Aplikasi Sistem Manajemen Konten Bahasa Mandarin untuk Mendukung Ujian Hanyu Shuiping Kaoshi
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201961757Kata Kunci:
Content Management System, HSK Mandarin, WebAbstrak
Persyaratan mahasiswa yang berminat menempuh studi atau mendapatkan beasiswa pendidikan ke Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan pengantar bahasa mandarin, adalah memiliki Sertifikat Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì (HSK). Nilai lulus ujian HSK untuk mendapatkan sertifikat HSK, sering menjadi kendala calon mahasiswa meraih kesempatan studi tersebut. Saat ini, penerapan Teknologi Informasi (TI) pada bidang pendidikan dan pengajaran semakin berkembang. Melalui pemanfaatan TI yang tersedia, dengan aplikasi berbasis Content Management System (CMS), penelitian ini dilakukan untuk membantu mengatasi kendala ujian HSK. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Aplikasi Sistem Manajemen Konten bahasa Mandarin yang menunjang kebutuhan ujian HSK. Aplikasinya dibuat dengan menggunakan yii framework dan berbasis web. Tahapan pembuatan aplikasi mengikuti pola Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan metode Waterfall yang mencakup kegiatan analisa kebutuhan, perancangan, implementasi dan uji coba modul serta perawatannya. Berdasarkan hasil pengujian, secara fungsional aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sementara pada analisa data kuesioner responden, dihasilkan nilai rata-rata 3,67 skala Likert. Dengan demikian aplikasi yang digunakan pengguna memberikan nilai cukup baik.
Abstract
One of the requirements to obtain a scholarship for educational abroad into overseas university which is using Mandarin as an academic language is the prospective applicants must have a Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì (HSK) Certificate. However, the result of their HSK exam is often becoming a constraint for the prospective students in grabbing the opportunity to get the scholarship. Meanwhile, nowadays, the application of Information Technology (IT) in the field of education is constantly widespread and developed well. So, this study was conducted to overcome the obstacles in the HSK exam, by utilizing the developement of Information Technology which is based on Content Management System (CMS). The purpose of this study is to provide a Mandarin Content Management System Application that supports the HSK exam. The application is made using the yii framework and is web-based. The stages of making the applications follow the pattern of the Systems Development Life Cycle (SDLC) with the Waterfall method which includes the analysis, design, implementation and trial of modules and its maintenance. Based on the test results, the application runs as expected. Meanwhile, the analysis of respondents' questionnaire data produced an average value of 3.67 Likert scale. Thus, the users who use this application give quite good results.
Unduhan
Referensi
AHMAD, F. , 2014. Perbedaan antara Frontend dan Backend. http://afahrurroji.net/, [Diakses : 30 September 2017].
BAMBANG, S.,2016. Study Abroad, China Ranking Three Foreign Student Goals (Studi Luar Negeri, China Peringkat Tiga Tujuan Mahasiswa Asing [Online], http://kabar24.bisnis.com/read/20160417/255/538754/, [Diakses : 20 April 2016].
DARMANTO, HARI, Y, dan HERMAWAN, B., Mobile Learning Application to Support Mandarin Language Learning for High School student. Imperial Journal of Interdiciplinary Research., Vo. 2, No. 4,. ISSN: 2454-1362 [Online], Tersedia: http://www.onlinejournal.in, [Diakses: 20 Maret 2016].
DARMANTO, YULIUS H., DAN BUDI H., “Model Rancang Bangun Sistem Manajemen Konten Bahasa Mandarin untuk Mendukung Standarisasi Ujian Hanyu Shuiping Kaoshi berbasis Android” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek, (SNPBS II) UMS, ISSN 2527-5333X, 2017.
DARMANTO, HARI, Y., & HERMAWAN, B., 2015. Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Mobile Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 4(1), 1-6.
DEWI S., 2014. Dampak positif dan negatif tes HSK online. [Online], https://dewisulistyowati2512.wordpress.com/category/tes-hsk/ [Diakses : 16 September 2017].
LUTHFI, S., 2018. Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML, https://www.academia.edu/19262530/Perancangan_Sistem_Berorientasi_Objek_Dengan_UML, [Diakses Januari 2018].
OLSON, P., 2007. PHP Manual. PHP Documentation Group. America
PAUW B. DAN NOVIANA L., Keterkaitan new HSK dan kurikulum bahasa Mandarin di perguruan tinggi. Jurnal LINGUA CULTURA Vol.8 No.1,hal. 16-21, May 2014.
PRESSMAN, R.S. & MAXIM, B.R., 2015.Software Engineering: A Practitioner’s Approach. Eighth Edition., Mc Graw Hill.
SU, Y. & SHIN, S., 2015. Test Review HSK. Iranian Journal of language Testing. Vol. 5 No.2. Oktober 2015. ISSN 2251-7324.
Uwika-mandarin.com [Online], 2017., Tersedia di http://www.uwika-mandarin.com/. [Diakses: 7 Oktober 2017].
XIE, F. (2017). Harian Kompas: China Tawarkan 200 Beasiswa [Online]. http://id.china-embassy.org/indo/gdxw/t1446801.htm, [Diakses : 29 September 2017].
yiiframework.com., 2017. Yii Framework website [Online], Tersedia di http://www.yiiframework.com/, [Diakses: 30 September 2017].
YUDHA, AULIA. (2016). Pengenalan sistem manajemen konten. https://developers.kudo.co.id/2016/09/15/,
[Diakses : Sept. 28, 2017].
YULIAN, F, SUPRIANTO, WIWIK, S., Game simulasi wirausaha berbasis model pembelajaran eksperiensial sebagai alternatif media pembelajaran di smk kelas XI. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol. 2, No. 1, hal. 59-66, April 2015.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).