Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Website Berdasarkan Gaya Belajar dan Prinsip Universal Design of Learning (UDL) untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang

Penulis

  • Yafie Arbian Cipto Universitas Brawijaya, Malang
  • Admaja Dwi Herlambang Universitas Brawijaya, Malang
  • Faizatul Amalia Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022925681

Abstrak

Pengembangan ini dilatar belakangi dengan seiring perkembangan zaman teknologi informasi dalam pendidikan semakin berkembang pesat. Tujuan pengembangan pembelajaran berbasis website berdasarkan gaya belajar siswa SMK Negeri 12 Malang pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan untuk mempermudah siswa memahami materi multimedia. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode waterfall dengan tahapan analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Untuk materi pembelajaran pada website yaitu pengembang membuat lima jenis materi yaitu modul, powerpoint, audio, video, dan gambar yang dikembangkan dengan menggunakan prinsip Universal Design of Learning (UDL). Pengujian media pembelajaran berbasis website menggunakan metode black-box testing dengan hasil fitur dapat digunakan dan 100% valid. Kemudian melakukan pengujian usability dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan hasil rata-rata nilai adalah 76 yang memiliki makna acceptable dapat digunakan sesuai kebutuhan. Untuk materi pembelajaran dengan pengujian menggunakan skala likert memiliki hasil yaitu materi modul, powerpoint, audio, video, dan gambar sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.


Abstract

This development is motivated by the development of the era of information technology in education is growing rapidly. Therefore, to support teaching and learning activities and to make it easier for students to understand the material presented, a website-based learning media was developed based on the learning styles of students at SMK Negeri 12 Malang in the subject of Printing Graphic Design. The development of this learning media uses the waterfall method with the stages of analysis, design, implementation, and testing. For learning materials on the website, the developer makes five types of material based on the results of observations and interviews conducted with multimedia productive teachers at SMK Negeri 12 Malang, namely modules, powerpoints, audio, video, and images which were developed using the Universal Design of Learning (UDL) principle. Website-based learning media testing uses the black-box testing method with the results of the features being usable and 100% valid. Then perform usability testing using the System Usability Scale (SUS) method with the average value of 76 which means that it can be used as needed. For learning materials by testing using a Likert scale, the results are that the module material, powerpoint, audio, video, and images are very valid and can be used without revision.

Downloads

Download data is not yet available.

Biografi Penulis

  • Admaja Dwi Herlambang, Universitas Brawijaya, Malang


Referensi

ACENG ABDUL; WAHID, 2020. Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK.

Aditya, P.T., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, [online] 15(1), p.64. Available at: .

DANASWARI, C. & GAFUR, A., 2018. Multimedia Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Akuntansi SMA Untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.

DICKINSON, K.J. & GRONSETH, S.L., 2020. Application of Universal Design for Learning (UDL) Principles to Surgical Education During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education.

JANUARISMAN E. & Ghufron, A., 2016. Pengembangan media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.

KURNIAWATI, I.D. & NITA, S.-, 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal of Computer and Information Technology.

MUSTIKA, M., SUGARA, E.P.A. & PRATIWI, M., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika.

PRASTOWO, A., 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. In: Kencana.

PURMADI, A. & SURJONO, H.D., 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Untuk Mata pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.

ROSE, D.H., HARBOUR, W.S., JOHNSTON, C.S., DALEY, S.G. & ABARBANELL, L., 2006. Universal design for learning in postsecondary education: Reflections on principles and their application. Journal of Postsecondary Education and Disability.

SAFITRI, A. & MARJO, H.K., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Visual dengan Menggunakan Flipchart untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling.

UMAGAPI D., 2017. Pembelajaran Photoshop Menggunakan Metode Web Product Based Learning Pada Global Science Institute (GSI) Ternate. IJIS - Indonesian Journal On Information System.

WIBOWO, N., 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education).

Diterbitkan

24-02-2022

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Website Berdasarkan Gaya Belajar dan Prinsip Universal Design of Learning (UDL) untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2), 409-418. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022925681