Pengaruh E-Payment Trust terhadap Minat Transaksi pada E-Marketplace Menggunakan Framework Technology Acceptance Model (TAM) 3

Penulis

  • Merryana Lestari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Hindriyanto Dwi Purnomo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Irwan Sembiring Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2021855212

Abstrak

Transaksi melalui e-Marketplace dilakukan menggunakan transaksi pembayaran secara digital yang disebut sebagai layanan e-Payment. Oleh karena itu, e-Payment memegang peranan penting dalam proses transaksi jual beli pada e-Marketplace khususnya dalam transaksi pembayaran. Seringkali pengguna memiliki kekhawatiran tersendiri dalam melakukan transaksi pembayaran menggunakan e-Payment, salah satu kekhawatiran paling mendasar adalah mengenai jaminan integritas keamanan data dan privasi data pelanggan. Kepercayaan pengguna dipandang menjadi suatu resiko besar yang dapat memberikan pengaruh terhadap minat pembelian pada e-Marketplace. Melalui penelitian ini, akan dianalisis bagaimana tingkat pengaruh kepercayaan pengguna pada e-Payment di Indonesia terhadap transaksi pada e-Marketplace memakai metode Technology Acceptance Model (TAM) versi 3. Hasil penelitian ini merupakan bahan evaluasi bagi vendor e-Marketplace guna melakukan analisis seberapa sering pengguna melakukan transaksi di dalam e-Marketplace sehingga semakin memberikan kepercayaan pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan layanan e-Payment.

 

Abstract

Transactions through e-Marketplace are carried out using digital payment transactions or commonly referred to as e-Payments. Therefore, e-Payment plays an important role in the process of buying and selling transactions on the e-Marketplace, especially in payment transactions. Often users have their own concerns in making payment transactions using e-Payment, one of the most basic concerns is about guaranteeing data security integrity and customer data privacy. User trust is seen as a big risk that can have an influence on buying interest in the e-Marketplace. Through this research, it will be analyzed how the level of influence of user trust in e-Payment in Indonesia on the impact of purchases on e-Marketplace using the Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) framework. The results of this study can be used as evaluation material for e-Marketplace vendors to analyze how often users make transactions in the e-Marketplace so that it gives more confidence to users to make transactions using e-Payment services.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

T. TSIAKIS AND G. STHEPHANIDES. 2004. “The Concept of Security and Trust in Electronic Payments”. Computers and Security, vol. 24, no. 1, pp. 10–15, doi: 10.1016/j.cose.2004.11.001.

S. TALWAR, A. DHIR, A. KHALIL, G. MOHAN, AND A. K. M. N. ISLAM. 2020. “Point of Adoption and Beyond. Initial Trust and Mobile-Payment Continuation Intention”. J. Retail. Consum. Serv., vol. 55, p. 102086, doi: 10.1016/j.jretconser.2020.102086.

M. BARGH, W. JANSSEN, A. SMIT. 2003. “Trust and Security in e-Business”. Comput. Sci. Prepr. Arch., vol. 2003, no. 1, pp. 1–4.

A. S. RABIAH, M. FAHLEVI, N. JUHANDI, AND P. WINARTO. 2020.

“Haruskah E-Payment Trust Diterapkan E-Commerce Sebagai Faktor Kepuasan Konsumen?”. E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 9, no. 7, p. 2724, doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p13.

R. GUNAWAN, R. S. OETAMA. 2020. “Pengujian Ulang Variabel Trust dan Satisfaction Pada E-Marketplace Indonesia”. Skripsi. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara.

K. H. ADHA, R. KUSUMAHADI. “Analisis Persepsi Pengguna Situs Marketplace Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus Pada Tokopedia)”. E-Proceeding of Management: Vol. 7, No. 2, Desember 2020.

R. A. MUTIANINGRUM, D. SATRIA. 2019. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Via Platform Online Marketplace dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Pelaku UKM (Studi Pada Pelaku UKM di Kota Malang)”. Malang: Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

I. R. PUTERI, C. WIJAYANGKA. 2020. “Analisis Penerimaan Teknologi Dompet Digital pada UMKM di Kota Bandung”. Journal of Applied Business Administration.

E. R. WIDYAYANTI. 2019. “Pengaruh Marketplace Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Ukm (Studi Pada Ukm Di Daerah Istimewa Yogyakarta)”. J. Optim., vol. 9, no. 1, pp. 1–14.

PUTRI, D. W., & BARIDWAN, Z. 2014. “Determinan Kepercayaan Individu : Studi Empiris Konteks”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1553/1422.

T. TSIAKIS, G. STEPHANIDES, AND G. PEKOS. 2005. “Trust and Security in Electronic Payments: What we have and need to know?”. Proc. - WEC’05 3rd World Enformatika Conf., vol. 5, no. June, pp. 147–150.

O. SZUMSKI. 2020. “Technological Trust from the Perspective of Digital Payment,” Procedia Comput. Sci., vol. 176, pp. 3545–3554, 2020, doi: 10.1016/j.procs.2020.09.032.

L. A. MAUREEN NELLOH, A. S. SANTOSO, AND M. W. SLAMET. 2019 “Will Users Keep Using Mobile Payment? It Depends on Trust and Cognitive Perspectives,” Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 1156–1164, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.228.

M. A. A. R. KUTUBI, K. M. R. ALAM, AND Y. MORIMOTO. 2021. “A Simplified Scheme for Secure Offline Electronic Payment Systems”. High-Confidence Comput., vol. 1, no. 2, p. 100031, doi: 10.1016/j.hcc.2021.100031.

L. GAO, K. A. WAECHTER. 2017. “Examining The Role of Initial Trust in User Adoption of Mobile Payment Services: An Empirical Investigation”. Inf. Syst. Front. https://doi. org/10.1007/s10796-015-9611-0.

D. ARVIE AND A. R. TANAAMAH. 2019. “Technology Acceptance Model for Evaluating IT of Online Based Transportation Acceptance: A Case of GO-JEK in Salatiga,” Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 17, no. 2, pp. 667–675, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.V17I2.9634.

H. INDRIANTO, I. SUSANTO, AND A. F. WIJAYA. 2016. “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Facebook dalam Peningkatan Kinerja Promosi pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 181–186.

F. D. DAVIS. 1989. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly, 13(3): 319–40.

D. GEFEN, E. KARAHANNA, AND D. W. STRAUB, “Trust and TAM in Online Shopping: An Intergrated Model”, MIS Quaterly, vol. 27, no. 1, pp. 51–90, 2003.

J. F. HAIR, G. T. M. HULT, C. M. RINGLE, & M. SARSTEDT. 2017. “A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.)”. Sage.

HUSSEIN, ANANDA SABIL. 2015. “Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0”. Malang: Universitas Brawijaya.

I. R. PUTERI, C. WIJAYANGKA. 2020. “Analisis Penerimaan Teknologi Dompet Digital pada UMKM Di Kota Bandung”, Journal of Applied Business Administration.

J. HENSELER, C. M. RINGLE, AND R. R. SINKOVICS. 20119. The use of Partial Least Squares Path Modeling in International Marketing. Adv. Int. Mark., vol. 20, no. 2009, pp. 277–319.

D. T. AVISTA ET AL. 2017. Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Radio Frequency Identification (RFID) Di FTI UKSW (Studi Kasus: Dosen FTI UKSW). No. November, pp. 1–12.

Diterbitkan

21-10-2021

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengaruh E-Payment Trust terhadap Minat Transaksi pada E-Marketplace Menggunakan Framework Technology Acceptance Model (TAM) 3. (2021). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 977-986. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021855212