Analisis Pengalaman Pengguna Learning Management System (LMS) "ELING" Menggunakan Metode Ux Curve (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmiu Komputer Universitas Brawijaya)

Penulis

  • Muhammad Haris Setiawan Universitas Brawijaya, Malang
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Universitas Brawijaya, Malang
  • Retno Indah Rokhmawati Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022976755

Abstrak

Sejak 2021, pelaksanaan perkuliahan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) didukung oleh sebuah Learning Management System (LMS) berbasis Moodle yang diberi nama Eling (eling.ub.ac.id). Seiring berjalannya waktu, respon atau persepsi pengguna telah terbentuk sehingga mendorong perlunya analisis pengalaman pengguna sebagai dasar pertimbangan dalam perbaikan dan pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pengalaman pengguna yang terjadi selama menggunakan LMS Eling menggunakan metode UX Curve pada periode 12 bulan awal masa penggunaan. Dimensi yang digunakan pada penelitian ini disesuaikan dengan karakteristik LMS Eling sebagai platform pendidikan, sehingga 5 dimensi yang digunakan yakni general ux, ease of use, interactivity, engagement, dan assignment & assessment. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 20 yang dapat menghasilkan 100 kurva. Dari 100 kurva yang dihasilkan terdapat 56 kurva kategori improving, 24 kurva kategori deteriorating dan 20 kurva stable. Analisis alasan perubahan partisipan dikelompokkan berdasarkan kurva dan berdasarkan kuartal dengan periode 12 bulan. Alasan perubahan partisipan yang didapatkan yaitu sebanyak 581 alasan yang terdiri dari 335 alasan positif dan 246 alasan negatif. Kurva general ux memiliki jumlah alasan perubahan terbanyak yakni 125 alasan yang terdiri dari 69 alasan positif dan 56 alasan negatif. Pada 1-3 bulan awal penggunaan dilaporkan jumlah alasan perubahan terbanyak yakni sebanyak 174 alasan dengan 89 alasan positif dan 85 alasan negatif. Penelitian ini menemukan bahwa bulan pertama hingga ketiga pada awal penggunaan LMS Eling merupakan momen yang paling berkontribusi terhadap perubahan pengalaman pengguna.


Abstract

Since 2021, the lectures at the Faculty of Computer Science Universitas Brawijaya (Filkom UB) has been supported by a Moodle-based Learning Management System (LMS) named Eling (eling.ub.ac.id). Over time, user responses or perceptions have been formed, thus prompting the need for user experience analysis as a basis for consideration in further improvement and development. In the absence of long-term experience perspective information on the LMS, this study aims to determine changes in user experience that occur while using the LMS by using the UX Curve method in the initial 12-month period of use. The dimensions used in this study are adjusted to the characteristics of the LMS as an educational platform, so that the 5 dimensions used are general ux, ease of use, interactivity, engagement, and assignment & assessment. There were 20 participants in this study which could produce 100 curves. Of the 100 curves produced, there are 56 improving category curves, 24 deterioration curves and 20 stable curves. Analysis of the reasons for the change in participants was grouped by curve and by quarter with a 12-month period. The reasons for the change in participants were 581 reasons consisting of 335 positive reasons and 246 negative reasons. The general ux curve has the highest number of reasons for change, 125 reasons consisting of 69 positive reasons and 56 negative reasons. The first 1-3 months had the highest number of reasons for change, namely 174 reasons with 89 positive reasons and 85 negative reasons. Thus, the first to third months of use is the most influential on the changes of the user experience of the LMS.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

BEKTI. 2018. Konsep Dasar Web Server. Website Adalah Media Presentasi Online Untuk Sebuah Perusahaan Atau Lembaga Maupun Perorangan. Website Dapat Digunakan Sebagi Media Penyampaian Informasi Secara Online. Website Juga Merupakan Suatu Sistem Yang Berkaitan Dengan Dokumen Yang Digunakan Sebag, 35, 35.

CAVUS, N., & ALHIH, M. S. 2015. Learning Management Systems Use in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143(February 2014), 517–520. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.429

EKAYANA, A. A. G. 2021. User Experience Penggunaan Google Classroom dan Quizizz dalam Pembelajaran Blended Learning Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 23–34. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.939

FENG, L., & WEI, W. 2019. An empirical study on user experience evaluation and identification of critical UX issues. Sustainability (Switzerland), 11(8). https://doi.org/10.3390/su11082432

ILHAM, T., PRIHARSARI, D., & ARWANI, I. 2021. Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Mahasiswa SAP Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik menggunakan UX Curve (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya). 5(2), 612–621.

