Career Development Center Berbasis Social Media Menggunakan Algoritma Gale-Shapley dan Framework Codeigniter

Penulis

  • Rifky Syaripudin Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang
  • Oman Komarudin Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang
  • Intan Purnamasari Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022914961

Abstrak

Banyaknya perusahaan yang berminat mencari tenaga kerja dari mahasiswa maupun alumni sebuah Perguruan Tinggi, terutama pada mahasiswa dan alumni yang memang memiliki keahlian khusus untuk mengisi posisi pada lowongan yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Namun, apabila suatu Perguruan Tinggi tertentu belum memiliki sistem yang dapat menangani permasalahan itu. Informasi lowongan yang masuk ke pihak administrasi pun hanya akan ditempelkan di dinding pengumuman yang dirasa belum cukup untuk memberitahukan kepada mahasiswa dan alumni pencari kerja. Proses metodologi penelitian yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle) dengan model Prototipe. Desain pemodelan menggunakan UML (Unified Modelling Language) yang diimplementasikan menggunakan Algoritma Gale-Shapley dan Framework Codeigniter dengan tools IDE Netbeans 7.4. Hasil aplikasi yang dirancang memiliki fungsi utama sebagai situs jejaring sosial pencarian kerja. Aplikasi ini dapat membantu mahasiswa menemukan lowongan yang cocok dengan keahlian yang dimiliki menggunakan fasilitas rekomendasi lowongan sedangkan perusahaan dapat lebih mudah mencari calon tenaga kerja dengan fasilitas rekomendasi calon pekerja. Aplikasi ini juga memudahkan mahasiswa dan perusahaan untuk berinteraksi secara langsung baik dengan saling berkirim pesan ataupun saling berkirim catatan.

 

Abstract

The number of companies that are interested in seeking employment from students and alumni of a university, especially students and alumni who do have special skills to fill positions in the vacancies provided by the company. However, if a certain university does not yet have a system that can handle the problem. Information on vacancies that enter the administration will only be posted on the announcement wall which is deemed insufficient to inform students and alumni of job seekers. The research methodology process used in the making of this research is to use the SDLC (Software Development Life Cycle) method with the prototype model. The modeling design uses UML (Unified Modeling Language) which is implemented using the Gale-Shapley Algorithm and Codeigniter Framework with Netbeans 7.4 IDE tools. The results of the designed application have the main function as a job search social networking site. This application can help students find vacancies that match their expertise using the vacancy recommendation facility, while companies can more easily find prospective workers with the facility for recommending prospective workers. This application also makes it easier for students and companies to interact directly, either by sending messages to each other or sending notes to each other.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ULFA N, ELISAWATI, dan SOFIYAN A., 2020. Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Kota Dumai. Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, 12(1), p.64-71. Riau: Manajemen dan Komputer.

AS, ROSA, dan SHALAHUDIN, M. 2011. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

ARDHANA, YM. 2013. Pemrogramam PHP CodeIgniter Black Box. Jakarta: Jasakom.

BONG, Ivan. 2013. Implementasi Algoritma Gale-Shapley Pada Situs Jejaring Sosial Pencarian Kerja UMN Vacancy.

DJADJALAKSANA, M, YENNI, dan HAPNES T. 2009. Panduan Lengkap Mengelola Proyek dengan Microsoft Project Professional 2007. Jakarta: Graha Ilmu.

HERMAWAN, J. 2012. Perancangan Career Development Center UNDIP Berbasis Web.

IRFANSYAH, dan QAISAR N. 2013. Pembangunan Aplikasi Web Employment Service Center Di Universitas Negeri Jakarta.

JOGIYANTO, HM. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

KUNCORO, TONI C. 2012 Rancang Bangun Jejaring Sosial Untuk Interaksi Pecinta Batik Indonesia Berbasis Yii Framework.

MULYANTO, AGUS. 2009. Konsep dan Aplikasi Sistem Informasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

MULYARTO, A.R. 2008. Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

NUGROHO, YUSUF S, dan ABADI N. 2012. Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web dan Wap Bagi Alumni SMK Negeri 3 Purworejo.

PRESSMAN, R.S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7. Yogyakarta: Andi Publisher.

SAPUTRA, A. 2012. Webtips: PHP, HTML5 dan CSS3. Jakarta: Jasakom.

Diterbitkan

22-12-2022

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Career Development Center Berbasis Social Media Menggunakan Algoritma Gale-Shapley dan Framework Codeigniter. (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(6), 1229-1236. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022914961