Evaluasi Kualitas Proyek Sistem Informasi Pelayanan Pemerintah Daerah Menggunakan Project Management Body of Knowledge

Penulis

  • Gde Brahupadhya Subiksa Politeknik Negeri Bali, Kabupaten Badung
  • Made Pasek Agus Ariawan Politeknik Negeri Bali, Kabupaten Bandung
  • , Ida Bagus Adisimakrisna Peling Politeknik Negeri Bali, Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.937657

Abstrak

Proyek Sistem Informasi Pelayanan Perizinan merupakan proyek Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar sebagai pelaksana pelayanan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Udayana. Proyek tersebut diawasi dan dikontrol langsung oleh Bidang Pengendalian Data dInformasi yang menangani pula sistem teknologi informasi pada dinas tersebut. Sebelum sistem tersebut dirilis kepublik dan dipergunakan oleh pemohon izindan pejabat terkait, perlu dilaksanakan evaluasi kualitas manajemen proyek tersebut, dengan tujuan mengukur dan memastikan sistem sudah layak dan dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengukur sejauhmana kualitas manajemen proyek sistem informasi pelayanan DPPMPTSP Kota Denpasar menggunakan Framework Project Management Body of Knowledge (PMBOK) pada area Project Management Quality. Pada penelitian ini mempergunakan Capability Maturity Model (CMM) yang bertujuan untuk untuk menilai tingkat kematangan (maturity level) dalam pengembangan sistem informasi pada proyek sistem pelayanan perizinan tersebut. Responden pada penelitian ini sebanyak 4 orang pegawai yang secara langsung bertanggung jawab dan mengawasi jalannya proyek sistem informasi pelayanan perizinan. Dalam Project Management Quality mencakup 3 process group atau area yang terlibat yaitu , execution dan monitoring & controlling. Kuesioner evaluasi manajemen proyek Sistem Informasi Pelayanan Perizinan telah dibagi berdasarkan 3 sub kelompok proses yaitu Plan Quality (PQ) yang terdiri dari 4 pernyataan, Quality Assurance (QA) terdiri dari 5 pernyataan, dan Quality Control (QC) terdiri dari 4 pernyataan. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengolahan data menemukan penilaian Plan Quality (PQ) memiliki nilai terendah yaitu 4,25 yang disebabkan belum terbitnya regulasi kerjasama dengan dinas terkait pelaksanaan sistem pelayanan perizinan, sedangkan pada Quality Assurance (QA) terdapat temuan bahwa saat ini Sistem Informasi Pelayanan Perizinan masih belum dirilis secara publik, pelaksanaan ujicoba hanya dilaksanakan sebatas di lingkungan tim pengawas dan tim informasi teknologi pada DPMPTSP Kota Denpasar. Berdasarkan diskusi yang dilaksanakan dengan pihak pemangku kepentingan disampaikan kedepannya akan dilaksanakan ujicoba pada skala yang lebih besar. Sedangkan pada Quality Control (QC) terdapat temuan bahwa belum diketahuinya bug atau masalah yang terdapat pada sistem, rencananya akan diujicoba dengan inputan data uji sebelum resmi dirilis secara publik.

 

 

Abstract

 

The Permit Service Information System Project is a project of the Investment and Integrated One-Stop Service Office (DPMPTSP) of Denpasar City as the service executor in collaboration with the Research and Community Service Institute of Udayana University. The project is directly supervised and controlled by the Data and Information Control Division, which also handles the information technology system at the office. Before the system is released to the public and used by permit applicants and relevant officials, an evaluation of the project management quality needs to be conducted to measure and ensure that the system is suitable and can be used according to regulations. Therefore, the objective of this research is to measure the quality of project management in the Permit Service Information System Project of Denpasar City using the Project Management Body of Knowledge (PMBOK) Framework in the area of Project Management Quality. This research utilizes the Capability Maturity Model (CMM) to assess the maturity level in the development of information systems in the permit service project. The respondents in this research are 4 employees who are directly responsible for overseeing the permit service information system project. Project Management Quality covers 3 process groups or areas involved: planning, execution, and monitoring & controlling. The questionnaire for evaluating project management in the Permit Service Information System has been divided into 3 subgroups of processes: Plan Quality (PQ) consisting of 4 statements, Quality Assurance (QA) consisting of 5 statements, and Quality Control (QC) consisting of 4 statements. Based on the calculation and data processing, it is found that the Plan Quality (PQ) assessment has the lowest value, which is 4.25, due to the absence of regulations for collaboration with related offices in the implementation of the permit service system. Meanwhile, in Quality Assurance (QA), it is found that the Permit Service Information System has not been publicly released yet, and the trial implementation has only been carried out within the supervision team and the information technology team at DPMPTSP Denpasar City. Based on discussions with stakeholders, it is planned to conduct trials on a larger scale in the future. As for Quality Control (QC), it is found that the system's bugs or issues are not yet known, and it is planned to be tested with test data input before being officially released to the public.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

PEMERINTAH KOTA DENPASAR, Universitas Udayana. 2015. Kesepakatan Tentang Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Pengembangan dan Penguatan Infrastruktur Daerah serta Peningkatan Kualitas SDM di Kota Denpasar.

