Kajian Strategi Pendidikan Vokasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Menghadapi Bonus Demografi

Penulis

  • Faizatul Amalia Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Malang
  • Waras Kamdi Universitas Negeri Malang, Malang
  • R. Machmud Sugandi Universitas Negeri Malang, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20231057305

Abstrak

Bonus demografi juga menjadi tantangan jika tidak mampu mengimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja. Agar lulusan dari SMK dapat terserap dengan baik, diperlukan adanya strategi atau cara dalam membekali lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan industri. Penelitian ini menggunakan Systematic Review (SR) atau yang secara umum disebut Systematic Literature Review (SLR). Langkah penelitian SLR yang digunakan dalam penelitian yaitu Planning, Conducting, dan Reporting. Planning menghasilkan pertanyaan penelitian yaitu bagaimana strategi Pendidikan vokasi dalam menghadapi bonus demografi. Conducting dilakukan dengan pencarian jurnal artikel penelitian dari google scholar dengan memanfaatkan operator Boolean yaitu: “kompetensi siswa” AND “SMK” and “TIK”. Jurnal yang terindeks nasional, memiliki ISSN atau E-ISSN menjadi sumber data dalam penelitian ini. Berdasarkan 46 artikel, diperoleh bahwa 10 faktor memengaruhi kompetensi siswa SMK khususnya program keahlian Teknik Informatika dan Komunikasi (TIK). Untuk mencapai kompetensi siswa SMK TIK dapat dilakukan dengan: penerapan model pembelajaran di kelas seperti problem based learning dan project based learning, penggunaan metode pembelajaran demonstrasi dan discovery learning, penggunaan strategi problem solving, media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan berupa e-learning, video, e-modul, software simulation, penggunaan fasilitas yang mumpuni di laboratorium, kurikulum yang disusun mencantumkan prakerin sebagai mata pelajaran yang harus diikuti oleh siswa, penggunaan perangkat pembelajaran melalui LKS berstruktur dan berbasis konstruktivisme, pembangunan sekolah kejuruan berdasarkan konsep corporate school,  kompetensi guru melalui keterampilan pedagogik, sosial dan kepribadian yang dapat mendukung peningkatan motivasi belajar yang nantinya memengaruhi kompetensi siswa, dan pengalaman prakerin dapat meningkatkan kompetensi siswa SMK.

 

Abstract

The demographic bonus is also a challenge if it is unable to match the availability of jobs. For graduates from Vocational High School (SMK) to be well absorbed, a strategy or method is needed to equip graduates with the competencies needed by the industry. This study uses a Systematic Review (SR) or what is generally called a Systematic Literature Review (SLR). The SLR research steps used in this research are Planning, Conducting, and Reporting. Planning generates research questions, namely how is the vocational education strategy in dealing with demographic bonuses? Conducting is done by searching research journal articles from Google Scholar by utilizing Boolean operators, namely: "student competence" AND "SMK" and "TIK". Journals that are nationally indexed, having ISSN or E-ISSN are the source of data in this study. Based on 22 articles, it was found that eight factors influenced the competence of SMK students, especially the Informatics and Communication Engineering (ICT) expertise program. To achieve the competence of ICT Vocational High School students, this can be done by: using problem-based learning, project-based learning, cycle 5E, genre pedagogic, education game, Student Teams Achievement Division (STAD), and blended learning as learning models, learning media that can be utilized in the form of e-learning, software simulation, metacognitive based, the use of qualified facilities in the laboratory, the curricula prepared include apprenticeship as a subject that must be followed by students, the use of learning tools through constructivism-based worksheets, the construction of vocational schools based on the concept of corporate school, the competence of teachers through pedagogic skills, social and personality that can support increased learning motivation which will affect student competence, and internship experience can increase the competency of SMK students.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

(BPS), B.P.S., 2023. Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2020-2022. [online] BPS. Available at: <https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html>.