INDRIANA, V., MUSLIMAH AZ-ZAHRA, H., & WARDANI, N. H. 2019. Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Dengan Menggunakan UX Curve (Studi Kasus: BNI Mobile banking). 3(7), 6448–6455. http://j-ptiik.ub.ac.id

KARYONO, Z. R., MURSITYO, Y. T., & MUSLIMAH AZ-ZAHRA, H. 2019. Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Music Streaming Menggunakan Metode UX Curve (Studi Pada Spotify dan JOOX). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 6422–6429. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5721

KHAIRA, N., MUSLIMAH AZ-ZAHRA, H., & RUSYDI, A. N. 2020. Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Banking dengan Metode UX Curve (Studi Kasus: BRI Mobile Banking). 4(3), 1003-1012. http://j-ptiik.ub.ac.id

KUJALA, S., & KARAPANOS, E. 2017. Guidelines for using the UX Curve method. March.

KUJALA, S., ROTO, V., Väänänen-VAINIO-MATTILA, K., KARAPANOS, E., & Sinnelä, A. 2011. UX Curve: A method for evaluating long-term user experience. Interacting with Computers, 23(5), 473–483.

https://doi.org/10.1016/j.intcom.2011.06.005

KUJALA, S., ROTO, V., Väänänen- VAINIO-MATTILA, K., & Sinnelä, A. 2011. Identifying hedonic factors in long-term user experience. DPPI’11 - Designing Pleasurable Products and Interfaces, Proceedings. https://doi.org/10.1145/2347504.2347523

LIN, CHARLOTTE. 2021. Kurva UX: Metode untuk mengevaluasi penglaman pengguna jangka panjang. [Diakses pada 01 Januari 2021].

NAKAMURA, W., OLIVERA, E., & CONTE, T. 2018. TUXEL: A Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning. Anais Dos Workshops Do VII Congresso Brasileiro de Informática Na Educação (CBIE 2018), 1(August), 52. https://doi.org/10.5753/cbie.wcbie.2018.52

NUGRAHA, B. A., PRIHARSARI, D., & MUSLIMAH AZ-ZAHRA, H. 2021. Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Media Perkuliahan Daring di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan UX Curve (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang). 5(5), 1875–1885. http://j-ptiik.ub.ac.id

NURHAYATI, D., MULIMAH AZ-ZAHRA, H., & HERLAMBANG, A. D. 2019. Evaluasi User Experience Pada Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL) (Studi Pada SMKN 5 Malang). In Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (Vol. 3, Issue 4). http://j-ptiik.ub.ac.id

PARAMITA, N. S., MUSLIMAH AZ-ZAHRA, H., & PRIHARSARI, D. 2021. Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Dompet Digital Dengan Metode UX Curve (Studi Kasus: OVO). 5(6), 2231–2242.

SALSABILA, N. F., MUSLIMAH AZ-ZAHRA, H., & Rachmadi, A. 2019. Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Messenger Menggunakan Metode UX Curve (Studi Kasus pada Aplikasi LINE dan WhatsApp). Jurnal Pengembangan Teknologi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 6526–6537.

SARI, A. A., AKNURANDA, I., & PERDANAKUSUMA, A. R. 2021. Evaluasi Pengalaman Pengguna dari Perspektif Mahasiswa pada Eling dan Google Classroom (Kasus: Mahasiswa SAP Sistem Informasi Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). 5(11), 4998–5005.

SHOLIKAH, A. A., MUSLIMAH AZ-ZAHRA, H., & Priharsari, D. 2022. Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Video Conference menggunakan Metode UX Curve (Studi Kasus Zoom dan Meet). 6(4), 1753–1762.

SINGH, RAJUL. 2011. UX Curve: A method for evaluating Long-Term User Experience. Tersedia di https://medium.com/@rajulsingh/uxcurve-a-method-for-evaluating-longterm-user-experience-cc5e0e146c6d diakses pada [04 Januari 2021]

ZIAUDDIN, M. A, MUSLIMAH AZ-ZAHRA, H., & WIJOYO, S. H. 2019. Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Go-Jek Driver menggunakan Metode UX Curve. 3(8), 8082-8089. http://j-ptiik.ub.ac.id

Diterbitkan

29-12-2022

Cara Mengutip

Analisis Pengalaman Pengguna Learning Management System (LMS) "ELING" Menggunakan Metode Ux Curve (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmiu Komputer Universitas Brawijaya). (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(7), 1607-1616. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022976755