Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Aplikasi Mobile Menggunakan Naïve Bayes berdasarkan Ulasan Pengguna Playstore (Studi Kasus : Jconnect Mobile)

Penulis

  • Alland Rifqy Putra Universitas Brawijaya, Malang
  • Dian Eka Ratnawati Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2025127556

Abstrak

JConnect Mobile merupakan salah satu aplikasi mobile banking di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Jatim. Hasil pengamatan pada ulasan playstore menunjukkan masih terdapat keluhan pengguna terkait aplikasi JConnect Mobile. Ulasan dari pengguna dapat dimanfaatkan sebagai sumber untuk melakukan peningkatan aplikasi. Salah satu cara untuk melakukan analisis pada ulasan pengguna yaitu dengan analisis sentimen. Penelitian ini melakukan analisis sentimen berbasis aspek untuk mengidentifikasi sentimen positif dan negatif pada ulasan pengguna. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ulasan pengguna terhadap aplikasi JConnect Mobile di playstore. Aspek yang digunakan yaitu tampilan, fitur dan performa, layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, pelabelan data, preprocessing teks, klasifikasi dan pengujian, analisis hasil. Klasifikasi dilakukan dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes dan pembobotan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Hasil dari analisis sentimen dilakukan Root Cause Analysis (RCA) untuk mengetahui akar permasalahan dari sentimen negatif. Hasil pengujian algoritma Naïve Bayes pada seluruh data didapatkan akurasi sebesar 93.1%, presisi 93.2%, recall 93.1%, dan f1-score 93.1%. Hasil RCA menemukan lima permasalahan utama yang dapat ditingkatkan dari aplikasi. Berdasarkan hasil RCA kemudian dilakukan penyusunan rekomendasi untuk dapat meningkatkan kualitas layanan dari aplikasi. Hasil penelitian ini menghasilkan rekomendasi yang telah diserahkan kepada pihak Bank Jatim sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dalam aspek tampilan, fitur, performa, dan layanan aplikasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

 

Abstract

JConnect Mobile is one of the mobile banking applications in Indonesia developed by Bank Jatim. Observations on playstore reviews show that there are still user complaints regarding the JConnect Mobile application. Reviews from users can be utilized as a source for making application improvements. One way to analyze user reviews is with sentiment analysis. This research conducts aspect-based sentiment analysis to identify positive and negative sentiments in user reviews. The data used in this study are user reviews of the JConnect Mobile application in PlayStore. The aspects used are appearance, features and performance, service. The methods used in this research are data collection, data labeling, text preprocessing, classification and testing, result analysis. Classification is done using the Naïve Bayes algorithm and Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) weighting. The results of sentiment analysis are carried out Root Cause Analysis (RCA) to find out the root causes of negative sentiment. The results of testing the Naïve Bayes algorithm on all data obtained an accuracy of 93.1%, precision of 93.2%, recall of 93.1%, and f1-score of 93.1%. The RCA results found five main problems that can be improved from the application. Based on the RCA results, recommendations are made to improve the service quality of the application. The results of this study resulted in recommendations that have been submitted to the Bank Jatim as evaluation and improvement materials in the aspects of appearance, features, performance, and application services to increase user satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ALQARYOUTI, O., SIYAM, N. & SHAALAN, K., 2019. A Sentiment Analysis Lexical Resource and Dataset for Government Smart Apps Domain. s.l., Springer, p. 230–240.

ASTUTI, S. P., 2020. Analisis Sentimen Berbasis Aspek Pada Aplikasi Tokopedia Menggunakan LDA dan Naïve Bayes, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

DEVIKA, M. D., SUNITHA, C. & GANESH, A., 2016. Sentiment Analysis: A Comparative Study on Different Approaches. Procedia Computer Science, Volume 87, pp. 44-49.

FAN, S., YAO, J., YANGYANG, S. & ZHAN, Y., 2020. A Summary of Aspect-based Sentiment Analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1624(2), p. 022051.

FIKRI, M. I., SABRILA, T. S. & AZHAR, Y., 2020. Perbandingan Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine pada Analisis Sentimen Twitter. Smatika Jurnal, 10(2), pp. 71-76.

JAYANI, D. H., 2021. Proyeksi Orang Dewasa yang Memiliki Rekening Bank Digital (2021-2026). [Online]

Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/07/pengguna-bank-digital-di-indonesia-diproyeksi-capai-748-juta-pada-2026

[Diakses 18 Februari 2023].

JCONNECT MOBILE, t.thn. JConnect Mobile. [Online]

Available at: https://play.google.com/store/search?q=jconnect+mobile&c=apps

[Diakses 3 Maret 2023].

NIELSEN, J., 2020. 10 Usability Heuristics for User Interface Design. [Online]

Available at: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/

[Diakses 23 July 2023].

PANGESTU, D. J. & KODAR, A., 2022. Implementasi Multinomial Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Sentimen Terhadap Pelayanan Perusahaan Otobus Menggunakan Data Facebook (Studi Kasus: Grup Facebook Murni Jaya Lovers). Jurnal pengembangan IT (JPIT), 7(3), pp. 156-160.

PARK, S. M. & KIM, Y. G., 2021. Root Cause Analysis Based on Relations Among Sentiment Words. Cognitive Computation, 13(4), pp. 903-918.

RAHMAWATI, D. et al., 2016. Penerapan Metode Rootcause Analysis (RCA) dalam Pengembangan Kawasan Wisata Cagar Budaya Kampung Kemasan, Gresik. Jurnal Penataan Ruang, 11(1), pp. 1-9.

RATNAWATI, F., 2018. Implementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter. Jurnal Inovtek Polbeng, 3(1), pp. 50-59.

ROONEY, J. J. & VANDEN HAUVEL, L. N., 2004. Root cause analysis for beginners. Quality Progress, 37(7), pp. 45-53.

SUN, Y., WONG, A. K. & KAMEL, M. S., 2009. Classification of imbalanced data: A review. International Journal of Pattern Recognition and Artificial Intelligence, 23(4), pp. 687-719.

WATI, R., ERNAWATI, S. & RACHMI, H., 2023. Pembobotan TF-IDF Menggunakan Naïve Bayes Pada Sentimen Masyarakat Mengenai Isu Kenaikan BIPIH. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 13(1), pp. 84-93.

YUTIKA, C. H., ADIWIJAYA & FARABY, S. A., 2021. Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Review Female Daily Menggunakan TF-IDF dan Naïve Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(2), pp. 422-430.

ZHAFIRA, D. F., RAHAYUDI, B. & INDRIATI, 2021. Analisis Sentimen Kebijakan Kampus Merdeka Menggunakan NaiveBayes Dan Pembobotan TF-IDF Berdasarkan Komentar Pada Youtube. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi (JUST-SI), 2(1), pp. 55-63.

Diterbitkan

24-04-2025

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Aplikasi Mobile Menggunakan Naïve Bayes berdasarkan Ulasan Pengguna Playstore (Studi Kasus : Jconnect Mobile). (2025). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 12(2), 293-300. https://doi.org/10.25126/jtiik.2025127556