Pengembangan Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Sumenep)

Penulis

  • M. Ro'if Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20241116452

Kata Kunci:

XP, SUS, unit testing, acceptance testing, PKL

Abstrak

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Negeri 1 Sumenep masih kurang efektif karena dalam pelaksanaannya masih dilaksanakan secara manual, sehingga proses manajemen kegiatan PKL masih kurang efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut, implementasi suatu sistem dibutuhkan untuk mengelola kebutuhan PKL sehingga kegiatan PKL dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Peneliti melakukan pengembangan sistem informasi PKL berbasis website di SMK Negeri 1 Sumenep. Peneliti menggunakan metode pengembangan Extreme Programming (XP) dengan harapan sistem dapat dikembangkan dengan cepat dan agile sehingga semua kebutuhan yang diinginkan oleh stakeholder dapat tercapai. Hasil pengujian unit testing secara keseluruhan menghasilkan total 45 tests case dan 119 assertions, dan untuk pengujian acceptance testing menghasilkan total 69 tests case dengan nilai 100% accepted. Hasil pengujian system usability scale (SUS) keseluruhan sistem memiliki nilai rata-rata 76,88 yang berada dalam range 70 – 80 dengan nilai “C” atau “Good”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi PKL berbasis website berada dalam acceptability range “acceptable”.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abrahamsson, P., Salo, O., Ronkainen, J. dan Warsta, J., 2017. Agile software development methods: Review and analysis. arXiv preprint arXiv:1709.08439.

Akbar, A. dan Noviani, N., 2019. Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), pp.18–25.

Anwer, F., Aftab, S., Shah, S. dan Waheed, U., 2017. Comparative analysis of two popular agile process models: Extreme Programming and scrum. International Journal of Computer Science and Telecommunications, [online] 8(2), pp.1–7. Tersedia di: <https://www.ijcst.org/Volume8/Issue2/p1_8_2.pdf>.

Bachtiar, F.S., Safi’ie, M.A. dan Wa, O.D., 2016. Implementasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Transformasi, 12(1).

Borman, R.I., Priandika, A.T. dan Edison, A.R., 2020. Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 8(3), pp.272-277.Dewi, L.P., Indahyanti, U. dan S, Y.H., 2017. Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Activity Diagram Uml Dan Bpmn ( Studi Kasus Frs Online ). Informatika, pp.1–9.

Brooke, J., 2020. SUS : A Retrospective. (January 2013).

Fatoni, A. dan Dwi, D., 2016. Rancang bangun sistem Extreme Programming sebagai metodologi pengembangan sistem. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 3(1).

Hendrianto, D.E., 2014. Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Indonesia Journal on Networking dan Security, 3(4), pp.57–64.

Ibrahim, N., 2007. Pengembangan Aplikasi Semantic Web Untuk Membangun Web yang Lebih Cerdas. Jurnal Informatika, 3, pp.27–39.

Jaya, G., Aryadi, W., Supianto, A.A., Hayuhardhika, W. dan Putra, N., 2020. Pembangunan Sistem Informasi Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) berbasis Website menggunakan Model Pengembangan Perangkat Lunak Waterfall Studi Kasus : SMK Plus Almaarif Singosari. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JPTIIK) Universitas Brawijaya, [online] 4(1), pp.356–365. Tersedia di: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6916>.

Kaban, E., Brata, K.C. dan Brata, A.H., 2020. Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping Pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus Pt. PLN). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10 (2020), [online] 4(10), pp.3281–3290. Tersedia di: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7941>.

Kurosu, M., 2009. Human Centered Design: First International Conference, HCD 2009, Held as Part of HCI International 2009, San Diego, CA, USA, July 19-24, 2009 Proceedings. Lecture Notes in Computer Science. [online] Springer Berlin Heidelberg. Tersedia di: <https://books.google.co.id/books?id=G7pRydLj7wMC>.

Kusumah, M.A.A., Rokhmawati, R.I. dan Amalia, F., 2019. Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, p.964X.Azdy, R.A. dan Rini, A., 2018. Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(2), p.197.

Muhammad, Y., 2018. Era industri 4.0: Tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan Indonesia.

Ningsih, P.W., Lusiani, T. dan Nurcahyawati, V., 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Praktik Kerja Industri Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Komputer Akuntansi, 1(1).

Prasetyo, Y.Y.H.A., 2018. Panduan Mudah Belajar Framework Laravel. [online] Elex Media Komputindo. Tersedia di: <https://books.google.co.id/books?id=TpV1DwAAQBAJ>.

Rahmi, R., Sari, R.P. dan Suhatman, R., 2016. Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi E-Commerce (Studi kasus Sistem Informasi Penjualan Alat-alat Telekomunikasi). Jurnal Komputer Terapan, 2(2), pp.83-92.

Unduhan

Diterbitkan

29-02-2024

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengembangan Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Siswa Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Sumenep). (2024). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.25126/jtiik.20241116452