Perbandingan Metode Pembobotan Tf-Rf Dan Tf-Idf Dikombinasikan Dengan Weighted Tree Similarity Untuk Sistem Rekomendasi Buku

Penulis

  • Yuslena Sari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Andreyan RIzky Baskara Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Puguh Budi Prakoso Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Noorhanida Royani Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022935709

Abstrak

Unit Pusat Terpadu Perpustakaan merupakan perpustakaan pusat yang ada di Universitas Lambung Mangkurat. Perpustakaan ini mempunyai sistem pencarian buku namun sistem tersebut belum adanya fitur rekomendasi buku sehingga anggota menjadi kesulitan dalam melakukan pencarian buku yang sesuai dengan keinginan anggota. Oleh karena itu, dengan adanya rekomendasi buku atau saran buku yang lain dapat menjadi alternatif untuk membantu anggota dalam melakukan pencarian buku yang sesuai. Dalam penelitian ini menggunakan perbandingan pembobotan kata TF-IDF dan TF-RF dengan weighted tree similarity sebagai pengukur kemiripan diantara beberapa data dengan parameter tree yang sudah ditentukan dan dilakukan perbandingan perhitungan dengan menghitung tf-idf dengan tf-rf menggunakan perhitungan excel mendapatkan nilai yang berbeda antara tf-idf dengan tf-rf, pembobotan tf-idf dapat mengukur kemiripan antara dokumen dan kata kunci buku yang paling mirip dengan buku yang dianggap paling relevan. Sehingga anggota memasukan kata kunci kemudian akan menemukan kemiripan buku dari kata kunci yang dimasukan sebelumnya namun untuk pembobotan tf-rf memberikan kata kunci dari setiap kategori. Hasil perbandingan yang di dapat yaitu 96% untuk tf-idf dan 98% untuk tf-rf. Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman python dengan web framework django.

 

Abstract

The Central Integrated Library Unit is the central library at Lambung Mangkurat University. This library has a book search system but the system does not have a book recommendation feature so that members find it difficult to search for books that match the wishes of members. Therefore, the existence of book recommendations or other book suggestions can be an alternative to assist members in searching for suiTabel books. In this study using a comparison of the weighting of the words TF-IDF and TF-RF with weighted tree similarity as a measure of the similarity between several data and a comparison of calculations is carried out by calculating tf-idf with tf-rf using excel calculations to get different values between tf-idf and tf -rf, tf-idf weighting can measure the similarity between documents and keywords of the book that is most similar to the book that is considered the most relevant. So that members enter keywords and then find the similarity of books from the keywords entered previously but for weighting tf-rf provides keywords from each category. The comparison results obtained are 76% for tf-idf and 80% for tf-rf. This system uses the python programming language with the django web framework.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AKBAR, T.M., KURNIATI, A.P. dan BIJAKSANA, M.A., 2012. Analisis Perbandingan Metode Pembobotan Kata TF.IDF dan TF.RF Terhadap Performansi Kategorisasi Teks. Telkom University, hal.1–6.

ALKAFF, M., KHATIMI, H. dan ERIADI, A., 2020. Sistem Rekomendasi Buku pada Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Menggunakan Metode Content-Based Filtering. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(1), hal.193–202.

BASMALAH WICAKSONO, V., SAPTONO, R. dan WIDYA SIHWI, S., 2016. Analisis Perbandingan Metode Vector Space Model dan Weighted Tree Similarity dengan Cosine Similarity pada kasus Pencarian Informasi Pedoman Pengobatan Dasar di Puskesmas. Jurnal Teknologi & Informasi ITSmart, 4(2), hal.73.

DEOLIKA, A., KUSRINI, K. dan LUTHFI, E.T., 2019. Analisis Pembobotan Kata Pada Klasifikasi Text Mining. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), hal.179.

FIRMAHSYAH, F. dan GANTINI, T., 2016. Penerapan Metode Content-Based Filtering Pada Sistem Rekomendasi Kegiatan Ekstrakulikuler (Studi Kasus di Sekolah ABC). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2(3).

GEETHA, G., SAFA, M., FANCY, C. dan SARANYA, D., 2018. A Hybrid Approach using Collaborative filtering and Content based Filtering for Recommender System. Journal of Physics: Conference Series, 1000(1).

GINTA, W., 2012. Implementasi Pengamanan Database Menggunakan MD5. 8(1).

HERLIANI, M., 2015. Aplikasi Pencarian Buku Dengan Menggunakan Metode tf-idf dan Vector Space Berbasis Web Pada Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pangkal Pinang. Repository Atmaluhur, hal.8.

HUSAIN, W. dan DIH, L.Y., 2012. A framework of a Personalized Location-based traveler recommendation system in mobile application. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 7(3), hal.11–18.

KUMALASARI, R.I., 2015. Sistem Rekomendasi Pada E-Market Produk UMKM Dinpora Propinsi Jawa Tengah Dengan Menggunakan Content Based Filtering. hal.0–1.

MACKENZIE, N. dan KNIPE, S., 2006. Research dilemmas: Paradigms, methods and methodology. hal.13.

Muhammad Fajrian Noor, Yoga Dwi Pambudi, W.W.W., 2018. Analisa Alur Proses Penentuan Kebutuhan Sistem (Studi Kasus: Sistem Informasi Pengolahan Raport). Informa, 4(1), hal.20–26.

MUTIARA, A.B., ZAINAL, A. dan ASANO, A., 2019. Implementasi Teks Mining Pada Aplikasi Pengawasan Penggunaan Internet Anak “Dodo Kids Browser.” KOMPUTA, 1.

MUTTAQIN, F.A., n.d. No Title. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA).

OEYLIAWAN, R.F. dan GUNAWAN, D., 2018. Aplikasi Rekomendasi Buku Pada Katalog Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara Menggunakan Vector Space Model. Jurnal ULTIMATICS, 9(2), hal.97–105.

PATIDAR, C.P., KATARA, Y. dan SHARMA, D.M., 2020. Hybrid News Recommendation System using TF-IDF and Similarity Weight Index. International Journal of Soft Computing and Engineering, 10(3), hal.5–9.

Perpustakaan, 2007. Undang-Undang Republik Indonesia. (235), hal.245.

PRAYITNO, M.H., 2016. Analisa Kebutuhan Sistem Informasi Dengan Menggunakan Analisis Value Change Dan Critical Success Factor Pada PT . LHE. Bina Insani Ict Journal, 3(1), hal.269–278.

RUBIN, R., 2020. Foundation of Library and Information Science, Fourth edition. Amerika Serikat: ALA Neal-Schuman.

SARNO, R. dan RAHUTOMO, F., 2008. Penerapan Algoritma Weighted Tree Similarity Untuk Pencarian Semantik. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 7(1), hal.39.

SIREGAR, A.M., 2018. Perbandingan Pembobotan Kata Dalam Sistem Temu Balik Informasi. Techno Xplore : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2(2).

TANTYOKO, H., ADIWIJAYA dan WISESTY, U.N., 2019. Perbandingan Pembobotan untuk Klasifikasi Topik Berita Menggunakan Decision Tree. Jurnal Teknologia, 2.

TIAN, Y., ZHENG, B., WANG, Y., ZHANG, Y. dan WU, Q., 2019. College library personalized recommendation system based on hybrid recommendation algorithm. Procedia CIRP, 83, hal.490–494.

Diterbitkan

22-12-2022

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Perbandingan Metode Pembobotan Tf-Rf Dan Tf-Idf Dikombinasikan Dengan Weighted Tree Similarity Untuk Sistem Rekomendasi Buku. (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(6), 1323-1332. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022935709