Evaluasi Kualitas Layanan E-Government Pada Aplikasi Pendaftaran Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Menggunakan Model E-GovQual Berdasarkan Perspektif Pengguna

Penulis

  • Puja Putri Abdullah Universitas Indonesia, Depok
  • Rina Rahmawati Universitas Indonesia, Depok
  • Dana Indra Sensuse Universitas Indonesia, Depok
  • Sofian Lusa Universitas Indonesia, Depok
  • Assaf Arief Universitas Indonesia, Depok
  • Prasetyo Adi Universitas Indonesia, Depok

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022956130

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi salah satu aplikasi e-government pada instansi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yaitu aplikasi SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara) yang digunakan pada proses pendaftaran seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN). Berdasarkan ulasan dari media sosial masih terdapat permasalahan pada penggunaan SSCASN sehingga aplikasi perlu dievaluasi. Dalam penelitian ini, kuesioner dibagikan kepada 205 responden dengan kriteria pernah mengikuti pendaftaran CASN dan menggunakan aplikasi SSCASN. Dalam menyusun indikator pernyataan penelitian ini menggunakan model e-GovQual dan untuk mengolah data menggunakan pendekatan PLS-SEM. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa semua variabel yang diusulkan yaitu Reliability, Efficiency, Trust, dan Citizen Support memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kualitas layanan e-government pada aplikasi SSCASN. Hasil dengan pengaruh yang paling tinggi diperoleh oleh variabel Efficiency yang mendapatkan persentase dengan nilai 42,3%, disusul dengan Reliability dengan nilai 32,2%, Trust dengan nilai 25%, dan Citizen Support dengan nilai 7%. Adapun rekomendasi yang kami berikan berdasarkan hasil evaluasi adalah BKN sebagai instansi yang bertanggungjawab dalam pengembangan aplikasi SSCASN harus memprioritaskan semua indikator yang ada pada variabel Efficiency dan Reliability karena mendapatkan nilai tertinggi dan paling berpengaruh pada kualitas layanan SSCASN. Sedangkan dalam aspek Trust dan Citizen Support, BKN harus mulai melakukan beberapa perbaikan seperti meningkatkan tingkat keamanan aplikasi dan meningkatkan kualitas layanan helpdesk support pada aplikasi SSCASN.

 

Abstract

The goal of this research is to assess one of the e-government applications at National Civil Service Agency (BKN), namely SSCASN (Sistem Seleksi Calon ASN) which is used in the registration process for selection of State Civil Apparatus (ASN) candidate. Based on reviews from social media and helpdesk data report on SSCASN 2021, there are still problems in using SSCASN so the application needs to be evaluated. In this study questionnaires were distributed to 205 respondents who had registered for CASN and used the SSCASN application. In compiling indicators, this research statement uses the E-GovQual model and to process data using the PLS-SEM approach. The results showed that all the proposed variabels, Reliability, Efficiency, Trust, and Citizen Support, had a positive and significant relationship with the quality of e-Government services in SSCASN application. The variable with the highest influence is obtained by Efficiency received a score of 42.3 %, followed by Reliability with 32.2 %, Trust with 25%, and Citizen Support received a score of 7%. The recommendation that we provide is that BKN as the responsible institution for developing SSCASN must prioritize all indicators in the Efficiency and Reliability variabels because they get the highest score and have the most influence on the quality of SSCASN services. In terms of Trust and Citizen Support, BKN must start to make some improvements, such as increasing the level of application security and improving the quality of helpdesk support services for SSCASN application.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AL-HASHMI, A. A., DAREM, A. B., & SURESHA, D. 2014. Validation and Verification of the Dimensionality of E-Government Quality Measurement Scale. International Journal of Computer Trends and Technology, 11(3), 109–117. https://doi.org/10.14445/22312803/ijctt-v11p124

ALBAR, MOODUTO, H. A., DAHLAN, A. A., YUHEFIZAR, ERWADI, & NAPITUPULU, D. 2017. E-government service quality based on e-GovQual approach case study in West Sumatera province. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 7(6), 2337–2342. https://doi.org/10.18517/ijaseit.7.6.4226

CANDRA, S. 2016. The evaluation of E-passport quality using E-government quality measurement (Case study of E-passport in DKI Jakarta). Advanced Science Letters, 22(5–6), 1360–1362. https://doi.org/10.1166/asl.2016.6613

DURACHMAN, Y., NURYASIN, HARAHAP, D., RODONI, A., FAISAL BAKTI, A. M., & MANSOER, M. 2020. Analysis of Factors That Affect the Quality of E-Government Services: A Case Study in Ombudsman of the Republic of Indonesia. 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2020. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268796

HAIR, J. F., HULT, G. T. M., RINGLE, C. M., & SARSTEDT, M. 2017. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks. Sage, 165.

HUSSEIN, A. S. 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya, 1, 1–19. https://doi.org/10.1023/A:1023202519395

JAYA, E. K., HERLAMBANG, A. D., & WIJOYO, S. H. 2019. Evaluasi Kualitas Layanan Website Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Dengan Metode e-Govqual , Human Organization Technology ( HOT ) Fit dan Kano Model. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Kompute, 3(4), 3608–3616.

NIKMATUS SHOLIHA, E. U., & SALAMAH, M. 2015. Structural Equation Modeling-Partial Least Square untuk Pemodelan Derajat Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Studi Kasus Data Indeks

Pembangunan Kesehatan Masyarakat Jawa Timur 2013). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 4(2), 169–174.

NOVALDI, B. D. 2019. Analisis Penerimaan Penggunaan E-Service Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. 4, 4–5.

PAPADOMICHELAKI, X., & MENTZAS, G. 2012. E-GovQual: A multiple-item scale for assessing e-government service quality. Government Information Quarterly, 29(1), 98–109. https://doi.org/10.1016/j.giq.2011.08.011

SETIYORINI, A. 2018. Evaluasi Website dengan E-Govqual. Jurnal Informasi Interaktif, 3(1), 77–153.

YAHUDA PUTRA, E., & GEORGE IMANUEL, P. 2020. Evaluation of Service Quality of Manado City Government Website with E-GovQual Approach to Calculate Importance Performance Analysis. 2020 2nd International Conference on Cybernetics and Intelligent System, ICORIS 2020, 2–6. https://doi.org/10.1109/ICORIS50180.2020.9320842

Diterbitkan

22-12-2022

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Evaluasi Kualitas Layanan E-Government Pada Aplikasi Pendaftaran Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Menggunakan Model E-GovQual Berdasarkan Perspektif Pengguna. (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(6), 1297-1306. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022956130