Analisis Kualitas Performa Aplikasi Digital Banking X Menggunakan Framework ISO 25010

Penulis

  • Medina Nurul Zahra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Jakarta Selatan
  • Kraugusteeliana Kraugusteeliana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Jakarta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20231036326

Abstrak

Setiap perbankan memiliki strategi dan cara masing-masing dalam melakukan sebuah peningkatan untuk kemajuan serta keberhasilannya. Berbagai Bank kini sudah memiliki aplikasi berbasis mobile guna mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi serta layanan lainnya. Bank Y kini memiliki sebuah aplikasi digital banking X yang merupakan inovasi dalam melakukan layanan perbankan. Digital banking X memiliki beragam fitur yang berbeda dari aplikasi banking lainnya disertai user interface yang menarik. Berdasarkan laporan tahunan, pada akhir kuartal IV tahun 2020, pengguna layanan digital banking X mengalami peningkatan. Namun, dengan peningkatan, pengguna layanan justru merasakan kualitas performa aplikasi kian mengalami penurunan. Banyak pengguna yang menyampaikan keluhan mengenai permasalahan penurunan aplikasi X melalui platform media sosial. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melakukan analisis guna mengetahui kualitas aplikasi dan memberikan sebuah rekomendasi. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan instrumen framework ISO 25010, sebuah framework yang berfokus terhadap penilaian kualitas perangkat lunak yang akan disebarkan dan diisi oleh responden sebanyak 200 yang mana merupakan pengguna aplikasi. Hasil kuesioner tersebut akan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang didapatkan bahwa dari tujuh hipotesis yang diajukan, enam di antaranya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap performa aplikasi digital banking X yaitu functional suitability dengan nilai CR 2,035, compatibility dengan nilai CR 2,115, usability dengan nilai CR 2,608, reliability dengan nilai CR 2,971, security dengan nilai CR 3,359, dan portability dengan nilai CR 1,985. Dapat disimpulkan pula bahwa karakteristik yang bersifat kritis yaitu pada sisi security sehingga dapat dijadikan sebuah prioritas dalam evaluasi kualitas dan performa aplikasi X.

 

Abstract

Every Bank has its strategy and ways to improve for gains the success. Many Banks have a mobile application to provide their users easy while doing a transaction or other service. Bank Y has released digital banking called "X," an innovation in financial services. Digital banking X has many features different from other banking applications and an attractive, eye-catching user interface. From end year report, in the fourth quartal of 2020, users of digital banking X go through increased significantly. But with that, preciseness quality of performance of X application has decreased. Many users speak on their media social about their complaints about that application. So, this thesis aims to analyze the quality of performance of the application and give a recommendation. This research done with quantitative method using an instrument framework ISO 25010, which focuses on the quality of software applications with 200 respondents that are user of the application. The questionnaire it will be analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The result shows that from seven hypotheses, six hypotheses significantly impact the application's performance efficiency. There is functional suitability with CR score 2,035, compatibility with CR score 2,115, usability with CR score 2,608, reliability with CR score 2,971, security with CR score 3,359, and portability with CR score 1,985. The conclusion is that the critical characteristic is security, which can refer to the evaluation quality of performance X application.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AINI, Q., RAHARDJA, U., PUJI, N., SANTOSO, L., & OKTARIYANI, A. 2021. Aplikasi Berbasis Blockchain dalam Dunia Pendidikan Dengan Metode Systematics Review. Journal of Computer Engineering System and Science Vol.6 No. 1 Januari 2021, hal.58-66.

ALFI, AZIZAH N. 2021. Efek Pandemi Pengguna Aplikasi Jenius Naik Jadi 3,1 Juta, [daring] Tersedia di <https://finansial.bisnis.com/read/20210226/90/1361307/efek-pandemi-pengguna-aplikasi-jenius-btpn-naik-jadi-31-juta> [Diakses 27 Februari 2021]

ALFIAN, I. 2017. Analisis Kualitas Sistem Aplikasi M-Library di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, [daring] Tersedia di <https://repository.unair.ac.id/68360/> [Diakses 09 Agustus 2022]

ANONYMOUS. 2021. Kapan aplikasi jenius bisa menjadi lebih baik? (tidak lemot) – Jenius Co Create, [daring] Tersedia di <https://www.cocreate.id/forums/topic/kapan-aplikasi-jenius-bisa-menjadi-lebih-baik-tidak-lemot/> [Diakses 17 August 2022].

APP STORE. 2021. Ratings and Reviews, [daring] Tersedia di <https://apps.apple.com/id/app/jenius/id1079340119#see-all/reviews> [Diakses 22 November 2021]

ARGA PRATAMA, A. & MUTIARA, A.B. 2021. Software Quality Analysis for Halodoc Application using ISO 25010:2011. [daring] (IJACSA) International Journal od Advanced Computer Science and Applications, Tersedia di

A.S., R., & SHALAHUDDIN, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

FRANÇA, J.M.S. & SOARES, M.S. 2015. SOAQM: Quality Model for SOA Applications based on ISO 25010. ICEIS 2015 – 17th International Conference on Enterprise Information Systems.

GHOZALI, I. 2017. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM (7th ed). Semarang: Undip.

HARUN, M. 2018. Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak dengan ISO/EIC 25010:2011 (Studi Kasus: Aplikasi First Aid Pada Platform Android). Jurnal Akrab Juara, 3(3), 53-61.

HARYONO, S. 2017 . Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama.

HUSSAIN, A. & MKPOJIOGU, E.O.C. 2015. An Application of the ISO/IEC 25010 Standard in the Quality-in-Use Assessment of an Online Health Awareness System 1.0 Introduction. Jurnal Teknologi 77:5, hal.9-13.

IZZATILLAH, M. 2019. Quality Measurement of Transportation Service Application Go-Jek Using ISO 25010 Quality Model. Simetris: Jurnal Teknik Meisn, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), hal.233-242.

KURNIAWATI, H.A., WINARNO, W.A., & ARIF, A. 2017. Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2017, Vol. IV(1), hal.24-29.

NURFAJARI, M. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Dan Informasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Minat Pembelian Ulang Belanja Online. Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

PRESSMAN, ROGER S. 2015. Software Engineering: A Practioner's Approach. McGraw-Hill, New York.

SARI, A.E., WIDOWATI, S., & LHAKSAMANA, K. M. 2019. Klasifikasi Ulasan Pengguna Aplikasi Mandiri Online Di Google Play Store Dengan Menggunakan Metode Information Gain Dan Naïve Bayes Classifier. eProceedings of Engineering, 6(2), hal.9143.

SUGIYONO. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TYAS, G., PURNAMASARI, D., & SUROSO, A. 2018. Analisis Kualitas Aplikasi E-Exam Menggunakan Standar ISO 25010. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Vol.xx, No.xx, hal.126-132.

WALUYO, MINTO. 2016. Mudah Cepat Tepat Penggunaan Tools Amos Dalam Aplikasi (SEM). Surabaya: UPN “Veteran” Jawa Timur.

Diterbitkan

01-07-2023

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis Kualitas Performa Aplikasi Digital Banking X Menggunakan Framework ISO 25010. (2023). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(3), 483-490. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231036326