Pengembangan Knowledge Management System Ukiran Kayu Khas Bali Berbasis Artificial Intelligence
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.1067576Abstrak
Seni ukir kayu Bali adalah hasil karya dari para seniman ukir kayu asli Bali yang memiliki bakat luar biasa dalam beberapa dekade. Mereka bekerja dengan konsisten dan penuh dedikasi untuk menciptakan karya yang terbaik dan berkualitas tinggi. Selain itu, mereka selalu menyertakan filosofi spiritual yang mendalam dalam hasil karyanya. Begeh Ukir adalah UKM yang bergerak dalam industri seni ukiran Bali yang telah berdiri sejak tahun 2000. Produk utama yang disediakan adalah sanggah, yang secara harfiah berarti tempat ibadah. Kepercayaan Hindu percaya bahwa roh nenek moyang keluarga mendiami sanggah, di mana mereka ditempatkan di dalam sudut sakral atau di area kosong rumah. Dalam memfasilitasi dan meningkatkan pemahaman manajemen sumber daya manusia yang tergabung ke dalam UKM Begeh Ukir melalui KMS yang bertujuan agar pengetahuan bisa dapat berlanjut pada generasi penerusnya. Pengetahuan yang disimpan pada KMS berhasil dipetakan dalam bentuk Knowledge Mapping yang terdiri dari sanggah, bale, bahan dan filosofi. Metode KMSLC diterapkan pada pengembangan KMS berhasil mengembangkan chatbot AI berbasis NLP dengan presentase kebenaran knowledge yang dihasillkan sebesar 75%.
Kata kunci: Artificial Intelligence, Knowledge Management System, Website, Ukiran Bali
Abstract
Balinese wood carving art is the work of original Balinese wood carving artists who have extraordinary talent in decades. They work with full consistency and dedication to create the best and highest quality work. In addition, they always include a deep spiritual philosophy in their work. Begeh Ukir is an UKM engaged in the Balinese carving art industry which has been established since 2000. The main product provided is sanggah, which literally means a place of worship. Hindu beliefs believe that the spirits of the family's ancestors inhabit sanggah, where they are placed in sacred corners or in empty areas of the house. In facilitating and increasing understanding of human resource management who are members of the Begeh Carving UKM through KMS which aims so that knowledge can continue in the next generation. The knowledge stored in the KMS has been successfully mapped in the form of Knowledge Mapping which consists of objections, bale, materials and philosophy. The KMSLC method applied to the development of KMS succeeded in developing an NLP-based AI chatbot with a percentage of truth of the knowledge generated by 75%.
Downloads
Referensi
CAMBI EDITORE, C. 2020. "Balinese Woodcarving: A Heritage To Treasure."
REGIANTARA, I WAYAN AGUS, & SUTRISNA, I KETUT. 2020. "ANALISIS FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN UMKM PENGRAJIN UKIRAN KAYU DI KABUPATEN GIANYAR."
KURNIAWAN, PUTU SUKMA. 2020. "Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Teknologi Informasi bagi Pelaku UMKM di Desa Belatungan, Pupuan, Bali."
HAIKAL, M., FAZRI, F., AISAR, S., & FAKULTAS PERTANIAN. 2021. "SOSIALISASI BUDIDAYA SISTEM TANAM HIDROPONIK DAN VELTIKULTUR."
KRISTIYANTO, D. Y., & SUHARTONO, B. 2022. "Pemanfaatan Kelas Online Berbasis Knowledge Management pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Ungaran." Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(2), 274–281. Tersedia pada: http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
SHI, Y., JIA, Z., & GAO, W. 2017. "An Application of Knowledge Management System for Tourism Regions."
DALKIR, K. 2010. Knowledge Management in Theory and Practice. Elsevier.
AWAD, ELIAS M., & GHAZIRI, HASSAN M. 2004. Knowledge Management. Prentice Hall.
HERLIANA, A., SETIAWAN, V. A., & PRASETIO, R. T. 2018. "Penerapan Inferensi Backward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Tulang." JURNAL INFORMATIKA, 5(1), 50–60.
ABUBAKAR, A. M., ELREHAIL, H., ALATAILAT, M. A., & ELÇI, A. 2019. "Knowledge management, decision-making style and organizational performance." Journal of Innovation and Knowledge, 4(2), 104–114. doi: 10.1016/j.jik.2017.07.003.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).