Membandingkan Tingkat Kemiripan Rekaman Voice Changer Menggunakan Analisis Pitch, Formant dan Spectogram

Penulis

  • Ahmad Subki Magister Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
  • Bambang Sugiantoro Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Yudi Prayudi Magister Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.201851500

Kata Kunci:

Audio Forensik, Voice Changer, Rekaman Suara, Pitch, Formant, Spectogram

Abstrak

Audio forensik merupakan salah satu ilmu yang mnyandingkan antara ilmu pengetahuan dan metode ilmiah dalam proses analisis rekaman suara untuk membantu dan mendukung pengungkapan suatu tindak kejahatan yang diperlukan dalam proses persidangan. Undang-undang ITE No.19 Tahun 2016 menyebutkan bahwa rekaman suara merupakan salah satu alat bukti digital yang sah dan dapat digunakan sebagai penguat dakwaan. Rekaman suara yang merupakan barang bukti digital sangatlah mudah dan rentan dimanipulasi, baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Pada penelitian ini dilakukan analisis terkait tingkat kemiripan antara rekaman suara voice changer dengan rekaman suara asli menggunakan analisis pitch, formant dan spectogram, rekaman suara yang dianalisis ada dua jenis rekaman suara yaitu suara laki-laki dan suara perempuan. Rekaman suara voice changer  dan rekaman suara asli, diekstrak menggunakan tools praat kemudian informasi yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik pitch, formant dan spectrogrammenggunakan tools gnumeric. Penelitian ini menghasilkan bahwa analisis rekaman suara voice changer dengan rekaman suara asli dapat menggunakan analisis statistik pitch, formant dan spectrogram, rekaman suara voice changer A memiliki tingkat kemiripan yang paling tinggi dengan rekaman suara asli pada posisi low pitch, sedangkan voice changer yang lain lebih sulit untuk diidentifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Biografi Penulis

  • Ahmad Subki, Magister Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
    Mahasiswa Magister Teknik Informatika, Universitas Islam Indonesia

Referensi

AL-AZHAR NUH, M. 2011. AUDIO FORENSIC : Theory and Analysis, 1–38.

ALIGARH, A., HIDAYANTO, C., SI, S., & KOM, M. 2016. Implementasi Metode Forensik dengan Menggunakan Pitch , Formant , dan Spectrogram untuk Analisis Kemiripan Suara Melalui Perekam Suara

Telepon Genggam Pada Lingkungan yang Bervariasi, 5(2).

HUIZEN, R. R., KETUT, N., ARI, D., & HOSTIADI, D. P. 2015. Analisis Pengaruh Sampling Rate Dalam Melakukan Identifikasi Pembicara Pada Rekaman Audio, 9–10.

HUIZEN, R. R., KETUT, N., ARI, D., & HOSTIADI, D. P. 2016. Model Acquisisi Rekaman Suara Pebanding Di Audio Forensik, 6–7.

HUIZEN, R. R., KETUT, N., ARI, D., & HOSTIADI, D. P. 2017. Model Evaluasi Rekaman Percakapan Di Audio Forensik, 133–140.

LAWLOR, B., & FAGAN, A. D. 1999. A novel efficient algorithm for voice gender conversion. ICPhS, 77–80.

ROSE, P. 2002. Forensic Speaker Identification. SciencesNew York (Vol. 20025246). https://doi.org/10.1201/9780203166369.

WICAKSONO, G., & PRAYUDI, Y. 2013. Teknik Forensika Audio Untuk Analisa Suara Pada Barang Bukti Digital. Semnas Unjani.

Unduhan

Diterbitkan

23-02-2018

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Membandingkan Tingkat Kemiripan Rekaman Voice Changer Menggunakan Analisis Pitch, Formant dan Spectogram. (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 17-22. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851500