Pembuatan Aplikasi Chatbot Kolektor dengan Metode Extreme Programming dan Strategi Forward Chaining

Penulis

Muhamad Sidik, Bambang Gunawan, Dina Anggraini

Abstrak

Permintaan layanan informasi pada suatu bagian dalam satu perusahaan tentu menjadi sebuah kegiatan yang rutin terjadi, namun jika permintaan layanan informasi dilakukan dalam jumlah yang banyak dan waktu yang padat tentu akan menjadi sebuah masalah. Untuk menangani permasalahan menumpuknya permintaan layanan informasi seperti keluhan pelanggan, permintaan data konsumen, pelayanan nasabah baru, dan permasalahan serupa maka banyak diterapkan pengembangan asisten virtual atau biasa disebut dengan chatbot.Chatbot merupakan suatu aplikasi asisten virtual yang mampu melakukan interaksi secara langsung kepada setiap pesan yang masuk tanpa perlu menunggu operator untuk membaca dan membalas pesan-pesan tersebut, sehingga chatbot merupakan solusi yang dinilai efektik untuk menangani permasalahan dalam permintaan layanan informasi yang menumpuk. Selain itu, pengembangan chatbot juga berguna untuk memberikan layanan pemberian informasi yang lebih responsif bagi kolektor perusahaan. Pada penelitian ini, dilakukan pembuatan suatu aplikasi chatbot dengan platform LINE menggunakan metode extreme programming dan startegi forward chaining yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi kolektor di PT. Indomobil Finance Indonesia serta melakukan penghematan terhadap biaya operasional yang dikeluarkan oleh PT. IMFI (Indomobil Finance Indonesia). Hasil dari pengembangan sistem berjalan pada layanan informasi kolektor PT. IMFI (Indomobil Finance Indonesia) menghasilkan sebuah aplikasi chatbot berbasis LINE. Hasil dari pengujian blackbox testing serta user acceptance test menghasilkan persentase keberhasilan aplikasi Chatbot Kolektor mencapai 95%, dan presentase kegagalan aplikasi 5%, angka tersebut menunjukkan bahwa proses pembuatan aplikasi chatbot untuk memenuhi kebutuhan layanan informasi bagi kolektor PT. Indomobil Finance Indonesia berhasil dilakukan dan seluruh fungsional berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Abstract

Requests for information services at a certain point in a company are certainly a routine activity, but if requests for information services are carried out in large numbers and at a tight time, it will certainly be a problem. To deal with the problem of accumulating requests for information services As customer complaints, request for data, consumer demand service, new borrowers and problems like it so, the development of virtual assistants, commonly known as chatbots, is applied. Chatbot is a virtual assistant application that is able to interact directly with every incoming message without the need to wait for the operator to read and delete the messages, so chatbot is a solution that can solve problems in accumulating information service requests. In addition, chatbot development is also useful for providing services to be more responsive for the collector of the company. In this study, a chatbot application was made with the LINE platform using the extreme programming method and forward chaining strategy which has the intention of meeting information needs by collectors at PT. IMFI (Indomobil Finance Indonesia) and make savings on operational costs incurred by PT. IMFI (Indomobil Finance Indonesia). The results of the development of the system running on the collector information service of PT. Indomobil Finance Indonesia produces a LINE-based chatbot application. The results of the blackbox testing and user acceptance test resulted in a successful presentation of the Collector's Chatbot application reaching 95%, and the percentage of application failure was 5%, this figure shows that the process of making a chatbot application to meet the information service needs of PT. Indomobil Finance Indonesia was successfully carried out and all functions were running as expected.

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AKHSAN, A. dan FAIZAH, F. 2017. Analisa dan perancangan interaksi chatbot reminder dengan user-centered design. Jurnal Sistem Informasi, 2(13), pp. 7-89.

ANANDA, D. R., FIRDHA, I, YUSUF, M. A. S., dan ARDIANSYAH. 2018. Aplikasi chatbot (milki bot) yang terintegrasi dengan web cms untuk customer service pada ukm minsu. Jurnal Cendikia, XVI, pp. 100-106.

BAGUS, S., ARI, K., dan WIDHI, Y. 2018. Implementasi algoritme blake2s pada json web token (jwt) sebagai algoritme hashing untuk mekanisme autentikasi layanan rest-api. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), pp. 6269–6276.

BENEDICTUS, R. R., WOWOR, H. Dan SAMBUL, A. 2017. Rancang bangun chatbot helpdesk untuk sistem informasi terpadu universitas sam ratulang. EJournal Teknik Informatika, 11(1).

CAROLINA, I. dan ADI, S. 2019. Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota SKS Mengajar Dosen. Jurnal IKRA-ITH, 3(1).

ELISABET, N. S. C. P. and AFRIANTO, M. 2015. Rancang bangun aplikasi chatbot informasi objek wisata kota bandung dengan pendekatan natural language processing. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 4(1), pp. 49-54.

HORMANSYAH, D. S. dan UTAMA, Y. P. 2018. Aplikasi chatbot berbasis web pada sistem informasi layanan publik kesehatan di malang dengan menggunakan metode tf-idf. Jurnal Informatika Polinema, 4, pp. 24-28.

JATI, D. dan MAARIF, M. 2018. The development of chatbot application on line messaging platform for customer service in jogja sewa kamera. Compiler, 7(2), pp. 91–98.

JUNADHI dan MARDAINIS. 2019. Line chatbot informasi cuaca wilayah indonesia. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), pp. 101-109.

KEMP, S. 2020. Digital 2020: Indonesia. [online] Tersedia di: WeAreSocial [Diakses 26 Januari 2021]

LESTARI, J. 2016. Analisis sistem deteksi kerusakan komputer dengan menggunakan metode forward chaining. Jurnal Inspiraton, 6(1), pp. 19–27.

LINE. 2016. Line announces plans for expanded development and proliferation of chatbots. [online] Tersedia di: [Diakses 23 Januari 2020]

SETIAWAN, D., 2018. Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study. 4(62).

SURYANI, D. dan AMALIA, E. 2017. Aplikasi chatbot objek wisata jawa timur berbasis aiml. SMARTICS Journal, 3(2), pp. 4-54.

WIJAYA, M. H., SOTYOHADI, dan SETIAWAN, R. S. 2015. Perancangan chatbot pembelajaran pemrograman berorientasi object berbasis sistem modular. SENATEK (Seminar Nasional Teknologi), 1(A), pp. 379–386.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2021824298