Teknologi Text To Speech Menggunakan Amazon Polly Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Dengan Gejala Disleksia
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.1167426Abstrak
Disleksia adalah gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis dan mengeja. Perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan dalam semua bidang, termasuk pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus seperti disleksia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca menggunakan teknologi Text-To-Speech (TTS) dengan Machine Learning Amazon Polly yang ada pada AWS cloud. Penelitian menggunakan dua metode: review literatur dan eksperimen dengan pre-test dan post-test untuk menilai pengaruh teknologi terhadap kemampuan membaca. Review literatur dengan mengkaji kumpulan literatur dari penelitian terdahulu sebagai sumber data dan data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui pengaruh teknologi terhadap kemampuan membaca. Metode kedua adalah pengujian dengan alat ukur berupa pre-test & post-test yang terdiri dari 10 kata. Pengujian dilakukan sebanyak empat pertemuan dengan subjek penelitian 30 responden. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, yaitu merupakan analisis statistik yang memberikan gambaran secara umum mengenai karakteristik dari masing – masing variable penelitian yang dilihat dari nilai rata – rata (mean), maximum, minimum. Hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata 2,91, kelompok TTS menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata post-test 4,30 dibandingkan dengan kelompok visual 3,72. Data kuesioner menunjukkan aplikasi TTS mudah dimengerti dan diterima baik, dengan 90,9% responden melaporkan peningkatan kemampuan membaca. Analisis statistik deskriptif membuktikan teknologi TTS secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia.
Abstract
Dyslexia is a learning disorder characterized by difficulties in reading, writing and spelling. Current technological developments can be utilized in all fields, including in the learning of children with special needs such as dyslexia. This research aims to improve reading skills using Text-To-Speech (TTS) technology with Amazon Polly Machine Learning on the AWS cloud. The research used two methods: literature review, and experiments with pre-test and post-test to assess the effect of technology on reading ability. The literature review involves examining a collection of literature from previous research as a data source. The data obtained will be analyzed descriptively and qualitatively to determine the effect of technology on reading ability. The second method involves testing with measuring instruments in the form of a pre-test and post-test consisting of 10 words. Testing was carried out over four meetings with a research sample of 30 respondents. Then, the data are analyzed using descriptive statistical analysis, which provides a general description of the characteristics of each research variable as seen from the average (mean), maximum, and minimum values. The pre-test results showed an average score of 2.91. The TTS group showed significant improvement with a post-test average score of 4.30 compared to the visual group’s score of 3.72. Questionnaire data show that the TTS application is easy to understand and well received, with 90.9% of respondents reporting improved reading ability. Descriptive statistical analysis proves that TTS technology significantly improves reading abilities in dyslexic children.
Downloads
Referensi
AMRI, M. U. 2020. Asistif Teknologi Text To Speech Microsoft Onenote Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Disleksia Artikel Ilmiah Oleh : Muhammad Ulil Amri Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol 16. https://jurnalmahas iswa.unesa.ac.id/
ANDAMARI, S. R., & AMALIA, U. 2017. Implementasi Terapi Disleksia Berbasis Android dan Terapi Disleksia Verbal Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. Psikologia : Jurnal Psikologi, 2(1), 17. https://doi.org/10.21070/psikologia.v2i1.10 73
ANDRESEN, A., & MONSRUD, M. B. 2022. Assessment of Dyslexia–Why, When, and with What? Scandinavian Journal of Educational Research, 66(6), 1063–1075. https://doi.org/ 10.1080/00313831.2021.1958373
ASHSHIDIQI, M. H. 2020. Jurnal Pendidikan Khusus teknologi asistif text-to-speech ( tts ) pada kemampuan membaca pemahaman anak disleksia. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1). https://ejournal.unesa.ac.id/.
BENFATTO, M. N.,et al. 2016. Screening for dyslexia using eye tracking during reading. PLoS ONE, 11(12), 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.p one.0165508
CANO, S. R., ALONSO, P. S., BENITO, V. D., & VILLAVERDE, V. A. 2021. Evaluation of motivational learning strategies for children with dyslexia: A fordysvar proposal for education and sustainable innovation. Sustainability (Switzerland), 13(5), 1–15. https://doi.org/10.3390/su13052666
CARIANNE, B. 2017. From Novice to Expert: The Perceived Self-Efficacy of Teachers Implementing Orton-Gillingham with Children with Dyslexia - A Case Study. I-Manager’s Journal on English Language Teaching, 7(2), 51. https://doi.org/10.26634/jelt.7.2.13496
CHAI, J. T., & CHEN, C. J. 2017. Cognitive sciences and human development a Research Review : How Technology Helps to Improve the Learning Pro- cess of Learners with Dyslexia. 2(March), 26–43.
DEGIRMENCI, N., BAGLAMA, B., & YUCESOY,Y. 2020. The use of technology in Dyslexia: An analysis of recent trends. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(5), 30–39. https://doi.org/10.3991/IJET.V1 5I05.11921
KOIFMAN, J. 2017. Teaching Students With Specific Education Needs. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 4(3), 2349–5219. http://www.ldonline.org/article/19975/
MASTROPAVLOU, M., ZAKOPOULOU, V., CHRISTOU, T., NERANTZINI, M., &
LEKAKOU, M. 2020. The Design of New Digital Resources of Personalized Support of Reading Skills for Novice Readers and Children with Dyslexia: A Presentation of the iRead Software Linguistic Domain Models: New Digital Resources of Personalized Reading Support. ACM International Conference Proceeding Series, 241–245. https://doi.org/10.1145/3439231.3439279
OMAR, R., BUARI, N. H., MAJUMDER, C., & FEIZAL KNIGHT, V. 2021. Comparison of visual aids for improving reading performance in children with dyslexia. Medical Hypothesis, Discovery & Innovation in Optometry, 2(2), 85–93. https://doi.org/10.51329/mehdioptome try130
PRASETYA, Z. 2017. Metode Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, 1–84. http://eprints.umm.ac.id/
PURI. P, S. S. 2020. Understanding Learning As A Medium: HTML5 Computer Application For Children With Dyslexia. Conference.Loupias conference.Org. http://conference.loupiasconfe rence.org/
SASONGKO, H., KUSUMASTUTI, N. I., ALIFA, G. R., & RAHMAWATI, A. A. 2019. In-Vivo Analgesic And Anti-Inflammatory Effects Of Eel (Anguilla bicolor bicolor) Oil. Pharmaciana. https://doi.org/10.12928/pharma ciana.v9i1.9199
SUMARDI, S., AYU, A., & NAIM, M. 2019. Reading Habit Development with ICT Support for Students with Specific Learning Disabilities in Jember, Indonesia. 330(Iceri 2018), 200– 203. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.40
VASALOU, A., KHALED, R., HOLMES, W., & GOOCH, D. 2017. Digital games-based learning for children with dyslexia: A social constructivist perspective on engagement and learning during group game-play. Computers and Education, 114, 175-192. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.06.00 9
YANG, L. P., LI, C. B., LI, X. M., ZHAI, M. M., ZHAO, J., & WENG, X. C. 2022. Prevalence of developmental dyslexia in primary school children: a protocol for systematic review and meta-analysis. World Journal of Pediatrics,18(12),804–809.https://doi.org/10.1007/s1251 9-022-00572-y.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).