(Kominfo), K.K. dan I., 2020. Komitmen Pemerintah Wujudkan Bonus Demografi yang Berkualitas. [online] Kemkominfoominfo. Available at: <https://www.kominfo.go.id/content/detail/27423/komitmen-pemerintah-wujudkan-bonus-demografi-yang-berkualitas/0/berita#:~:text=Bonus demografi yang dimaksud adalah,dari total jumlah penduduk Indonesia.>.

ABDULMAJID, N.W., PRAMUNTADI, A., RIYANTO, A.B. AND ROCHMAH, E., 2017. PENERAPAN E-LEARNINGSEBAGAI PENDUKUNG ADAPTIVE LEARNING DAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK DI KABUPATEN BANTUL. Jurnal Taman Vokasi, [online] 5(2), pp.170–182. Available at: <https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/2475/1471>.

ARDHI, M.R. AND SESMIARNI, Z., N.D. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMKN 3 Padangsidimpuan Sumatra Utara.

ARNANTO, G.C. AND TRIYONO, M.B., 2014. KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN INTERNETDI SMK SE-KOTA YOGYAKARTA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN. Jurnal Pendidikan Vokasi, [online] 4(318–329). Available at: <https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/2557/2111>.

ASTUTI, D. AND RETNAWATI, H., 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Konstruktivisme untuk Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, [online] V(1), pp.11–21. Available at: <http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1508056&val=447&title=Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi konstruktivisme untuk siswa SMK kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan>.

BAYU, D., 2022. Jumlah Sekolah di Indonesia Meningkat pada 2021/2022. [online] Data Indonesia.id. Available at: <https://dataindonesia.id/ragam/detail/jumlah-sekolah-di-indonesia-meningkat-pada-20212022>.

CIPTO, Y.A., HERLAMBANG, A.D. and Amalia, F., 2022. ENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITEBERDASARKAN GAYA BELAJAR DAN PRINSIP UNIVERSAL DESIGN OF LEARNING(UDL) UNTUK MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK NEGERI 12 MALANG. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK)2, 9(2), pp.409–418.

DARMAWAN, M., 2013. PENINGKATAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA KOMPETENSI PERAWATAN DAN PERBAIKAN PC DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. Eksis, [online] 6(2), pp.53–64. Available at: <https://vlabti.ukdw.ac.id/ojs/index.php/eksis/article/view/378/158>.

DEGNER, M., MOSER, S. AND LEWALTER, D., 2022. Digital media in institutional informal learning places: A systematic literature review. Computers and Education Open, [online] 3. Available at: <https://pdf.sciencedirectassets.com/777244/1-s2.0-S2666557321X00031/1-s2.0-S2666557321000392/main.pdf?X-Amz-Security-Token=IQoJb3JpZ2luX2VjEOn%2F%2F%2F%2F%2F%2F%2F%2F%2F%2FwEaCXVzLWVhc3QtMSJHMEUCIFT93kD%2FlJlQHQyWB%2BaVUcrRHXf3mfxP0%2FgG39cyT5jcAiEAg0AAMm>.

DEPDIKNAS, 2008. Pedoman Penyusunan LKS SMA. Jakarta: Depdiknas.

EFFENDI, EMPY; ZUANG, H., 2005. E-learning Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Andi.

ELISAH, 2015. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNEGOSIASI LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENRE PEDAGOGI SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), pp.81–94.

GHAFARA, S.T., SIMATUPANG, W., AMBIYAR, MUSKHIR, M. AND IRFAN, D., 2022. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID –PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK. Zonasi: Jurnal Sistem Informasi, [online] 4(Khusus), pp.1–17. Available at: <https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/12450/4581>.

HANIF, F.M., 2018. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SISWA KELAS X TKJ 1 SMKN 1 BANGKINANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), pp.1–13.

HANUM, F., SLAMET, L. AND SRIWAHYUNI, T., 2015. KONTRIBUSI MINAT BELAJAR DAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 AIR PUTIH KABUPATEN BATUBARA SUMATERA UTARA. VOTEKNIKA: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, [online] 3(1), pp.75–87. Available at: <https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/5171/4062>.

HATISARU, V. AND KÜÇÜKTURAN, A.G., 2009. Student views on problem-based learning of 9th grade industrial vocational high school. Procedia Social and Behavioral Sciences, [online] 1, pp.718–722. Available at: <https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042809001281>.

