Rancang Bangun Sistem Konversi Mata Kuliah (Studi Kasus : Prodi Informatika, Fasilkom, UPN "Veteran" Jawa Timur)

Penulis

  • Henni Endah Wahanani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran", Surabaya
  • Made Hanindia Prami Swari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran", Surabaya
  • Fawwaz Ali Akbar Universitas Pembangunan Nasional "Veteran", Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022935740

Abstrak

Salah satu persayaratan akademik untuk lulus dari program sarjana adalah telah menyelesaikan kredit 144 SKS. Permasalahan seringkali ketika dilakukan pencetakan transkrip nilai maka mata kuliah yang muncul seringkali double. Kondisi lain yang seringkali terjadi adalah jumlah SKS yang berkurang dari yang dicatat oleh mahasiswa serta perbedaan nama mata kuliah. Hal ini sangat mungkin terjadi akibat adanya perubahan kurikulum yang terjadi secara berkala pada sebuah prodi. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dibuat untuk membangun sistem konversi mata kuliah menggunakan pendekatan terstruktur dengan metode waterfall. Pengembangan sistem konversi memiliki tantangan khususnya pada perancangan antarmuka menu input data KHS yang harus mudah digunakan dan memastikan semua data benar sesuai dengan KHS. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengujian basic path testing menghasilkan 48 fungsi masuk dengan kategori tingkat risiko rendah terhadap cacat atau error yang memiliki tipe prosedur yang sederhana dan terstruktur dengan baik serta stabil dengan persentase 100%. Persentase dari pengujian yang dapat dilakukan sejumlah 89 pengujian berdasarkan jalur independen adalah sebesar 100%. Dari total 48 fungsi diperoleh hasil yang sama untuk 1 jenis perhitungan menggunakan cyclomatic complexity sehingga bisa dikatakan kode program adalah relevan serta dari 89 skenario uji diperoleh hasil yang valid tanpa eror. Sedangkan berdasarkan hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa sistem konversi yang dibangun pada penelitian ini telah memiliki nilai usability yang sangat baik.

 

Abstract

One of the academic requirements to graduate from a bachelor's program is to have completed 144. The problem is when a transcript is printed, the courses that appear are often double. Other conditions that often occur are the number of credits that are less than those recorded by students and differences in course names. This is very likely to occur due to curriculum changes that occur periodically in a study program. Based on this, this research was made to build a course conversion system using a structured approach with the waterfall method. The development of the conversion system has challenges, especially in designing the KHS data input menu interface which must be easy to use and ensure that all data is correct in accordance with KHS. Based on the results obtained from basic path testing, 48 functions are included in the category of low risk level for defects or errors that have a simple and well structured and stable type of procedure with a percentage of 100%. The percentage of tests that can be carried out by 89 tests based on the independent path is 100%. From a total of 48 functions, the same results are obtained for 1 type of calculation using cyclomatic complexity, it can be said that the script code program is relevant and from 89 test scenarios, valid results are obtained without errors. Meanwhile, based on these results, it can be concluded that the conversion system built in this study has a very good usability value.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

HANDY, & SUSILO, J. 2014. Aplikasi Pengujian White-Box IBI Online Judge. Jurnal Informatika dan Bisnis, 3(2), 56-68.

KATIYAR, V. P., & PATEL, M. S. 2019. White-Box Testing Technique For FInding Defects. Global Journal For Research Analysis, 8(7).

KOMPUTER, D. F. 2021. Buku Panduan Akademik Tahun Akademik 2021/2022 Fakultas Ilmu Komputer. Surabaya: Fakultas Ilmu Komputer UPN "Veteran" Jawa Timur.

LAUDON, K. C., & LAUDON, J. P. 2014. Management Information Systems Managing the Digital Film (Thirteen ed.). London: Pearson Education Limited.

MALLACH, E. 2009. Information System Conversion in SMEs. Journal of Enterprise Information Systems, vol. 5, issue 1.

MUSYARROFAH, S., ASHARI, M., & FADLI, S. 2019. Rancangan Sistem Informasi Konversi Mata Kuliah Mahasiswa Pindahan dan Lanjutan (Studi Kasus di STMIK Lombok). Jurnal Informatika dan Sains, Vol. 02, No. 01, 10-15.

NORE, V. N. 2013. Perancanga Sistem Informasi Penjualan dan Pemesanan Produk Berbasis Web (Studi Kasus di CV Richness Development Bandung). Bandung: Progra Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Widyatama.

NUGROHO, B., & VIA, Y,V. 2017. Development of Academic Transcript Management Information System. International Seminar of Research Month Science and Technology in Publication, Implementation and Commercialization (pp. 448-455). Surabaya: UPN "Veteran" Jatim.

PETERSEN, K., & WOHLIN, C. 2009. The Waterfall Model in Large-Scale Development. International Conference on Product-Focused Software Process Improvement.

RAHADI, D. R. 2014. Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire pada Aplikasi Android. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol 6, No 1, 661-671.

RAYEB, A. E., RAHAYU, S., & HIDAYATI, D. 2011. Perancangan Sistem Informasi Konversi Mata Kuliah pada Perguruan Tinggi. Eksplora Informatika, Vol. 1, No. 1, 88-97.

RINI, P. P., IQBAL, M., & ASTUTI, D. P. 2016. Rancangan Sistem Informasi Konversi Nilai Mahasiswa Pindahan dan Lanjutan (Studi Kasus di STMIK Bina Sarana Global). Jurnal Sisfotek Global, VOl. 6, No.1, 63-68.

SASTRAMIHARDJA, H., HAPSARI, I. N., & NERI, I. A. 2008. Pengujian Usability dengan Sarana Task Model dalam User Center Software Development. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, vol 13, No 2.

SOBARI, A. 2011. Pengembangan sistem informasi akademik berbasis web (studi kasus pada SLTP Islam Al-Syukro Ciputat). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Sains Dan Teknologi.

SUBAGIA, R., ALIT, R., & AKBAR, F. A. 2020. Pengujian White Box pada Sistem Informasi Monitoring Skripsi Program Studi Informatika. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFOSI), 1(2), 539-547.

WAHYONO, T. 2004. Sistem Informasi, Konsep Dasar, Analisa Desain dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

ZAPATA, F., AKUNDI, A., PINEDA, R., & SMITH, E. 2013. Basis Path Analysis for Testing Complex System of Systems . Baltimore: Missouri University of Science and Technology.

ZULFIKAR, R. A., & SUPIANTO, A. A. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(3), 361-370.

Diterbitkan

20-06-2022

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Rancang Bangun Sistem Konversi Mata Kuliah (Studi Kasus : Prodi Informatika, Fasilkom, UPN "Veteran" Jawa Timur). (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(3), 579-588. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022935740