Evaluasi User Experience Aplikasi “J-KOPI (Jember Kota Pintar)” Menggunakan Metode Survei Dengan User Experience Questionnaire Dan User Interview

Penulis

  • Pradiptya Kahvi Sugiharto Universitas Brawijaya, Malang
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya, Malang
  • Mochamad Chandra Saputra Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.1067430

Abstrak

Aplikasi J-KOPI (Jember Kota Pintar) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh DISKOMINFO Pemkab Jember. Aplikasi J-KOPI bertujuan untuk menjadi “SuperApps” yang menyediakan beragam informasi dan berbagai layanan masyarakat yang terintegrasi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jember dalam satu aplikasi. Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara dengan DISKOMINFO, ditemukan bahwa terdapat beberapa permasalahan yang terdapat pada aplikasi sehingga dapat menurunkan kualitas pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pengalaman pengguna pada aplikasi J-KOPI untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan user experience dan memperbaiki aspek-aspek yang perlu ditingkatkan. Evaluasi ini menggunakan metode UEQ (“User Experience Questionnaire”) untuk mengukur level pengalaman pengguna pada aplikasi dan User Interview untuk menemukan masalah yang lebih detail. Evaluasi awal dengan 30 responden yang terdiri dari mahasiswa, masyarakat umum dan OPD menunjukkan bahwa aplikasi J-KOPI memiliki level user experience yang netral dan kategori UEQ benchmark yang “Dibawah rata-rata”. Selain itu, ditemukan 4 topik permasalahan yang terdiri dari 11 poin permasalahan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan perancangan rekomendasi perbaikan yang dilanjutkan dengan pengujian ulang. Hasil perbaikan menunjukkan bahwa berhasil meningkatkan pengalaman pengguna terhadap seluruh aspek pada kuesioner UEQ dan peningkatan pengalaman pengguna pada benchmark UEQ untuk skala Attractiveness dan Stimulation mencapai kategori “sangat baik”. Sementara skala Perspicuity, Efficiency, Dependability dan Novelty mencapai kategori “baik”.

 

Abstract

The J-KOPI (Jember SmartCity) application is developed by the DISKOMINFO Jember Regency Government. The J-KOPI application aims to become "SuperApps" that provides a variety of information and various community services integrated with the OPD (local government agency) of the Jember Regency Regional Government in one application. Based on observations and interviews with DISKOMINFO, it was found that there were several problems with the application that could reduce the quality of the user experience. This research aims to evaluate the user experience on the J-KOPI application to improve problems related to user experience and improve aspects that need to be improved. This evaluation uses the UEQ ("User Experience Questionnaire") method to measure the level of user experience in the application and User Interviews to find more detailed problems. Initial evaluation with 30 respondents consisting of students, the general public and OPD showed that the J-KOPI application had a neutral user experience level and the UEQ benchmark category was "Below average". In addition, 4 problem topics were found which consisted of 11 problem points. Based on these problems, recommendations for improvement were designed, followed by retesting. The improvement results show that it has succeeded in improving the user experience for all aspects of the UEQ questionnaire and the increase in user experience on the UEQ benchmark for the Attractiveness and Stimulation scales reached the "very good" category. Meanwhile, the Perspicuity, Efficiency, Dependability and Novelty scales reached the "good" category.

Downloads

Download data is not yet available.

Biografi Penulis

  • Pradiptya Kahvi Sugiharto, Universitas Brawijaya, Malang
  • Satrio Hadi Wijoyo, Universitas Brawijaya, Malang
  • Mochamad Chandra Saputra, Universitas Brawijaya, Malang

Referensi

DISKOMINFO KABUPATEN JEMBER, 2022. Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Jember. [Online] Available at: https://diskominfo.jemberkab.go.id/

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN JEMBER, 2021. Perubahan Rencana Strategis (RENSTRA) 2021-2026 DISKOMINFO Jember. 2022, Available at: https://ppid.jemberkab.go.id/ppid-pelaksana/dokumen/26

GARRETT, J. J., 2011. The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web.Peachpit Press.

ISO 9241-210:2010. [online] Tersedia di: <https://www.iso.org/standard/52075.html> [Diakses 29 November 2022].

LAUGWITZ, B., HELD, T. & SCHREPP, M., 2008. Construction and Evaluation of User Experience Questionnaire. Springer-Verlag Berlin Heidelberg, pp. 63-76.

NORMAN, D. AND NIELSEN, J., 2017, “The Definition of User Experience (UX)”, Nielsen Norman Group,available at: https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience/ (accessed 16 Desember 2022).

RPJMD KABUPATEN JEMBER TAHUN 2021-2026. [Online] Available at: https://bappeda.jemberkab.go.id/publikasi/RPJMD

RAUSCHENBERGER, M., SCHREPP, M., COTA, M.P., OLSCHNER, S. & THOMASCHEWSKI, J. “Efficient measurement of the user experience of interactive products - How to use the User Experence Questionnaire (UEQ). Example: Spanish Language Version,” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, Vol. 2.

ROHRER, C., 2014. Nielsen Norman Group. [Online] Tersedia di:https://www.nngroup.com/articles/which-ux-research-methods/ [Diakses 29 November 2022].

SANTOSO, H. B. ET AL., 2016. Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environtment. The Journal of Educators Online-JEO, Volume 13, pp. 58-79.

SCHREPP, M., 2019. User Experience Questionnaire Handbook - All you need to know how to apply the UEQ succesfully in your projects.

SCHREPP, M., HINDERKS, A., & THOMASCHEWSKI, J. 2017. Construction of a benchmark for the user experience questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), 21-25.

SUGIYONO. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

The Interaction Design Foundation. 2022. What are User Interviews? (n.d).

[online] Tersedia di: <https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-interviews > [Diakses 02 Desember 2022]

User Experience Questionnaire. (2017). (Diakses 30 November 2022). Tersedia di: http://www.ueq-online.org/

Diterbitkan

30-12-2023

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Evaluasi User Experience Aplikasi “J-KOPI (Jember Kota Pintar)” Menggunakan Metode Survei Dengan User Experience Questionnaire Dan User Interview. (2023). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(6), 1389-1400. https://doi.org/10.25126/jtiik.1067430