Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ)

Penulis

  • M. Azman Maricar Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dian Pramana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dian Rahmani Putri Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2021824443

Abstrak

Pembuatan produk harus didasari oleh kebutuhan dan dievaluasi untuk memperoleh data yang baik dari pengalaman pengguna. User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai metode evaluasi memiliki enam skala penilaian yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Selain itu metode evaluasi ini memiliki 26 pertanyaan berupa pasangan atribut yang bertolak belakang. E-library Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali menggunakan sistem otomasi perpustakaan SLiMS (Senayan Library Management System) yang penggunaannya belum dilakukan evaluasi. Hal ini penting guna mengetahui user experience dari produk tersebut serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan. Secara rata-rata telah didapatkan hasil yang positif dari 75 responden. Berdasarkan nilai daya tarik (0,85), efisiensi (0,96), ketepatan (0,85), dan stimulasi (1,08), memiliki nilai rata-rata impresi di atas 0,8. Nilai kejelasan (0,71) dan kebaruan (0,71) memiliki hasil netral karena memiliki nilai rata-rata impresi yang berada diantara -0,8 hingga 0,8. Hasil perbandingan benchmark dengan data 246 produk dari UEQ, yang dinilai berdasarkan daya tarik, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi, menunjukkan produk tersebut berada di antara 25% produk dengan penilaian lebih baik dan 50% produk dengan penilaian yang menurun. Sudut pandang lainnya, nilai kejelasan dan kebaruan berada di antara 50% produk dengan penilaian lebih baik dan 25% produk dengan penilaian yang menurun. Perbaikan yang disarankan pada nilai kebaruan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi guna menghasilkan sesuatu yang berbeda dari produk sejenis namun tetap menghasilkan user experience yang baik. Kejelasan tampilan dinilai sudah cukup baik namun disarankan untuk lebih ditingkatkan dan perbaikan pada kata-kata petunjuk yang terdapat pada interface. Tampilan diupayakan lebih sederhana sehingga produk mudah untuk dipahami dan dipelajari serta dapat lebih memudahkan pengguna dalam penggunaannya.

 

Abstract

Product manufacture must be based on needs and evaluated to obtain appropriate data from the user experience. The User Experience Questionnaire (UEQ) as an evaluation method has six rating scales: attractiveness, clarity, efficiency, accuracy, stimulation, and novelty. Besides, this evaluation method has 26 questions in the form of pairs of different attributes. E-library InstitutTeknologi dan Bisnis STIKOM Bali uses the SLiMS (Senayan Library Management System) library automation system, of which the users have not evaluated. The evaluation is necessary to obtain data about the user experience and provide suggestions for improvements. On average, there have been positive results from 75 respondents. Based on the value of attraction (0.85), efficiency (0.96), accuracy (0.85), and stimulation (1.08), it has an average impression value above 0.8. The value of clarity (0.71) and novelty (0.71) has a neutral result because it has an average impression value, between -0.8 to 0.8. The benchmark comparison results consist of 246 data products UEQ, based on attractiveness, efficiency, accuracy, and stimulation were among the 25% products with better ratings and 50% products with lower ratings. On the other points of view, clarity and novelty scores range from 50% of products with a better rating and 25% of the products with a lower rating. The suggested improvements to the novelty value are to increase creativity and innovation to produce something different from similar products but still produce a good user experience. The clarity of the display is acceptable. However, improvement is recommended, especially on the wording instructions contained in the interface. A simple appearance is necessary so that the product is easy to understand and learn and can make it easier for users to use it.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ANGGUN A, D., PURWAKA dan SAMOSIR, F., 2019. Evaluasi Software SLiMS Dalam Pengolahan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Info Bibliotheca Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 1(1), pp.8-19.

BATUBARA, S., WAHYUNI, S., IQBAL, M. dan HARIYANTO, E., 2020. Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Web (Studi Kasus: Perpustakaan Kecamatan Medan Belawan). Dalam: Seminar Nasional Matematika dan Terapan. Aceh: Himpunan Matematika Indonesia, pp.145-148.

DHARMAWAN, A. AND SITORUS, A., 2019. Studi Komparatif User Experience Desain Antar Muka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Elemen Desain Studi Kasus Aplikasi Grab Dan Gojek. Jurnal SISTEM INFORMASI, 1(2), pp.15-24.

JELANTIK, S., SATWIKA, I. AND ANGGARA, I., 2019. Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3), pp.95-106.

MARICAR, M., KUMARA, I. AND SUDARMA, M., 2018. Opinion Mining on Twitter Social Media to Classify Racism Using Combination of POS Tagging, Naive Bayes Classifier, and K-Nearest Neighbor. Dalam: International Conference on Smart Green Technology in Electrical and Information Systems (ICSGTEIS). Denpasar: Udayana University, pp.185-190.

NURAJIZAH, S., 2019. Implementasi E-CRM berbasis Web pada Perpustakaan Digital Sekolah Gema Nurani. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 9(1), pp.82-93.

SCHREPP, D., 2019. User Experience Questionnaire Handbook (All You Need To Know To Apply The UEQ Successfully In Your Projects). 7th ed. Hockenheim, Germany.

SIMATUPANG, A. AND NAFISAH, S., 2020. Analisis Proses Pada Senayan Library Information Management System (SLIMS) Cendana Berbasis Data Flow Diagram (DFD) Di Perpustakaan Universitas Kristen Duta Wicana Yogyakarta. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 5(1), pp.1-15.

SIREGAR, M., ROKHMAWATI, R. AND AZ-ZAHRA, H., 2019. Evaluasi Usability dan Pengalaman Pengguna Website Zenius.net Menggunakan Metode TUXEL: A Technique for User Experience Evaluation in e-Learning. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), pp.5058-5067.

WIYATI, R., 2017. Analisis Swot Digital Library STIKOM Bali. Dalam: Konferensi Nasional Sistem & Informatika. Denpasar: STMIK STIKOM Bali, pp.790-796.

WULANDARI, I. AND FARIDA, L., 2018. Pengukuran User Experience Pada E-Learning Di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnare (UEQ). Jurnal Mantik Penusa, 2(2), pp.146-151.

ZULFAHMI, M. AND SUYATNO, D., 2019. Pengukuran Dan Perbaikan User Experience Siakadu Mobile Web (Studi Kasus: Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Manajemen Informatika, 9(2), pp.129-135.

Diterbitkan

25-03-2021

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ). (2021). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2), 319-328. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021824443