Perancangan User Experience Aplikasi Info COVID-19 Menggunakan Metode Human Centered Design

Penulis

Pradya Mutiarahma, Hanifah Muslimah Az-Zahra, Yusi Tyroni Mursityo

Abstrak

Pandemi COVID-19 mulai menyerang seluruh masyarakat dunia pada akhir tahun 2019. Penyebaran COVID-19 dapat terjadi secara cepat melalui percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang telah terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Masyarakat harus selalu waspada agar terhindar dari infeksi COVID-19. Banyak hal yang telah dilakukan sebagai bentuk pencegahan, seperti membuat aplikasi yang memberikan informasi terkait kesehatan khususnya COVID-19. Namun keberadaannya masih belum mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memberikan sebuah solusi dengan merancang user experience aplikasi info COVID-19 berbasis mobile. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memberikan rancangan user experience yang dapat memenuhi kebutuhan, mudah digunakan, dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi pengguna. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode Human Centered Design (HCD). Hasil akhir dari rancangan sistem adalah berupa high-fidelity prototype yang kemudian dievaluasi menggunakan teknik usability testing. Usability testing dilakukan untuk menguji 3 aspek pada usability, yaitu aspek efektifitas, efisiensi, dan kepuasan. Hasil dari evaluasi menghasilkan permasalahan yang kemudian dilakukan perbaikan dengan menghasilkan 4 rekomendasi perbaikan.

 

Abstract

 

The COVID-19 pandemic began to strike all communities around the world at the end of 2019. The spread of COVID-19 can occur quickly through splashes from the nose or mouth that come out when an infected person coughs, sneezes, or speaks. People should always be vigilant to avoid COVID-19 infection. Many things have been done as a form of prevention, such as creating an application that provides health-related information, especially about COVID-19. But its existence has not been able to meet the needs of users. Based on that problem, the author provides a solution by designing the user experience of a mobile-based application for COVID-19 information. The purpose of this design is to provide a design of user experience that can meet the needs, easy to use, and provide a memorable experience for users. The design is processed using Human Centered Design (HCD) method. The final result for the system design is a high fidelity prototype which is then evaluated using usability testing techniques. Usability testing is done to test 3 aspects of usability, that is aspect of effectiveness, efficiency, and satisfaction. The results of the evaluation resulted some problems that were then improved by producing 4 improvement recommendations.   

Referensi


Google Play Store. (2020). PeduliLindungi. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare&hl=in

HOPPER, A. (2019). What is wireframing? https://www.experienceux.co.uk/faqs/what-is-wireframing/#:~:text=A wireframe is commonly used,design and content is added.

ISO 9241-210:2019. (2019). ISO 9241-210:2019(en) Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en

Kemenkes RI. (2020). Dokumen resmi. Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19, 0–115.

SCHREPP, M., HINDERKS, A., & THOMASCHEWSKI, J. (2017). Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), 40. https://doi.org/10.9781/ijimai.2017.445

World Health Organization. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2021864985