Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan Metode Business Process Improvement (BPI) pada Universitas X

Penulis

  • Ni Wayan Emmy Rosiana Dewi Universitas Udayana, Kabupaten Badung
  • Putu Yogie Ayu Nirmala Universitas Udayana, Kabupaten Badung
  • I Made Suwija Putra Universitas Udayana, Kabupaten Badung
  • A.A. Kompiang Oka Sudana Universitas Udayana, Kabupaten Badung

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20231025770

Abstrak

Selama beberapa tahun terakhir, peran teknologi semakin berkembang pesat. Penerapan Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah telah membantu pengelolaan kampus yang terintegrasi. Namun, pada penerapan Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah ditemukan beberapa proses yang tidak sesuai dengan harapan. Hal ini disebabkan karena beberapa proses bisnis belum memiliki tujuan untuk mengefektifkan, mengefisienkan, serta mudah diadaptasikan dengan proses-proses lain dalam sistem. Perlu adanya perbaikan sistem serta proses bisnis yang menghasilkan proses bisnis rekomendasi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebuah metode evaluasi diperlukan dalam analisa pemodelan proses bisnis pada suatu organisasi untuk membantu proses perbaikan pada organisasi tersebut. Business Process Improvement (BPI) merupakan salah satu metode yang diterapkan untuk melaksanakan Continuous Improvement. BPI dapat diartikan sebagai kerangka sistematis yang memiliki tujuan untuk membantu mewujudkan kemajuan yang signifikan dalam berjalannya proses bisnis pada suatu organisasi. Penerapan Metode BPI dalam dalam menganalisa proses bisnis menghasilkan proses bisnis kritis, yaitu Proses Bisnis Manajemen Laporan. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi proses bisnis dengan waktu rata-rata untuk menjalankan proses yang lebih singkat dibandingkan proses bisnis saat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penerapan rekomendasi proses bisnis tersebut diharapkan dapat menjadikan kinerja Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah lebih optimal dan efektif.


Abstract

 

Over the past few years, the role of technology has grown rapidly. The implementation of the Integrated Tuition Payment System has helped the integrated campus management. However, in the implementation of the Integrated Tuition Payment System, several processes were found that were not as expected. This is because some business processes do not yet have a goal to make it more effective, efficient, and easily adapted to other processes in the system. It is necessary to improve systems and business processes that produce business process recommendations to solve these problems. An evaluation method is needed in the analysis of business process modeling in an organization to assist the improvement process in the organization. Business Process Improvement (BPI) is one of the methods applied to implement Continuous Improvement. BPI can be interpreted as a systematic framework that has the aim of helping to realize significant progress in the running of business processes in an organization. The application of the BPI method in analyzing business processes produces critical business processes, namely Business Process Management Reports. This research produces business process recommendations with an average time to run processes that are shorter than current business processes and according to user needs. The application of these business process recommendations is expected to make the performance of the Integrated Tuition Payment System more optimal and effective.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ANGGA, S., dan EKO BUDI, S., 2017. Sistem Informasi Pengumuman Program Studi Di Perguruan Tinggi X. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(1), 0–10.

BIZAGI, 2021. Tersedia di:<https://help.bizagi.com/

process-odeler/en/index.html?where_to_

share2.htm. [Diakses 3 Agustus 2021].

DARMANINGRAT, E. W. T., ASTUTI, H. M., & RIZQY, A. I. 2019. Analisis Kesenjangan dan Pemodelan Proses Bisnis Human Capital Management pada PTPN XI berdasarkan Best Practice SAP. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 187. https://doi.org/10.25126/jtiik. 201962937.

HARRINGTON, H.J., 1991. Business Process Improvement: The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness. New York: Mc.Graw-Hill.

ISMAIL, N., KOMARI, A., & RAHAYUNINGSIH, S., 2019. Analisa Proses Bisnis Satuan Layanan dan Administrasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI). JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 2(1), 33. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v2i1.372.

LARASATI, S. D., WICAKSONO, S. A., DAN WARDANI, N. H., 2017. Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Pada Bagian Riset Pemasaran dan Pusat). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(11), 1425–1432.

MCCALL, J. A., RICHARDS, P. K., & WALTERS, G. F., 1977. Factors in software quality, volumes I, II, and III. US Rome Air Development Center Reports, US Department of Commerce, USA, I(November).

PUTRI ARI WEDAYANTI, N.L., AYU WIRDIANI, N.K., DAN ADI PURNAWAN, I.K., 2019. Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 7(2), 113. https://doi.org/10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.

SUSANTO, T., PRAMONO, D., DAN SETIAWAN, N. Y., 2018. Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : PT. Wonojati Wijoyo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(12), 6201–6209.

WESKE, M., 2012. Business Process Management: Concepts, Languages, Architectures. Second Edition. London: Springer.

Diterbitkan

14-04-2023

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan Metode Business Process Improvement (BPI) pada Universitas X. (2023). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(2), 411-420. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231025770