Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Interaktif, GDD (Game Design Document), Bahasa InggrisAbstrak
Pentingnya belajar bahasa inggris pada usia dini dikarenakan bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Metode belajar pada anak usia dini adalah belajar sambil bermain, anak-anak juga akan lebih mudah untuk menerima informasi dalam bentuk multimedia. Media pembelajaran yang interaktif akan membantu anak dalam menguasai pelajaran bahasa inggris sejak dini. Pada penelitian ini penulis membuat Game edukasi sebagai media pembelajaran yang interaktif. Dalam pembuatan game edukasi yang interaktif dibutuhkan perancangan Game Desain Document. Pada saat anak belajar dengan metode konvensional maka anak akan susah memahami dan cepat bosan karena anak belajar dari buku dan mendengarkan guru menjelaskan tetapi dengan adanya game edukasi sebagai media pembelajaran yang interaktif maka diharapkan akan memudahkan anak dalam mempelajari, memahami dan menguasai bahasa asing khususnya bahasa inggris. Aplikasi game yang dibangun menggunakan metode Game Design Document (GDD) dan metode perancangannya menggunakan metode waterfall. Adapun hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran dan mendapatkan nilai presentase 80% dari kuesioner yang diisi oleh pengguna.
Abstract
The importance of learning English at an early age because English is an international language. The method of learning in early childhood is learning while playing, children will also be easier to receive information in multimedia form. Interactive learning media will help children to master English language lessons early. In this study the author makes educational games as interactive learning media. In making interactive educational games, it is necessary to design a Document Design Game. When the child learns by conventional methods, the child will be difficult to understand and get bored quickly because the child learns from the book and listens to the teacher explaining but with the educational game as an interactive learning media it is expected to facilitate the child in learning, understanding and mastering foreign languages, especially English . Game applications are built using the Game Design Document (GDD) method and the design method uses the waterfall method. The results of this study are in the form of learning media applications and get a percentage value of 80% from the questionnaire filled in by the user.
Downloads
Referensi
FAUZI, M., RINDA C,. DEWI T,. 2013. Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Karies Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Algoritma: ISSN :2302-7339 Vol.10 No.15.
DORA, I., RITA W,. SRI P,. 2015. Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent method (LCM) Berbasis Android. Jurnal Informatika: ISSN :2477-3786 Vol.6 No.1.
DIAN, WP., PRASITA N,. ERRI WP,. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP: ISSN :2502-5716 Vol.1 No.1.
HIMSYARI, AM., 2017. Game Edukasi Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan DGBL-ID Model. Integer Journal: Vol.2 No.1.
ADE, S., 2010. Perancangan Game “Benar atau Salah” Sebagai Media Pembelajaran Komputer Berbasis Android. Jurnal Telematika: Vol.3 No.1.
PUJI, H., SUYANTO, HANIF A. F., 2015. Perancangan Game Design Document Serious Game Permainan Tradisional Angklek Sleman Yogyakarta.Seminar Nasional Informatika.
HALIMATUS, S., FAHIM N.C.B., ALFIAN Z.K.P, 2017. Analisa Kebutuhan Pada Pembuatan Template Game Design Document. Jurnal Telematika: ISSN: 2085-2347, Vol.9 No.1.
ROSA D., NEVI K. A.., BRAMASTI K., 2015. Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 Sampai 6 Tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi: ISSN: 2443-2229, Vol.1 No.1.
AULIA H., M. SUYANTO, SUKOCO., 2017. Perancangan Game Petualangan Membatik Berbasis Model Pembelajaran Teams Games Tournaments. Jurnal Telematika: ISSN: 2442-4528, Vol.10 No.1.
KOMANG A., I GEDE M., GEDE A., 2018. Pengembangan Aplikasi Game Musik Tradisional Bali Megamelan Berbasis Multiplatform: e-ISSN: 2528-6579, Vol.5 No.1.
FORDA, ARNOLDI, 2016, Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Aksara Lampung “Ajo Dan Atu – Belajar Aksara Lampung”, Berbasis Android Dengan Sistem Multi-Ending Menggunakan Engine Ren’Py. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.3 No.4, hal 238-247
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).