Pembangunan Aplikasi Manajemen Penyiraman Rumput Taman Playground Berbasis Internet of Things
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2021824399Abstrak
BUMDESMA Kecamatan Ngantang adalah Badan Usaha Milik Desa Bersama yang ada di Kecamatan Ngantang. Instansi ini adalah instansi baru yang memiliki usaha berupa playground. Dari awal pembukaan playground hingga terakhir yaitu bulan Juli 2019 pemasukan playground mengalami penurunan dikarenakan rusaknya rumput taman selama musim kemarau. Permasalahan yang dialami BUMDESMA adalah pemeliharaan rumput gajah mini untuk taman memerlukan metode penyiraman khusus namun BUMDESMA belum mampu menggunakan jasa penyiraman untuk menyiram taman playground. Dari permasalahan tersebut maka dikembangkan sistem penyiraman taman berbasis Internet of Things (IOT) untuk menekan biaya pengeluaran BUMDESMA. Sistem manajemen penyiraman taman menggunakan aplikasi yang ditanamkan pada perangkat Android untuk mengontrol sistem yang dibuat dan perangkat embedded untuk melakukan mekanisme penyiraman. Hasil pengujian blackbox menunjukan bahwa hasil uji 100% valid. Pengujian usability menunjukan nilai lebih dari kriteria minimum penelitian dengan nilai 72 yang berarti bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna. Dari hasil pengujian efisiensi biaya menunjukan bahwa penggunaan sistem penyiraman dalam jangka panjang dapat mengurangi biaya pengeluaranan BUMDESMA dibanding penggunaan jasa penyiraman profesional.
Abstract
BUMDESMA Kecamatan Ngantang is a Joint Village-Owned Enterprises located in Ngantang District, Malang, East Java. This is a new agency that has a playground as one of the core businesses. Along from the beginning of the playground operates until the end of July 2019, playground revenue has gradually decreased. This issue arises due to the bad condition of the grass on the playground causing local people are not willing to visit that place. The playground's grass requires special watering treatment but BUMDESMA is the lack of income so they cannot afford to pay the professional grass maintenance services to actively watering the playground grass. From these problems, We proposed an IOT based garden watering system to reduce BUMDESMA expenditure costs. The garden watering management system uses a mobile application as a user interface to control the system and embedded devices for the watering mechanism. Blackbox testing of the proposed system shows that all the functional requirements are 100% valid. Usability testing shows a value of 72 which is more than the minimum threshold of usability criterion means that the application is acceptable to users. The results of cost-efficiency testing show that the proposed water systems can reduce the cost when compared to using professional watering services.
Downloads
Referensi
ABRAHAMSSON, P., SALO, O., RONKAINEN, J. AND WARSTA, J., 2017. Agile software development methods: Review and analysis. arXiv preprint arXiv:1709.08439.
BRATA, K.C. AND LIANG, D., 2019. An effective approach to develop location-based augmented reality information support. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 9(4), p.3060.
BRATA, K.C. AND BRATA, A.H., 2020. User experience improvement of japanese language mobile learning application through mental model and A/B testing. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 10(3), p.2659.
JULIANTIKA, W. D. & WICAKSONO, K. P., 2017. INTERVAL PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KUALITAS VISUAL TIGA JENIS TURFGRASS. Journal of Agricultural Science, pp. 76-84.
MATSUN, RAMADHANI, D. & LESTARI, I., 2018. Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan Fisika Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, IX(1), pp. 99-107.
MULYANTO, A. & KUSHERMANTO, Y. B., 2017. Penerapan Teknologi RFID Modul RC522 Berbasis Raspberry Pi B+ Pada Sistem Absensi Siswa di SMK At-Taqwa Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Jurnal Informatika SIMANTIK, I(2), pp. 26-31.
NAIK, K. DAN TRIPATHY, P. 2008. Software Testing and Quality Assurance Theory and Practice. Canada : Wiley
NIELSEN J. 2020. "Usability 101: introduction to usability“. [Online]. Tersedia di: http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introductionto-usability [Diakses, 10 Januari 2020]
PEREIRA, J.C. AND DE FSM RUSSO, R., 2018. Design thinking integrated in agile software development: A systematic literature review. Procedia computer science, 138, pp.775-782.
Pi4J., 2019. Pin Numbering - Raspberry Pi 3B+. [Online] Available at: https://pi4j.com/1.2/pins/model-3b-plus-rev1.html [Accessed 27 Agustus 2019].
PUTRI, A. R., SUROSO & NASRON, 2019. Perancangan Alat Penyiram Tanaman Otomatis pada Miniatur Greenhouse Berbasis IOT. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri 2019, pp. 155-159.
RAY, P.P., 2018. A survey on Internet of Things architectures. Journal of King Saud University-Computer and Information Sciences, 30(3), pp.291-319.
SAURO, JEFF. 2011. A practical guide to the system usability scale: Background, benchmarks & best practices. Measuring Usability LLC.
SETHI, P. AND SARANGI, S.R., 2017. Internet of things: architectures, protocols, and applications. Journal of Electrical and Computer Engineering, 2017.
STOICA, M., GHILIC-MICU, B., MIRCEA, M. AND USCATU, C., 2016. Analyzing Agile Development-from Waterfall Style to Scrumban. Informatica Economica, 20(4).
STATCOUNTER, 2019. Mobile Operating System Market Share in Indonesia - June 2019. [Online]
Available at: http://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia
WIWIK, 2019. Laporan Wawancara Pengelola Playground Milik BUMDESMA Kecamatan Ngantang [Interview] (19 Februari 2019).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).