HENDI, A., CASWITA AND HAENILAH, E.Y., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), pp.823–834.

INDRAYANI, S., EDIDAS AND THAMRIN, 2018. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN SOFTWARE SIMULATION JARINGAN GNS3 DAN PACKET TRACER DALAM MENGATASI KETERBATASAN ALAT PADA KOMPETENSI WIDE AREA NETWORK (WAN) DI JURUSAN TKJ SMK NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG. VOTEKNIKA: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 6(1), pp.148–155.

IRDANI, N.T. AND SUTIKNO, T.A., 2013. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA SMKN 2 MALANG. Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan, 20(2), pp.37–44.

KETENAGAKERJAAN, P. PERENCANAAN, 2021. PROYEKSI KEBUTUHAN TENAGA KERJA DI PERUSAHAN BERDASARKAN KOMPETENSI PADA SEKTOR TEKNOLOGI INFORMATIKA & KOMUNIKASI PADA TAHUN 2022 - 2025. [online] Jakarta. Available at: <https://satudata.kemnaker.go.id/satudata-public/2022/04/files/publikasi/1650296308464_2021%2520-%2520Buku%2520Proyeksi%2520Kebutuhan%2520Tenaga%2520Kerja%2520Sektor%2520TI.pdf>.

KORIATY, S., NURCAHYO, R.W., RAMADHANI, D., FATMAWATI, E. AND LIWAYANTI, U., 2017. PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI JURUSAN TKJ SEKOTA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, [online] 6(1), pp.102–113. Available at: <https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/491/469>.

KRISNAWAN, I.K.M., CANDIASA, M. AND SUNU, G.K.A., 2013. KONTRIBUSI EKSPEKTASI KARIR, MOTIVASI BELAJAR SISWA, DAN KUALITAS SARANA LABORATORIUM TERHADAP KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM (STUDI PERSEPSI SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMK NEGERI 1 SUKAWATI). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1), pp.1–13.

LIDWAN, N., RIDWAN, W., LAHAT, M.A. AND ATAS, M.M. AL, 2020. PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK PKP 2 DKI JAKARTA. Jurnal AKRAB JUARA, [online] 5(4), pp.135–147. Available at: <https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/289776/1249-1-2084-1-10-20201105.pdf>.

MAJID, N.W.A., 2017. PROSES PEROLEHAN KOMPETENSI TIK MELALUI PROGRAM PRAKTIK INDUSTRI SISWA SMKN 2 PENGASIH KULON PROGO. Jurnal Pendidikan Vokasi, [online] 7(1), pp.14–29. Available at: <https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/12712/9193>.

NAFIAH, Y.N. AND SUYANTO, W., 2014. PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Vokasi, [online] 4(1). Available at: <https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/2540/2098>.

NURDIANAH, F. AND MAQ, M.M., 2021. Program Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, [online] 5(2), pp.220–229. Available at: <https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/56106/33795>.

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 103 TAHUN 2014 TENTANG PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH.[online] Available at: <https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014.pdf>.

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 50 TAHUN 2020 TENTANG PRAKTIK KERJA LAPANGAN BAGI PESERTA DIDIK.[online] Available at: <https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/156619/Permendikbud Nomor 50 Tahun 2020.pdf>.

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2008 TENTANG STANDAR SARANA DAN PRASARANA UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/ MADRASAH ALIYAH KEJURUAN(SMK/MAK).[online] Available at: <https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas40-2008SarprasSMK.pdf>.

PERWITASARI, D.F., 2013. Hubungan Fasilitas Praktikum TKJ di Sekolah, Kesesuaian Tempat Prakerin, dan Kompetensi TKJ Siswa dengan

Hasil Uji Kompetensi Keahlian. Jurnal Pendidikan Sains, [online] 1(4), pp.425–431. Available at: <http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1582858&val=4795&title=Relations in the School Facilities TKJ Practicum Conformity Prakerin place and Competence TKJ Students with Skills Competency Test Results>.

