Evaluasi Layanan Kesehatan Aplikasi Depok Single Window  dengan Metode System Usability Scale dan Heuristic Evaluation

Penulis

  • Amelinda Kusumaningtyas Universitas Gunadarma
  • Prihandoko Prihandoko Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20241117714

Kata Kunci:

evaluasi, aplikasi mobile, DSW, system usability scale, heuristic evaluation

Abstrak

Penerapan Smart City di Indonesia merupakan bentuk upaya pemerintah Indonesia dalam pengembangan dan pengelolaan daerah di era desentralisasi. Salah satu contoh implementasi ini adalah e-government di Kota Depok dengan meluncurkan aplikasi mobile bernama Depok Single Window (DSW). Aplikasi DSW merupakan aplikasi layanan publik yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Depok untuk meningkatkan kualitas layanan publik memanfaatkan potensi teknologi telematika secara baik. Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kepercayaan masyarakat terhadap keandalan aplikasi layanan publik, perlu diadakan evaluasi aplikasi. Untuk evaluasi ini maka digunakan 2 metode yaitu System Usability Scale (SUS) dan Heuristic Evaluation (HE).Data yang digunakan dalam Metode SUS merupakan data primer yang diperoleh langsung dari masyarakat Kota Depok melalui penyebaran kuesioner dengan Google Form. Data yang digunakan dalam Metode HE juga merupakan data primer yang diperoleh langsung dari para ahli yang memahami usability dari aplikasi mobile dan UI/UX dengan memberikan penilaian berdasarkan 10 prinsip heuristik Nielsen. Dalam Metode SUS didapatkan skor penilaian sebesar 68,75 yang menyatakan bahwa layanan kesehatan yang dievaluasi masih dibawah nilai minimal yang harus didapatkan. Sementara itu, evaluasi yang dilakukan dengan Metode HE menemukan total 13 masalah usability yang telah dievaluasi oleh para ahli. Masalah-masalah tersebut telah melanggar 8 dari 10 prinsip heuristik, yaitu Consistency and Standards, Visibility of System Status, User Control and Freedom, Aesthetic and Minimalist Design, Error Prevention, Recognize, Diagnose, and Recover from Errors, Recognition Rather Than Recall, dan Flexibility and Efficiency of Use.

Downloads

Download data is not yet available.

Biografi Penulis

  • Amelinda Kusumaningtyas, Universitas Gunadarma
    Mahasiswi Manajemen Sistem Informasi Universitas Gunadarma
  • Prihandoko Prihandoko, Universitas Gunadarma
    Deputy Director dan Dosen Senior Departemen Informatika Universitas Gunadarma

Referensi

BANGOR, A., KORTUM, P.T., dan MILLER, J.T. 2009. Determining what individual SUS scores mean: adding an adjective rating scale. Journal of Usability Studies archive, 4, pp. 114-123.

BANGOR, A., KORTUM, P.T. dan MILLER, J.T. 2008. An empirical evaluation of the system usability scale. International Journal of Human-Computer Interaction, 24(6), pp. 574–594. DOI:10.1080/10447310802205776.

BROOKE, J. 1995. SUS: A quick and dirty usability scale. Usability Eval. Ind, pp. 189-194.

BROOKE, J. 2013. SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies, 08(02), pp. 29-40.

FAULKNER, L. 2003. Beyond the five-user assumption: Benefits of increased sample sizes in usability testing. Behaviour Research Methods, Instruments, & Computers, 35(3), pp. 379-383.

HARDANI., AULIYA, N. H., ANDRIANI, H., FARDANI, R. A., AUSTIAWATY, J., UTAMI, J., SUKMANA, D. J., dan ISTIQOMAH, R. R. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu. ISBN: 978-623-7066-33-0.

HUGHES, J., AHLUWALIA, P., dan MIDHA, V. 2013. A heuristic evaluation instrument for e-government online software. Electronic Government, An International Journal, 10(1), pp. 1-18

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental. Jakarta: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

MILLER, R. B. 1968. Response time in man-computer conversational transactions. Proceedings of the December 9-11, fall joint computer conference, part I (AFIPS '68 (Fall, part I). Association for Computing Machinery, New York, USA, pp. 267–277. DOI: 10.1145/1476589.1476628.

NIELSEN, J. 1992. Finding usability problems through heuristic evaluation. Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (CHI '92). Association for Computing Machinery, New York, USA, pp. 373–380. DOI: 10.1145/142750.142834.

NIELSEN, J. (1993). Usability Engineering. Amerika: Academic Press. ISBN: 9780125184052.

NIELSEN, J dan MOLICH, R. 1990. Heuristic evaluation of user interfaces. Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (CHI '90). Association for Computing Machinery, New York, USA, pp. 249–256. DOI: 10.1145/97243.97281 69.

NIELSEN, J. 1994. How to Conduct a Heuristic Evaluation, [online] Tersedia di:<https://www.semanticscholar.org/paper/How-to-Conduct-a-HeuristicEvaluation-Nielsen/67259adaf6e77da5082395d6d5d043fb674c08ed#citingpapers> [Diakses 28 Desember 2022].

NIELSEN, J. 1994a. Enhancing the Explanatory Power of Usability Heuristics. Conferences of Human Factors in Computing Systems (CHI '94). Association for Computing Machinery, New York, USA, pp. 152-158. DOI: 10.1145/259963.260333.

NUGROHO, P. S. 2020. Analisis Data Penelitian Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Gosyen Publishing. ISBN: 978-602-5411-44-1.

PRASETYANINGTIAS, T., AZ-ZAHRA, H. M., DAN BRATA, A. H. 2018. Analisis Usability Pada Aplikasi Mobile E-Government Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Dengan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 02(11), 4647-4653. e-ISSN: 2548-964X.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

HERR, S., BAUMGARTNER, N., dan GROSS, T. 2016. Evaluating Severity Rating Scales for Heuristic Evaluation. Proceedings of the 2016 CHI Conference Extended Abstracts on Human Factors in Computing Systems (CHI EA '16). Association for Computing Machinery, New York, USA, pp. 3069–3075. DOI: 10.1145/2851581.2892454.

SHARFINA, Z dan SANTOSO, H. B. 2016. An Indonesian Adaptation of the System Usability Scale (SUS). ICACSIS 2016, pp. 145-148.

WIRANATA, M.A., dan WINOTO, C. (2023). Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Ojek Indralaya (Ojin) Menggunakan System Usability Scale. Jurnal JUPITER, 15(01), pp. 267-276.

Unduhan

Diterbitkan

29-02-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Evaluasi Layanan Kesehatan Aplikasi Depok Single Window  dengan Metode System Usability Scale dan Heuristic Evaluation. (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(1), 167-174. https://doi.org/10.25126/jtiik.20241117714