Analisis Kualitas Website HSP Academy (PT. Hanosen Pratama) Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA)

Penulis

  • Anisah Ikhsawiyanthi Universitas Brawijaya, Malang
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya, Malang
  • Yusi Tyroni Mursityo Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20231014858

Abstrak

HSP Academy merupakan perusahaan lembaga training yang terletak di Tangerang dan bertujuan untuk membantu dalam mengembangkan sumber daya manusia. HSP Academy sudah terdaftar oleh badan sertifikasi baik nasional maupun internasional. HSP Academy memanfaatkan website perusahaan dalam menunjang pelayanan dan kebutuhan informasi pelanggannya. Untuk menciptakan layanan yang dapat memberikan nilai bagi pelanggan mereka dan juga sebagai pengelolaan jaminan mutu berdasarkan ISO 9001:2015, perlu dilakukan penilaian kualitas layanan website dengan menggunakan metode WebQual 4.0 dan IPA untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanan berdasarkan asumsi penggunanya. Metode WebQual 4.0 menilai dengan cakupan masalah Usability, Information Quality dan Service Interaction, metode ini menilai apakah kinerja website sudah sesuai dengan harapan penggunanya. Sedangkan metode IPA digunakan untuk melihat permasalahan mana yang harus dilakukan perbaikan berdasarkan prioritas pada kuadran IPA. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner kepada 118 responden yang merupakan pengguna dari website HSP Academy, hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 atribut pernyataan yang masuk kedalam prioritas utama yaitu tata letak informasi, pembaharuan informasi, informasi yang detail dan informasi yang akurat. Sedangkan terdapat 4 atribut pernyataan yang masuk kedalam prioritas rendah yaitu tampilan website, domain website, informasi dengan format bahasa serta penyampaian kritik dan saran terhadap website. Untuk atribut pernyataan lainnya tidak masuk kedalam prioritas perbaikan karena dinilai memiliki kinerja yang baik untuk dipertahankan. Rekomendasi perbaikan tampilan website pada prioritas utama dan prioritas rendah dibuat berdasarkan pedoman yang ada.

 

Abstract

HSP Academy is a training company located in Tangerang and aims to assist in developing human resources. HSP Academy has been registered by both national and international certification bodies. HSP Academy utilizes the company's website to support its customer service and information needs. To create services that can provide value for their customers and also as quality assurance management based on ISO 9001:2015, it is necessary to assess the quality of website services using WebQual 4.0 and IPA methods to improve and maintain service quality based on user assumptions. The WebQual 4.0 method assesses the coverage of Usability, Information Quality and Service Interaction problems. This method assesses whether the website's Performance is in accordance with the expectations of its users. Meanwhile, the IPA method is used to see which problems need improvement based on priority in the quadrant of IPA. Based on the results of distributing questionnaires to 118 respondents who are the users of the HSP Academy website, the results show that there are 4 attributes included in the high priority for improvement, those are information layout, updating of information, detailed information and accurate information. Meanwhile, there are 4 attributes included in low priority for improvement, those are website appearance, website domain, information in language format and the delivery of criticism and suggestions toward the website. The other attributes are not included in the priority for improvement because they are considered to have good Performance and sufficient enough to be maintained. Recommendations for the website’s interface are made based on the existing guidelines.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ARIKUNTO, S., 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

BARNES, S. J. & VIDGEN, R. T., 2002. An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce. Journal Of Electronic Commerce Research, Volume 3, P. 122.

BON, J. V., SELM, L. V. & POLTER, S., 2008. ISO/IEC 20000 - An Introduction. 1st Ed. Amersfoort: Van Haren Publishing.

DELONE, W. & MCLEAN, E., 2003. The Delone And Mclea Model Of Information Systems Success : A Ten Year Update. Management Information System.

FERDINAND, A. T., 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

GARETT, R., CHIU, J., ZHANG, L. & YOUNG, S. D., 2016. A Literature Review: Website Design And User Engagement. Online Journal Of Communication And Media Technologies, Volume 6, Pp. 7-8.

HERTANTO, E., 2017. Perbedaan Skala Likert Lima Skala Dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Metodologi Penelitian.

ISO, 2015. ISO 9001:2015 - Quality Management Systems. [Online] Available At: https://www.iso.org/standard/62085.html [Accessed 01 Oktober 2020].

NAPITUPULU, D. B., 2016. Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekatan Webqual Sebagai Pedoman Dalam Penyusunan Kuesioner. Buletin Pos Dan Telekomunikasi.

PT. HANOSEN PRATAMA, 2010-2020. HSP Academy. [Online] Available At: http://healthsafetyprotection.com/ [Accessed 01 Oktober 2020].

SAURO, J. & LEWIS, J. R., 2012. Quantifying The User: Practical Statistics For User Research. Waltham: Elsevier Inc.

SUGIYONO, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In: Bandung: Alfabeta.

SUGIYONO, 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

SUPRANTO, J., 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Diterbitkan

28-02-2023

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis Kualitas Website HSP Academy (PT. Hanosen Pratama) Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA). (2023). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(1), 21-28. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231014858