SAFITARIA, D. AND PRATAMA, A., 2020. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pelajaran Komputer & Jaringan Dasar X TKJ SMK Al Alif Blora. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 3(2), pp.26–31.

SANGEROKI, N.G., KAPARANG, D.R. AND ROMPAS, P.T.D., 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasidan Komunikasi, [online] 2(3), pp.319–331. Available at: <https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/5254>.

SEMBIRING, D.M. AND HAS, Z., 2019. FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KURANGNYA MINAT SISWA MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI KELAS X DI SMK KANSAI PEKANBARU. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 7(1).

SOEPRIJANTO, 2010. Daya Dukung Dunia Industri Terhadap Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) (Studi kasus terhadap pelaksanaan Prakerin siswa SMKN 27 Jakarta). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), pp.275–284.

SOPARI, S., ROESIDA, S.F. AND AMELIA, R., 2022. PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Syntax Transformation, 3(10), pp.1422–1433.

SUDIYONO, PERDANA, N.S., SULISTIONO, A.A. AND MURDIANINGRUM, Y., 2020. ANALISIS DAYA SERAP LULUSAN SMK BERDASARKAN KOMPETENSI KEAHLIAN. [online] Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud. Available at: <https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/materi/Sesi_I_K1_Analisis_Daya_Serap_Lulusan_SMK_Berdasarkan_Kompetensi_Keahlian_-_Sudiyono_dkk.pdf>.

SUDJIMAT, D.A., SUGANDI, R. AND MARIANA, V.E., 2021. Edu Komputika Journal. Edu Komputika Journal, 8(2), pp.100–109.

SUGIANTO, T., 2018. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERSTRUKTUR KOMPETENSI DASAR MENYELESAIKAN PERSAMAAN KUADRAT DENGAN MEMFAKTORKAN PADA SISWA KELAS X TKJ 1 SMKN 1 DLANGGU. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(9), pp.1000–1007.

SUMANTRI, M.S., NURHASANAH, N., NURASIAH, I., KUSMAWATI, A.P., RACHMAWATI, N., ZAKIAH, L., AMELIA, W., SAFITRI, N., SUNDARI, F.S., MULYAWATI, Y., LUTFILLAH, M.M., SIMBOLON, M.E., BOROLLA, F.V., SUNDI, V.H., MURNIVIYANTI, L., SURMILASARI, N., RACHMAWATI, T.S., PRASRIHAMNI, M. AND YOMAHATIMA, 2022. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

TARMA, 2016. Corporate Vocational School: Strategi Antisipatif Menghadapi Pengangguran Lulusan SMK dalam Perspektif Bonus Demografi. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, [online] 1(1), pp.1–6. Available at: <https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/556>.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN.[online] Available at: <https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf>.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.[online] Available at: <https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6>.

VOKASI), D.J.P.V. (DITJEN, 2020. DUKUNGAN VOKASI CIPTAKAN PELUANG KUALITAS SDM INDONESIA MUMPUNI. [online] Kemendikbudristek. Available at: <https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/dukungan-vokasi-ciptakan-peluang-kualitas-sdm-indonesia-mumpuni#:~:text=Menurut data Kemenristekdikti%2C pendidikan vokasional,akademi kejuruan dan 262 politeknik.>.

WAHONO, R.S., 2015. A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks. Journal of Software Engineering, 1(1), pp.1–16.

WULANDARI, D.A., MURNOMO, A., WIBAWANTO, H. AND SURYANTO, A., 2019. PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK SULTAN TRENGGONO KOTA SEMARANG. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), pp.577–584.

YUNITA, H., SESUNAN, F., MAULINA, H. AND SUANA, W., 2021. Pembelajaran Blended Learning dengan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK. Physics Education Research Journal, 3(2), pp.133–140.

ZAKIR, M. AND MUSRIL, H.A., 2020. Perancangan Media Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Android di SMK Elektronika Indonesia Bukittinggi. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), pp.153–157.

Diterbitkan

17-10-2023

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Kajian Strategi Pendidikan Vokasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Menghadapi Bonus Demografi. (2023). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(5), 1149-1158. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231057305