WALIKOTA DENPASAR, 2017, “Perwali Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan di Kota Denpasar.

FADHLI M, WIRAPRAJA A, JAMALUDIN M, FAJRILLAH S, KOM M, NINGSIH SR, KOM S, KOM M, SITTI HARLINA SE, KOM M, NAZARUDDIN AHMAD MT. 2021. Manajemen Proyek Perangkat Lunak. Yayasan Kita Menulis; 2021 Nov 24. ISBN 978-623-342-312-0.

FARRAS, MUHAMMAD FAISHAL, IQBAL SANTOSA, AND LUTHFI RAMADANI. 2023. "Asesmen Dan Peningkatan Manajemen Proyek Sistem Informasi Pada Area Procurement Management Dan Quality Management Menggunakan PMMM (Studi Kasus: PuTI Universitas Telkom)." eProceedings of Engineering 10.2 (2023).

ULUM, MOH HAIDAR FAJRUL, MAHIFAN MUHAMMAD SYAFI'UDIN, AND MUHAMMAD AINUL YAQIN. 2021. "Perencanaan Manajemen Stakeholder di Pondok Pesantren Menggunakan Project Management Body of Knowledge (PMBOK)." ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics 3.2 (2021): 255-265. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v3i2.169.

GHIFARI, R. BILLIYAN MULKAN, ET AL. 2022. "Pemodelan Proses Bisnis Manajemen Proyek Berdasarkan Project Management Body of Knowledge (PMBOK)." ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics 4.1 (2022): 1-24. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v4i1.362.

ADIRA, VIZQY ABID. 2023. Implementasi Konsep 5d Building Information Modeling (Bim) Pada Proyek Gedung (Studi Kasus Smp Islam Al-Azhar 55 Jatimakmur). Diss. Universitas Siliwangi, 2023. https://doi.org/10.36341/racic.v7i2.3004.

PRIYADI, OKI, AND DANA INDRA SENSUSE. 2022. "Project Management Methodologies for Engineering KMS based on PMBOK Approach: A Systematic Literature Review." Proceeding of International Conference on Information Science and Technology Innovation (ICoSTEC). Vol. 1. No. 1. 2022. https://doi.org/10.35842/icostec.v1i1.2.

NUGRAHA, AGUSTIAN, KHAERUL UMAM, AND SITI ALIA. 2022. "Pemanfaatan data untuk pembuatan kebijakan dalam penanggulangan pengangguran di Kota Bandung melalui aplikasi Bandung Integrated Manpower Management Application (BIMMA)." Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah 4.3 (2022): 1-19. https://doi.org/10.15575/jbpd.v4i2.17740.

PRIYATNA, ADE, ET AL. 2022. "Analisis Desain Software Process Improvement Untuk Organisasi Pengembang Perangkat Lunak Skala Usaha Kecil." Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis 15.1 (2022): 191-195.

ROMPAS, LEIDY MAGRID. 2020. "Penerapan Teknologi Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Sistem Informasi Kontraktor Dan Konsultan (Studi Kasus Kota Manado)." TEKNO 18.74 (2020).

KESUMA, I NYOMAN RAI WIDARTHA; HERMADI, IRMAN; NURHADRYANI, YANI. 2023. Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi di Dinas Pertanian Gianyar Menggunakan COBIT 2019. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 513-522, juli 2023. ISSN 2528-6579. http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.20231026565.

WINTANG, SITI MAWAR RINI ET AL. 2023. Pengukuran Tingkat Kapabilitas Sistem Pengolahan Data Survei Pada Manajamen Kinerja Dan Manajemen Data Operasi Menggunakan Dmbok Dan Cobit 2019 Di BPS RI. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 573-582, juli 2023. ISSN 2528-6579. http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.20231036533.

ZAHRA, MEDINANURUL; KRAUGUSTE ELIANA,. 2023. Analisis Kualitas Performa Aplikasi Digital Banking X Menggunakan Framework ISO 25010. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 483-490, juli 2023. ISSN 2528-6579. http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.20231036326.

PUTRA, SATRIYA DWI; HERMAN, HERMAN; YUDHANA, ANTON. 2023. Audit Tata Kelola Academic Information System Menggunakan Framework Cobit 2019. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 467-474, juli 2023. ISSN 2528-6579. http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.20231036361.

Diterbitkan

31-07-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Evaluasi Kualitas Proyek Sistem Informasi Pelayanan Pemerintah Daerah Menggunakan Project Management Body of Knowledge. (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(3), 529-536. https://doi.org/10.25126/jtiik.937657