran-hotel-hewan-di-kota-bogor-laris-manis [Accessed 7 August 2023].
SADAD, M.A., NURPULAELA, L. and RAHMADEWI, R., 2023. Analisis Metode Fuzzy Logic Pada Sistem Pemberi Makan Kucing Otomatis Studi Kasus Makanan Kering. Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi (ELKOM), [online] 5(1), pp.16–27. https://doi.org/10.32528/elkom.v5i1.8544.
SANTIKA, E. F., 2023. Kucing Jadi Hewan Peliharaan Warga RI Terbanyak Menurut Rakuten Insight. [Online] Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/24/kucing-jadi-hewan-peliharaan-warga-ri-terbanyak-menurut-rakuten-insight [Accessed 19 September 2023].
SAMSUGI, S., NENENG and SUPRAPTO, G.N.F., 2021. Otomatisasi Pakan Kucing Berbasis Mikrokontroller Intel Galileo Dengan Interface Android. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 5(1), pp.143–152.
TANUWIJAYA, E., 2018. Rancang Bangun Aplikasi Penitipan Hewan Peliharaan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, [online] 4(3). Available at: <https://journal.maranatha.edu/index.php/jutisi/article/view/1471/1145>.
UTOMO, T.P., 2019. POTENSI IMPLEMNTASI INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PERPUSTAKAAN. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, [online] 2(1), pp.1–18. Available at: <https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15173/10069> [Accessed 10 June 2023].
WILIANTO and KURNIAWAN, A., 2018. SEJARAH, CARA KERJA DAN MANFAAT INTERNET OF THINGS. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [online] 8(2), pp.36–41. https://doi.org/10.31940/MATRIX.V8I2.818.
WIRANDA, M. and MYORI, D.E., 2022. Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Kucing Berbasis NodeMCU menggunakan Smartphone Android. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24036/jtein.v3i2.292.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).