Usability Testing pada M-Commerce Menggunakan Kuisioner USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use) dan Performance Test (Studi Kasus: Tokopedia)
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2022934753Abstrak
M-commerce adalah kegiatan membeli dan menjual produk atau layanan menggunakan perangkat seluler. Tokopedia adalah salah satu e-commerce yang saat ini menempati peringkat 3 versi Playstore pada perangkat berbasis android dan peringkat 2 versi Appstore pada perangkat berbasis IOS. Tokopedia mempunyai fitur lain seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, pemesanan tiket transportasi, angsuran kredit, investasi dan asuransi dan lain-lain. Tingginya peringkat dan banyaknya fitur pastinya diimbangi dengan baiknya usability yang dirasakan pengguna pada aplikasi tersebut. Untuk mengetahui usability sebuah aplikasi perlu dilakukan Usability Testing pada aplikasi tersebut. Dilakukan usability testing kepada 20 participant dengan proportional random sampling pada populasi mahasiswa dengan sistem operasi android dan IOS. Penelitian ini diperoleh nilai usability aplikasi Tokopedia sebesar 4, 14 yang berarti usability aplikasi Tokopedia bisa dikatakan baik dan nyaman digunakan oleh user. Pengalaman antara pengguna android dan IOS juga sama-sama menghasilkan nilai yang baik dibuktikan dengan hasil Independent Sample T-Test sebesar 0, 292 sedangkan pengalaman pengguna laki-laki dan perempuan juga sama-sama mendapatkan pengalaman baik dengan hasil Independent Sample T-Test sebesar 0, 756. Persentase aspek pada kuesioner USE didapatkan sebesar 84% untuk aspek system, 83% untuk aspek user dan 82% untuk aspek interaction. Penelitian juga memperoleh hasil waktu yang dibutuhkan, jumlah error, tingkat keberhasilan, efisiensi waktu dan efisiensi relatif keseluruhan sebagai data pendukung.
Abstract
M-commerce is the activity of buying and selling products or services using mobile devices. Tokopedia is one of the e-commerce that currently ranks 3rd version of Playstore on android-based devices and 2nd in Appstore version on IOS-based devices. Tokopedia has other features such as credit purchases, bill payments, transportation ticket reservations, credit installments, investments and insurance and others. The high ranking and the number of features are certainly offset by the good usability that users feel on the app. To know the usability of an application needs to be done Usability Testing on the application so that it can be an evaluation material to improve the features and convenience of the application. On the User Interface and User Experience (UI/UX) factors, usability is also one of the important aspects for developers for app development or upcoming updates. This study conducted usability testing with proportional random sampling in the student population with android and IOS operating systems. This study obtained a usability value of Tokopedia application of 4.14 which means the usability of Tokopedia application can be said to be good and comfortable to use by users. The experience between android and iOS users also produced good value as evidenced by the Results of Independent Sample T-Test of 0.292 while the experience of male and female users also both gained good experience with independent sample T-Test results of 0.756. The percentage of aspects in the USE questionnaire was obtained by 84% for the system aspect, 83% for the user aspect and 82% for the interaction aspect. The study also obtained the results of the time required, the number of errors, success rate, time efficiency and overall relative efficiency as supporting data.
Downloads
Referensi
ALROOBAEA, R. AND MAYHEW, P. J. 2014 How Many Partisipans are Really Enough for Usability Studies? Available at: www.conference.thesai.org.
ANGGARANIE, G. 2017. Pertumbuhan E-Commerce dan Pergadangan Modern, Supply Chain Indonesia. Available at: https://supplychainindonesia.com/pertumbuhan-e-commerce-dan-pergudangan-modern/ (Accessed: 25 January 2021).
BAENANDA, L. 2019. Mengenal lebih jauh Revolusi Industri 4.0, BINUS University. Available at: https://binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/ (Accessed: 25 January 2021).
BEVAN, N. AND CARTER, J. 2016. Human-Computer Interaction. Theory, Design, Development and Practice’, In International Conference on Human-Computer Interaction (pp. 268-278). Springer, Cham., 9731(July), pp. 268–278. doi: 10.1007/978-3-319-39510-4.
CHOI, J. ET AL. 2008. Customer satisfaction factors of mobile commerce in Korea’, Internet Research, 18(3), pp. 313–335. doi: 10.1108/10662240810883335.
Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2019. 2020. Iprice. Available at: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ (Accessed: 8 May 2020).
DUHAN, P. AND SINGH, A. 2017. M Commerce: Experiencing the Phygital Retail. Global Journal of Enterprise Information System. doi: 10.18311/gjeis/2017/15877.
‘Indonesia Digital 2019 : E-Commerce.m 2019 Websindo. Available at: https://websindo.com/indonesia-digital-2019-e-commerce/ (Accessed: 8 May 2020).
JAYANI, D. H. 2019. Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh | Databoks. Databoks KataData. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023 (Accessed: 8 May 2020).
KURKOVSKY, S. 2007. Mobile Commerce Technologies Contents’.
LUND, A. M. 2001. Measuring usability with the USE questionnaire’, Usability interface, 8(2), pp. 3–6. doi: 10.1177/1078087402250360.
MIFSUD, J. (no date a). Usability Metrics - A Guide To Quantify The Usability Of Any System’, Usability Geek. Available at: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/ (Accessed: 11 May 2020).
MIFSUD, J. (no date b). Usability Testing Of Mobile Applications: A Step-By-Step Guide - Usability Geek’, usabilitygeek.com. Available at: https://usabilitygeek.com/usability-testing-mobile-applications/ (Accessed: 30 June 2020).
NEILSEN, J. 2012. Usability 101: Introduction to Usability. Nielsen Norman Group. Available at: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ (Accessed: 8 May 2020).
NIELSEN, J. 2006. Quantitative Studies: How Many Users to Test?’, Nielsen Norman Group. Available at: https://www.nngroup.com/articles/quantitative-studies-how-many-users/ (Accessed: 29 June 2020).
POERWANTO, P. & SHAMBODO, Y. 2020. Revolusi Industri 4.0: Googelisasi Industri Pariwisata dan Industri Kreatif. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), p. 59. doi: 10.19184/jtc.v4i1.16956.
RAHMAN, E. S., VITALOCCA, D. AND KUNCI, K. 2018. Analisis Usabilitas Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Smk Negeri 3 Makassar. Jurnal Mekom.
SADEH, N. 2002. M-Commerce.
SANTOSO, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta : Elex Media Komputindo.
SHEIKH, M. S. I. 2006. MASTER’S THESIS Mobile Commerce. Islam Zeitschrift Für Geschichte Und Kultur Des Islamischen Orients.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).