Pengembangan Aplikasi Game Musik Tradisional Bali Megamelan Berbasis Multiplatform

Penulis

  • Komang Aribawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.201851493

Kata Kunci:

Game, Instrumen, Gamelan Gong Kebyar, Multiplatform

Abstrak

Gong Kebyar adalah salah satu gamelan baru yang merupakan perkembangan dari dihilangkannya beberapa instrument dari Gamelan Gong Gede. Gamelan Gong Kebyar dugunakan untuk mengiringi tari-tarian dan juga untuk menyajikan gending-gending Pategak (musik instrumental). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengimplementasikan aplikasi game musik tradisional Bali Megamelan berbasis multiplatform. (2) Untuk mengetahui respon pengguna terhadap pengembangan aplikasi game musik tradisional Bali Megamelan berbasis multiplatform. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode ADDIE (analyze, design, development, implementation & evaluation). Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal dan belajar memainkan gamelan khususnya Gamelan Gong Kebyar. Seluruh Kebutuhan fungsional aplikasi ini telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan rancangannya. Secara umum aplikasi mendapatkan respon sangat baik dilihat dari beberapa hasil pengujian angket. : a) uji ahli isi dengan persentase 92 %, b) uji ahli media dengan persentase 93% dan c) uji respon dengan hasil persentase 94%.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ANTARA, I. G. (2014). Game Jegog Berbasis Android. Retrieved Maret 14, 2017, from Karmapati: http://pti.undiksha.ac.id/karmapati/publikasi/

DAVID. (2014). Aplikasi Edukasi Music Traditional Arcade Berbasis Android. Retrieved Februari 21, 2017, from http://eprints.binus.ac.id/31395

DIAMIKA, I. W. (2015). Pengembanganaplikasi Instrumen Gamelan Semar Pegulingan Berbasis Android. Retrieved Februari 10, 2017, from http://pti.undiksha.ac.id/karmapati/publikasi/

GALANG, Y. B. (2014). Gamelan Gong Kebyar. Retrieved Maret 21, 2017, from Babad Bali: http://www.babadbali.com/seni/gamelan/ga-gam-gong-kebyar.htm

ISBAT, T. (2014). Pembuatan Musik Tradisional Modern Menggunakan Digital Audio Workstation.

MURUGANANTHAM. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE. International Journal of Applied Research.

PRIAWAN, M. Y. (2013). Teknologi, Smartphone, dan Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.

RAI, I. W. (2002). Gong. Denpasar: Bali Mangsi.

SUHARTA, Y. (2011). Signifikansi Bahasa Inggris dalam Proses Belajar-Mengajar. Institut Seni Indonesia Denpasar.

WIBOWO, T. I. (2014). Pembuatan Musik Tradisional Modern Menggunakan Digital Audio Workstation. Retrieved Maret 18, 2017, from http:/repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_10.11.4368.pdf

YUDHARTO, P. A. (2010). Perancangan Promosi Produk Edu-Game Melalui Event. Universitas Komputer Indonesia Bandung. Tugas Akhir Semester.

Unduhan

Diterbitkan

22-02-2018

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengembangan Aplikasi Game Musik Tradisional Bali Megamelan Berbasis Multiplatform. (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 7-16. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851493